TutorialAndroid

Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi, Bisa untuk Semua Tipe!

Pasti kalian pengguna smartphone pernah tidak sengaja masuk ke Fastboot Xiaomi bukan? Tenang, tidak perlu panik karena itu merupakan fitur atau mode dari smartphone tersebut. Jadi, bukan berarti perangkat Xiaomi milikmu rusak ya!

Namun walaupun itu adalah fitur dari smartphone Android, sayangnya banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara keluar dari Fastboot Xiaomi. Oleh karena itulah disini Teknodaim akan memberitahu kalian cara terlengkap untuk keluar dari Fastboot tersebut. Namun sebelum itu, ketahui dulu apa itu Fastboot beserta kegunaannya disini. Tetapi jika ingin intinya saja, kamu bisa mengetahui arti Fastboot dibawah ini.

Apa Itu Fastboot di Android?

Apa Itu Fastboot Di Android
Apa Itu Fastboot di Android? | Sekolahnesia

Fastboot adalah perangkat lunak dari Android. Dengan fitur ini, kamu bisa memodifikasi sistem file ataupun meng-flash firmware smartphone-mu tersebut melalui komputer dengan koneksi USB. Dengan Fastboot, kamu juga bisa menghapus aplikasi bawaan smartphone milikmu tanpa harus melakukan rooting atau lebih tepatnya ROOT.

Memang, Fastboot artinya sangat simpel dan mudah dimengerti. Namun hebatnya Fastboot inilah yang bisa membuat kamu memperbaiki ROM smartphone kamu yang rusak. Bootloop juga bisa diperbaiki dengan mode Fastboot ini.

Ilustrasi Bootloop
Ilustrasi Bootloop | Gadgetren

Penyabab Xiaomi Fastboot Bisa Terjadi

Selain itu, smartphone kamu bisa masuk Fastboot secara tidak sengaja sendiri memilih berbagai penyebab. Pertama kamu bisa mengecek apakah tombol volume dari smartphone kamu rusak apa tidak. Jika rusak atau konslet, maka smartphone kamu hanya akan terus-menerus masuk Fastboot saat menghidupkan smartphonenya.

Tidak hanya itu saja, jika smartphone kamu Bootloop atau file sistemnya rusak, maka Bootloop ini juga akan terjadi terus-menerus. Untuk mengatasi hal ini kamu hanya bisa melakukan flash atau instal ulang smartphone kamu.

3 Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi untuk Semua Tipe

4 Cara Keluar Dari Fastboot Xiaomi Untuk Semua Tipe
3 Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi untuk Semua Tipe | Expalining Android

Jika kamu sudah paham dengan apa itu Fastboot, berikut cara keluar dari Fastboot Xiaomi, dan pastinya bisa untuk semua tipe yang sudah kamu tunggu-tunggu! Pastikan membaca penjelasan dibawah ini dengan cermat agar kamu mengerti dengan pembahasan kita ya!

1. Fastboot Xiaomi Melalui Tombol Volume

Cara keluar dari Fastboot Xiaomi yang pertama ini sangatlah simpel, namun sering dilupakan oleh orang-orang. Walaupun kamu gaptek, cara ini pasti bisa kamu praktikkan loh.

Total Time: 1 menit

Pastikan Smartphone Xiaomi Kamu dalam Mode Fastboot

Pastikan Smartphone Xiaomi Kamu Dalam Mode Fastboot

Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan smartphone kamu dalam mode Fastboot. Tepat sekali, tidak hanya Xiaomi saja, semua smartphone juga bisa mengikuti tutorial ini.

Tekan Tombol Power dan Volume Bawah

Tekan Tombol Power Dan Volume Bawah

Saat smartphone kamu dalam mode Fastboot, tekan Tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan untuk keluar dari mode tersebut.
.
Untuk smartphone lain, biasanya keluar dari Fastboot perlu menekan semua tombol secara bersamaan, atau bisa juga tombol Power dan Volume Atas saja.

Tools:

  • Smartphone Xiaomi

Materials: Fastboot Xiaomi

2. Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi dengan Melepas Baterai

Untuk cara kedua ini biasanya hanya bisa dilakukan oleh smartphone Xiaomi seri bawah atau lama, seperti Redmi Note 5 Pro (whyred), Redmi Note 6 Pro (tulip) dan sejenisnya. Untuk smartphone seri atas juga bisa, namun kamu harus siap dengan konsekuensinya, karena backdoor atau casingnya tidak mudah dibuka.

  • Buka casing smartphone Xiaomi milikmu, lalu cabut konektor baterai seperti yang terlihat difoto ini.
Konektor Baterai Xiaomi
Konektor Baterai Xiaomi | Elpass Story!
  • Setelah melepaskan konektor baterainya, tunggu sekitar 30 detik agar smartphone kamu tereset, lalu pasang kembali konektor baterainya (bukan datanya yang kereset, tapi fastboot).
Ilustrasi Baterai Xiaomi
Ilustrasi Baterai Xiaomi | Aliexpress
  • Jika sudah, sekarang hidupkan ulang smartphone Xiaomi kamu dengan menekan Tombol Power saja sekitar 5 detik hingga muncul tulisan Mi atau Xiaomi.
Ilustrasi Smartphone Xiaomi Hidup
Ilustrasi Smartphone Xiaomi Hidup | Raja Tekno

3. Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi Menggunakan Komputer dan CMD

Jika menurut kamu cara diatas terlalu mainstream, bisa mencoba keluar dari Fastboot Xiaomi menggunakan komputer dengan CMD nih. Caranya sendiri cukup ribet, namun kamu pasti bisa jika mengikuti tutorial dibawah ini dengan seksama.

  • Instal semua driver yang diperlukan terlebih dahulu dari video dibawah ini.
  • Jika sudah, buka CMD di komputer kamu dengan cara menekan Windows + R lalu ketik CMD.
  • Setelah itu, colokkan kabel data ke PC dan smartphone Xiaomi kamu, lalu ketik “Fastboot Devices” untuk mengecek apakah smartphone kamu kedetek atau tidak di CMD. Jika belum kedetek, pastikan kabel data kamu bagus dan driver sudah terinstal dengan benar.
  • Selanjutnya kamu hanya perlu mengetik “Fastboot Reboot” jika smartphone Xiaomi kamu sudah kedetek Fastboot oleh CMD-nya.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara keluar dari Fastboot Xiaomi beserta apa itu Fastboot yang perlu kamu ketahui. Jika cara-cara diatas masih belum bisa, kemungkinan smartphone kamu Bootloop dan harus menginstal ulang Firmware atau ROM smartphone itu.

What's your reaction?

Related Posts