TutorialWindows

7 Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair, 100% Work!

Windows 10 Automatic Repair merupakan semua fitur dari Windows yang dimana mode tersebut akan muncul jika komputer atau laptop kamu mengalami masalah. Contoh masalah-masalahnya sendiri bisa dibilang lumayan banyak.

Mulai dari kerusakan file Windows, hardware kamu bermasalah dan perlu diganti, atau yang paling sering terjadinya Automatic Repair Windows 10 ini adalah karena driver VGA kamu bermasalah. Namun, ketika Attempting Repair ini terjadi, kamu tidak perlu panik.

Baca Juga:

7 Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair

7 Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair
7 Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair | Nesabamedia

Karena berikut 7 cara mengatasi Automatic Repair Windows 10 khusus untuk kalian yang tidak tau bagaimana cara mengatasinya. Penasaran tentang pembahasan kita kali ini? Yuk, langsung aja berikut tutorialnya!

1. Menggunakan Mode Safe Mode Melalui Perintah CMD

Untuk cara mengatasi Automatic Repair Windows 10 yang pertama kita akan menggunakan mode Safe Mode melalui perintah CMD. Jika perangkat kamu tidak bisa masuk ke menu Windows, kamu juga bisa menggunakan CMD yang ada di mode Attempting Repair.

Total Time: 1 menit

Buka CMD

Buka Cmd

Pertama-tama buka CMD di komputer atau laptop kamu terlebih dahulu dengan cara menekan tombol Windows + R lalu ketik CMD dan tekan CTRL + SHIFT + ENTER.

Masuk ke Safe Mode Windows 10

Masuk Ke Safe Windows 10

Kamu perlu menyalin perintah dibawah ini lalu masukkan ke CMD dengan cara Klik Kanan dan nantinya perintah tersebut akan otomatis berjalan di CMD. Setelah memasukkan perintah ini, restart komputer atau laptop kamu.
.
bcdedit /set {current} safeboot minimal

Keluar dari Safe Mode Windows 10

Keluar Dari Safe Mode Windows 10

Jika sudah masuk ke Safe Mode, sekarang masukkan perintah dibawah ini lalu restart kembali komputer atau laptop kamu agar bisa berjalan normal lagi.
.
bcdedit /deletevalue {current} safeboot

Tools:

  • Windows 10

Materials: CMD

2. Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair Menggunakan SFC

Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair Menggunakan Sfc
Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair Menggunakan SFC | Sweetwater

Cara mengatasi Automatic Repair yang kedua ini masih sama dengan yang pertama, karena disini kita masih menggunakan metode CMD. Pastikan kamu mengikuti arahan dibawah ini dengan seksama agar tutorialnya berhasil ya!

  • Jika kamu sudah berada di Automatic Repair Windows 10, masuk ke menu Troubleshoot lalu pilih Advanced Options.
  • Setelah itu buka CMD atau Command Prompt lalu masukkan perintah sfc /scannow lalu tekan Enter.

3. Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair Menggunakan Fixboot

Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair Menggunakan Fixboot
Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair Menggunakan Fixboot | NeoSmart

Jika cara mengatasi Automatic Repair Windows 10 diatas masih belum bisa juga, kamu harus mencoba cara yang satu ini jika Windows kamu yang bermasalah. Tutorialnya bisa kamu lihat dibawah ini.

  • Buka CMD seperti cara yang sebelumnya sudah Teknodaim jelaskan, lalu masukkan perintah bootrec.exe /fixmbr dan tekan Enter.
  • Selanjutnya masukkan perintah bootrec.exe /fixboot dan tekan Enter. Setelah itu kamu hanya perlu merestart komputer atau laptop kamu.

4. Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair Akibat Registry Rusak

Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair Akibat Registry Rusak
Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair Akibat Registry Rusak | Bleep Computer

Selain cara diatas, terdapat juga cara lainnya yang mungkin jarang digunakan oleh orang-orang. Karena Registry sendiri tidak akan rusak jika pengguna tidak mendownload file yang berisikan virus dan semacamnya. Penasaran dengan tutorialnya? Berikut dia!

  • Setelah masuk ke CMD, ketik perintah yang ada dibawah ini lalu restart komputer atau laptop kamu.

    copy c:\windows\system32\config\RegBack* c:\windows\system32\config

5. Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair dengan Mematikan Anti-Malware-Protection

Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair Dengan Mematikan Anti Malware Protection
Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair dengan Mematikan Anti-Malware-Protection | Foldertips

Anti-Malware-Protection merupakan sebuah fitur dari Windows 10 yang menghapus software atau file yang mencurigakan, seperti virus contohnya. Jika kamu sebelumnya mendownload suatu hal lalu Windows 10 Automatic Repair terjadi, sebaiknya lakukan cara yang kelima ini.

  • Saat berada di mode Advanced Options, pilih Startup Settings lalu nantinya akan terdapat berbagai fitur dan pilih Restart saja.
  • Setelah mengikuti langkah yang diatas, nantinya fitur tersebut akan kembali muncul dan tekan angka 8 untuk mematikan Anti-Malware-Protection.

6. Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair dengan Instal Ulang

Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair Dengan Instal Ulang
Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair dengan Instal Ulang | BinaryFork

Jika cara-cara diatas masih belum bisa juga, kemungkinan besar file Windows kamu rusak dan harus di instal ulang. Cara menginstal ulang Windows sendiri gampang banget, kamu hanya perlu Flashdisk atau ikuti saja tutorial dibawah ini.


7. Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair dengan Melepas Hardware

Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair Dengan Melepas Hardware
Cara Mengatasi Windows 10 Automatic Repair dengan Melepas Hardware | How-To Geek

Jika kamu menggunakan komputer, cabut RAM yang tertancap di Motherboard lalu bersihkan pin atau kuningan RAM tersebut menggunakan penghapus. Kamu juga bisa mencopot hardware lainnya, seperti Hardisk, SSD maupun NVME. Namun biasanya mencopot baterai CMOS lalu memasangnya lagi setelah 5 menit adalah cara yang paling ampuh.

Untuk mengatasi Attempting Repair di laptop sendiri berbeda-beda. Kamu bisa mencarinya di YouTube “bagaimana cara membuka casing laptop” untuk mencopot hardware-nya. Namun pastikan bahwa kamu menonton video yang sesuai dengan seri laptop kamu ya!


Itulah tadi 7 cara mengatasi Automatic Repair Windows 10 yang pastinya dari cara tersebut, terdapat yang work atau berhasil untuk perangkat kamu! Jika artikel ini membantu, jangan sungkan untuk mengatakannya lewat kolom komentar ya!

What's your reaction?

Related Posts