Tutorial

Cara Drag and Drop di Windows 11 (Bug Fix & Trik)

Banyak orang yang bertanya bagaimana cara Drag and Drop di Windows 11. Hal tersebut dapat dimaklumi karena Windows versi terbaru tersebut memang lumayan berbeda dengan Windows 10 dari segi fitur maupun penggunaan.

Nah, oleh karena itulah disini Teknodaim akan memberikan kamu 2 cara Drag and Drog dengan mudah di Windows 11. Dua cara ini merupakan trik dan bug fix, bukan Drag and Drop seperti biasa (taskbar). Namun sebelum ke caranya, kita kenali dulu yuk Drag and Drop, salah satu fitur dari Windows ini!

Apa Gunanya Drag and Drop, Perlukah Kita Memakainya?

Cara Drag and Drop di Windows 11 Beserta Kegunaannya
Apa Gunanya Drag and Drop, Perlukah Kita Memakainya? | Wikimedia Commons

Sesuai dengan namanya, jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, Drag and Drop adalah Seret dan Lepaskan. Artinya kamu dapat menyeret item di Windows kamu dan memindahkannya ke lokasi berbeda, seperti dari File Explorer ke Photoshop.

Namun, terdapat masalah atau bug dari Windows 11 yang membuat pengguna tidak dapat menggunakan Drag and Drop secara leluasa, salah satunya dari Taskbar. Oleh karena itulah berikut 2 cara Drag and Drop di Windows 11 beserta bug fixnya!

1. Cara Drag and Drop Tanpa Aplikasi di Windows 11

Pertama-tama disini kami akan memberitahu kamu sebuah trik untuk cara Drag and Drop di Windows 11 terlebih dahulu. Jika kamu mengalami bug, kamu dapat mengikuti cara Drag and Drop yang kedua (bug fix).

Cari File yang Ingin Kamu Pindahkan

Cari File Yang Ingin Kamu Pindahkan

Pertama-tama kamu cari dulu file yang ingin kamu pindahkan ke software, contohnya Adobe Photoshop.

Klik File Kamu dan Tahan Kliknya

Klik File Kamu Dan Tahan Kliknya

Jika sudah, sekarang klik file tersebut dan tahan kliknya seperti Drag and Drop biasanya.

Pindahkan File yang Kamu Tahan Tadi

Pindahkan File Yang Kamu Tahan Tadi

Sekarang kamu perlu menekan tombol ALT di keyboard kamu, lalu akan muncul tampilan seperti ini nantinya. Lalu geser file yang kamu tahan tadi ke tab Photoshop.

Hasil Cara Drag and Drop Di Windows 11

Hasil Cara Drag And Drop Di Windows 11

Jika sudah mengikuti arahan diatas, berarti kamu sudah berhasil melakukan cara Drag and Drop di Windows 11!

Perlu diingat, ini cara ini sendiri merupakan trik yang dapat membuat kamu melakukan Drag and Drop tanpa terkena bug dari Windows 11. Namun kabarnya kamu sudah dapat melakukan Drag and Drop biasa di Windows tersebut, tanpa melakukan trik ini. Karena Microsoft sudah melakukan update fix terhadap bug itu.


2. Cara Drag and Drog Menggunakan Aplikasi di Windows 11

Sebenarnya kamu tidak perlu mengikuti cara Drag and Drop di Windows 11 menggunakan aplikasi yang satu ini. Namun jika kamu bermasalah mengikuti cara mutlak yang diatas, ada baiknya menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Windows 11 Drag And Drop Apps Fix
Windows 11 Drag and Drop Apps Fix | Github
  • Pertama-tama kamu perlu mendownload Windows 11 Drag and Drop Taskbar Fix terlebih dahulu melalui link yang sudah disediakan.
  • Install aplikasi berformat EXE tersebut dan abaikan semua peringatan dari proses instalasi.
  • Jika proses install sudah selesai, kamu dapat melakukan Drag and Drop dari Taskbar seperti yang ada di Windows 10.

Itulah tadi 2 cara Drag and Drop di Windows 11 yang mudah dan pasti berhasil. Jika kamu sudah update ke Windows 11 versi terbaru, ada baiknya menghapus aplikasi dari cara kedua tadi. Karena program tersebut berjalan di latar belakang, dan mungkin saja kamu tidak menginginkannya melakukan hal tersebut.

What's your reaction?

Related Posts