Berita

Beberapa Cara Terbaik Membersihkan File Sampah di Windows 10!

Jika kamu adalah seorang pengguna PC atau laptop, mungkin kamu pernah mengalami hal buruk yaitu performa ataupun kinerja yang turun seiring berjalannya waktu. Hal tersebut dapat terjadi, salah satunya karena terdapat banyak file sampah atau dokumen tidak penting dalam memori penyimpanan. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara membersihkan file sampah tersebut dengan baik dan benar.

Supaya performa PC atau laptop kamu tetap berjalan dengan optimal, salah satu langkah yang Teknodaim sarankan adalah rutin membersihkan file sampah dari ruang penyimpanan. Setidaknya lakukan minimal 3 hari sekali, bagaimana caranya? Coba simak berikut ini.

3 Cara Membersihkan Sampah Pada Disk di Windows 10

Mengenai hal yang kami maksud tadi, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain sebagai berikut:

Membersihkan Sampah Menggunakan Fitur Disk Cleanup

Cara Membersihkan File Sampah
Proses Membersihkan Sampah Dengan Disk Cleanup | koubou.com

Bagian pertama yang bisa kamu lakukan, yaitu membersihkan sampah dari ruang penyimpanan komputer dengan fitur bersih-bersih Disk Cleanup. Untuk membukanya, pengguna tinggal mengunjungi menu start, kemudian mengetikkan nama Disk Cleanup tersebut.

Setelah selesai membukanya, maka akan muncul daftar file sampah. Kamu bisa memilih file yang mana yang ingin kamu bersihkan, dengan cara mencentang pada kotak yang tersedia, lalu klik OK dan Delete Files. Proses ini hanya bisa kamu lakukan secara berkala, dan agar lebih mudah komputer atau laptopmu sudah harus memakai sistem operasi Windows 10. Dengan begitu proses membersihkan File Sampah pada komputermu sudah selesai.

Uninstall Aplikasi

Cara Membersihkan File Sampah 4
Uninstal Aplikasi | gadgetren.com

Kalau cara sebelumnya terlalu rumit, kamu juga bisa menghapus aplikasi berukuran besar yang memakan ruang penyimbanan. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu membuka menu kemudian pilih opsi pada Aplikasi. Kemudain kamu tinggal pilih opsi uninstall, saat muncul pilihan mengenai informasi aplikasi atau uninstall aplikasi tersebut.

Reset Windows

Cara Membersihkan File Sampah
Reset PC Windows 10 | howtogeek.com

Cara satu ini hanya perlu kamu gunakan kalau memang data penyimpanan komputermu sudah melebihi batas. Yang membuatnya susah melakukan proses penghapusan sampah tadi.

Kamu bisa memanfaatkan opsi Reset This PC yang tersedia pada menu Recovery Setting untuk menghapus semua data penyimpanan pada komputermu dengan sekali klik aja. Walaupun demikian, terdapat banyak resiko dalam melakukan reset Windows. Mulai dari data penting yang bisa hilang, sistem booting ter-reset dan lain sebagainya.

Intinya kamu boleh melakukan reset Windows untuk membersihkan penyimpanan ruang kalau memang sudah melebihi kapasitas dan membuat proses komputermu menjadi lelet.


Agar semakin paham, mari kita berbagi pendapat masing-masing mengenai cara membersihkan file sampah tersebut dengan menulisnya pada kolom komentar yang Teknodaim sediain.


Sumber: Kompas Tekno

Related Posts