7 Aplikasi Dompet Digital yang Populer di Indonesia

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Kali ini ada 7 rekomendasi aplikasi dompet digital yang mana cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Rekomendasi Aplikasi Dompet Digital (ciperx.com)

Rekomendasi Aplikasi Dompet Digital (ciperx.com)

Di Indonesia, banyak aplikasi dompet digital yang populer dan sering orang-orang gunakan. Saat ini, orang-orang lebih mudah melakukan pembayaran berkat adanya aplikasi dompet digital.

Dengan adanya dompet digital, orang tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai saat bepergian. Tidak perlu khawatir jika kamu tidak membawa kartu debit, karena semua pembayaran dapat kamu lakukan melalui smartphone.

Maka, ada beberapa aplikasi dompet digital yang sering orang-orang gunakan di Indonesia. Jangan lewatkan artikel ini untuk mengetahui informasinya!

7 Rekomendasi Aplikasi Dompet Digital

Saat ini, banyak sekali aplikasi pembayaran digital yang masyarakat Indonesia gunakan. Setiap aplikasi memiliki berbagai fitur yang berbeda, mulai dari kemampuan membayar tagihan hingga membeli pulsa. Tentu saja, fitur dompet digital seperti ini memberikan kenyamanan bagi pengguna.

Namun, agar dana dan transaksi yang kamu lakukan aman, kamu perlu memastikan bahwa aplikasi tersebut benar-benar dapat kamu percaya. Ada beberapa dompet digital yang sering masyarakat Indonesia gunakan.

1. OVO

7 Aplikasi Dompet Digital yang Populer di Indonesia
Ilustrasi Tampilan Aplikasi OVO (Bank Sinarmas)

Salah satu aplikasi dompet digital yang sering orang-orang gunakan di Indonesia adalah OVO. Pasti kamu sudah tidak asing dengan aplikasi ini. OVO adalah sebuah aplikasi yang pertama kali rilis pada bulan Maret 2017.

BACA JUGA:  5 HP Samsung Termurah dengan Corning Gorilla Glass 5

Sejak saat itu, OVO berupaya untuk menyediakan layanan-layanan mereka agar dapat dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia melalui kolaborasi dengan berbagai perusahaan.

Salah satu contoh perusahaan yang bekerja sama dengan OVO adalah Grab. Di Grab, OVO berguna sebagai metode pembayaran untuk layanan transportasi online dan juga untuk melakukan berbagai pembayaran non tunai lainnya.

2. Dana

7 Aplikasi Dompet Digital yang Populer di Indonesia
Gambar logo DANA (Antaranews.com)

DANA adalah aplikasi yang lebih baru daripada OVO. Apakah kamu tahu bahwa DANA lebih muda daripada OVO?

Ternyata, DANA baru rilis setahun setelah OVO. Lebih tepatnya, DANA rilis pada tahun 2018. Aplikasi ini menyediakan berbagai fasilitas bagi pengguna, seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan, dan melakukan transaksi di toko-toko tertentu.

Sampai saat ini, DANA telah menjadi salah satu aplikasi dompet digital yang populer di Indonesia.

3. ShopeePay

7 Aplikasi Dompet Digital yang Populer di Indonesia
Gambar Shopeepay (Flip)

Selanjutnya, ada juga aplikasi dompet digital lain selain aplikasi DANA yang sering orang-orang gunakan, yaitu ShopeePay.

ShopeePay adalah sebuah jenis layanan keuangan digital yang bisa orang-orang gunakan untuk melakukan pembayaran secara online di platform e-commerce Shopee.

Selain itu, saat ini ShopeePay juga dapat kamu gunakan untuk membayar di toko offline Shopee. Bagi kamu, cukup memanfaatkan dana yang tersedia di akun ShopeePay untuk melakukan pembayaran menggunakan metode ini.

BACA JUGA:  5 Aplikasi Edit Video YouTube Terbaik di HP 2020

Apabila saldo tidak mencukupi, kamu dapat melakukan pengisian saldo melalui berbagai metode yang telah ShopeePay sediakan. Namun, penting untuk diketahui bahwa untuk mengisi ulang ShopeePay biasanya ada biaya admin sekitar Rp1.000.

4. iSaku

7 Aplikasi Dompet Digital yang Populer di Indonesia
Logo iSaku (i-saku.id.aptoide.com)

iSaku adalah sebuah aplikasi dompet digital yang saat ini sedang populer digunakan oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi ini bekerjasama dengan suatu perusahaan ritel yang beroperasi di Indonesia, yakni Indomaret.

Aplikasi iSaku memiliki sasaran pengguna yang sering melakukan pembelian barang ritel, terutama di Indomaret.

Oleh karena itu, fitur-fitur yang iSaku berikan juga terkait dengan transaksi yang dilakukan di toko-toko ritel, seperti mengumpulkan poin, mendapatkan diskon, dan melakukan beberapa jenis pembayaran lainnya.

Selanjutnya, ada aplikasi bernama LinkAja yang sangat praktis dan aman. LinkAja dikembangkan oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) dan menjadi salah satu aplikasi terbaik dalam kategorinya.

5. Aplikasi Dompet Digital LinkAja

7 Aplikasi Dompet Digital yang Populer di Indonesia
Tampilan Link Aja (Kompas Money)

Jika kita bandingkan dengan beberapa aplikasi sebelumnya. LinkAja dapat bisa kita katakan sebagai dompet digital baru karena baru berusia 5 tahun pada tahun 2024 ini.

Hingga saat ini, aplikasi LinkAja telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan BUMN, salah satunya adalah PT. Kereta Api Indonesia (KAI). LinkAja bisa kamu gunakan sebagai pilihan pembayaran ketika kita membeli tiket kereta api.

BACA JUGA:  5 Aplikasi Terbaik untuk Memperjelas Foto yang Buram

Bagi kamu yang sering melakukan perjalanan menggunakan transportasi kereta api, pasti sudah mengenal dengan baik aplikasi ini.

6. GoPay

7 Aplikasi Dompet Digital yang Populer di Indonesia
Logo Gopay (Good News From Indonesia)

Tidak kalah terkenal dengan aplikasi dompet digital lainnya, GoPay juga menjadi pilihan yang aman dan sering masyarakan Indonesia gunakan. Jika kita lihat dari tahun perilisannya, GoPay adalah sebuah aplikasi e-wallet yang telah beroperasi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pada pertengahan tahun 2016, GoPay diperkenalkan sebagai layanan pembayaran untuk semua transaksi di aplikasi transportasi online GoJek.

Benar, GoPay adalah salah satu bagian dari sistem GoJek, sehingga semua pembayaran untuk GoRide, GoCar, dan layanan lainnya dilakukan melalui aplikasi dompet digital ini.

Saat ini, selain dapat kamu gunakan untuk menggunakan layanan GoJek, GoPay juga dapat kamu gunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant lain.

7. Aplikasi Domper Digital DOKU

7 Aplikasi Dompet Digital yang Populer di Indonesia
Logo DOKU (DOKU)

Salah satu aplikasi dompet digital terbaru adalah DOKU e-wallet. DOKU dapat kita katakan sebagai dompet digital pertama yang hadir di Indonesia.

DOKU telah ada sejak tahun 2007, dan pada tahun 2013 mereka memperkenalkan produk e-wallet. Mulai dari saat itu, DOKU e-wallet menyediakan banyak fitur yang memungkinkan penggunaannya untuk melakukan transaksi tanpa uang tunai.

Itulah penjelasan mengenai rekomendasi aplikasi dompet digital yang dapat kamu gunakan di Indonesia. Dari berbagai aplikasi e-wallet yang telah penulis sebutkan di atas, dapat penulis simpulkan bahwa salah satu kelebihan dompet digital adalah kemudahan dalam melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai.

aplikasiAplikasi Dompet DigitalDompet Digitale-walletrekomendasi

Related Posts