Google Jamboard, Inovasi Teknologi dalam Mendukung Pendidikan

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Penasaran nggak apa itu Google Jamboard? Kalau Kamu penasaran, yuk, simak informasi di bawah ini!

Ilustrasi Google Jamboard (techradar)

Ilustrasi Google Jamboard (techradar)

Saat ini, hampir semua sektor telah didukung oleh teknologi digital, termasuk sektor pendidikan. Google, dengan komitmennya untuk mendukung perkembangan dunia pendidikan, telah meluncurkan platform Google Jamboard.

Jadi, apa sebenarnya Google Jamboard itu? Dan bagaimana manfaatnya dalam bidang pendidikan? Temukan penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Google Jamboard?

Google Jamboard adalah perangkat yang memiliki fungsi mirip dengan papan tulis, tetapi dengan fitur yang lebih canggih. Dibuat oleh Google, Jamboard menggabungkan kelebihan papan tulis tradisional dengan berbagai fitur yang sangat berguna.

Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan pengguna untuk mengambil gambar langsung dari hasil pencarian Google.

Google Jamboard, Inovasi Teknologi dalam Mendukung Pendidikan
Ilustrasi Google Jamboard (Benq.com)

Di samping itu, pengguna juga memiliki kemampuan untuk menyimpan pekerjaan mereka ke dalam cloud secara otomatis. Yang menarik adalah, pengguna masih dapat menggunakan tulisan tangan atau menggambar di papan tersebut menggunakan Stilus dan bahkan menghapusnya dengan jari. Dengan demikian, pengalaman menggunakan papan tulis ini tetap terasa nyata.

BACA JUGA:  5+ Tools AI Detector Untuk Mendeteksi Kemurnian Konten

Pada awal pandemi, Google Jamboard memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan terutama dalam mendukung proses belajar mengajar antara siswa dan guru. Berikut adalah beberapa contoh penerapan Google Jamboard dalam bidang pendidikan.

Fungsi Google Jamboard di Bidang Pendidikan

Setelah memahami konsep Google Jamboard, penting untuk mengetahui bagaimana aplikasi ini dapat kita gunakan dalam konteks pendidikan. Dengan mengetahui penggunaan yang tepat, Anda dapat memanfaatkan Jamboard secara optimal.

Meskipun berbentuk papan tulis, Jamboard menggunakan teknologi canggih. Ini memungkinkan pengguna tidak hanya menulis atau menggambar dengan Stylus, tetapi juga mengakses pelajaran selama sesi pelajaran.

Dengan menggunakan Jamboard dan mengakses materi yang akan kita pelajari, semua murid dapat tetap fokus belajar tanpa perlu mengganti-ganti alat. Mereka dapat mulai belajar dengan mudah.

Selain bisa kita gunakan untuk mengakses materi, menulis, dan menggambar, Jamboard juga memiliki fungsi untuk melakukan presentasi secara langsung.

BACA JUGA:  Lebih dari 100 Aplikasi Android Mengandung Spyware, Noizz Salah Satunya!

Dengan adanya integrasi dengan Google Meet, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menggabungkan video conference dengan pembelajaran tertulis. Dengan demikian, proses belajar dan mengajar menjadi lebih praktis dan efisien.

Setelah guru memberikan materi pelajaran, siswa memiliki kemampuan untuk mengakses materi tersebut di mana saja. Oleh karena itu, Jamboard sangat ideal untuk proses belajar-mengajar, baik itu dalam kerja kelompok langsung, seminar kelompok, maupun belajar jarak jauh.

Jamboard dapat kita unduh dengan versi Android maupun iOS, sehingga siswa dan guru dapat langsung mengakses aplikasi ini melalui perangkat mereka masing-masing.

Jamboard memiliki fitur untuk menyimpan materi belajar secara otomatis, berbeda dengan papan tulis biasa yang harus kita hapus ketika penuh. Dengan fitur ini, siswa dapat membuka kembali materi yang telah tersimpan untuk mereka pelajari kembali.

Hasil belajar akan tersimpan di akun Google Drive pengajar, sehingga memudahkan pengajar dalam mendokumentasikan hasil belajar. Selain itu, pengajar juga dapat membagikan link hasil belajar tersebut melalui Google Classroom.

BACA JUGA:  Semua Pelanggan Twitter Mendapat Grok AI dari Elon Musk

Penutup

Nah, seperti itulah artikel mengenai platform Jamboard. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kamu tentang Jamboad. Akhir kata, penulis ucapkan terima kasih karena sudah membaca artikel ini sampai habis.

BACA JUGA:

aplikasiGoogleMobilitasPlatformProduk Google

Related Posts