Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya

Fahmi Fefriandi

Fahmi Fefriandi

Banya pengguna Hp Vivo bertanya-tanya kenapa Hp Vivo tiba tiba mati sendiri dan apa solusinya. Berikut solusi ampuh yang

Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri

Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri

Mungkin banyak pengguna Hp Vivo yang bertanya-tanya kenapa Hp Vivo tiba tiba mati sendiri dan apa solusinya. Kejadian ini kerap terjadi pada smartphone dan beberapa pengguna tentu tidak tahu penyebab terjadinya padam ini.

Menurut Teknodaim ini bukanlah hal yang aneh pada smartphone. Karena tidak hanya Hp Vivo saja yang mengalami hal seperti ini, Hp merk lain pun juga mengalami hal serupa jika ada sesuatu hal yang menyebabkan Hp tiba-tiba mati sendiri.

Seiring banyaknya keluhan pengguna yang bertanya Kenapa Hp Vivo tiba tiba mati sendiri, oleh karena itu Teknodaim akan mengulas mulai dari penyebab terjadinya hal ini dan memberikan beberapa solusi yang harus kalian lakukan.

Penyebab Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri

Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya
Penyebab Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri

Nah, sebelum masuk ke solusi untuk langsung mengatasinya, kamu harus tau terlebih dahulu penyebab kenapa Hp Vivo tiba tiba mati sendiri serta hal apa yang memicu terjadinya masalah ini.

Jika kamu sudah tahu penyebab terjadinya masalah ini maka kamu akan lebih dapat menjaga HP Vivo kamu agar tidak mengalami kejadian ini. Simak ulasan ini secara benar untuk menjadi masukan dan jalan keluar nantinya.

BACA JUGA:  Spesifikasi dan Harga Poco M6 Pro, Lengkap Dengan Fitur OIS

Dilihat dari beberapa website, penyebab kenapa Hp Vivo tiba tiba mati sendiri yaitu dikarenakan:

  • Error atau corupt pada aplikasi yang dijalankan pada Hp Vivo
  • Baterai pada Hp rusak atau konslet
  • Sistem operasi mengalami bug atau belum diperbarui
  • RAM atau memori internal penuh
  • Overheat atau panas berlebih karena Hp Vivo digunakan secara terus menerus.
  • Kemungkinan terinfeksi malware atau virus
  • Dan lain sebagainya

Nah, itulah beberapa poin penyebab kenapa Hp Vivo tiba tiba mati sendiri yang sangat memungkinkan. Untuk itu berikut solusi yang harus kamu lakukan jika kamu mengalami kendala padam mendadak seperti ini. Simak ulasan Teknodaim hingga tuntas.

Cara Mengatasi Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri

Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya
Cara Mengatasi Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri

Setelah mengetahui hal yang sangat memungkinkan sebagai sebab pemicu kenapa Hp Vivo tiba tiba mati sendiri, maka kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut sebagai solusi.

BACA JUGA

1. Cek Aplikasi yang Bermasalah dengan Masuk Ke Safe Mode

Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya
Cek Aplikasi Yang Bermasalah Dengan Masuk Ke Safe Mode

Jika penyebab kemungkinan Hp Vivo tiba tiba mati sendiri yaitu karena aplikasi yang eror maka untuk mengetahui aplikasi mana yang mengalami error, maka yang harus kamu lakukan adalah masuk ke safe mode.

Lakukan cara berikut ini untuk masuk ke safe mode:

  • Nyalakan kembali Hp Vivo yang mati
  • Tekan tombol power
  • Beberapa menu Power akan muncul di layar
  • Tekan pilih tombol Power Off sekitar dua detik
  • Pop up untuk masuk ke menu safe mode akan muncul
  • Klik “OK” dan Hp akan memulai restart
  • Setelah restart selesai maka Hp akan langsung masuk ke Safe Mode
BACA JUGA:  Rekomendasi Laptop Core i5 untuk Mahasiswa

Saat masuk dalam safe mode, maka aplikasi yang tadinya bermasalah tidak akan muncul. Jadi kamu bisa mengetahui aplikasi mana yang ternyata penyebab kenapa Hp vivo tiba tiba mati sendiri. Matikan dan hidupkan kembali Hp Vivo kamu lalu hapus instalasi aplikasi yang bermasalah tadinya.

2. Bersihkan File Sampah dan Cache

Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya
Bersihkan File Sampah Dan Cache

Sampah dan Cache memang sering menjadi masalah pada ponsel android, karena Sampah dan Cache juga dapat menyebabkan error termasuk penyebab kenapa Hp vivo tiba tiba mati sendiri.

Maka oleh karena itu, yang harus kamu lakukan adalah membersihkan Sampah dan Cache pada Hp Vivo yang kamu gunakan. Kamu dapat menghapus Sampah dan Cache menggunakan aplikasi bawaan Vivo dan bisa pula menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi CCleaner yang cukup populer maupun aplikasi lainnya.

3. Istirahatkan Hp Vivo

Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya
Istirahatkan Hp Vivo

Jika penyebab kenapa Hp Vivo tiba tiba mati sendiri dikarenakan mengalami overheat atau panas berlebihan mungkin mengistirahatkan Hp Vivo yang kamu gunakan merupakan solusi termudah hingga suhunya normal kembali.

BACA JUGA:  5 Smartphone Android dengan RAM 8 GB Terbaik dari Samsung (Update 2020)

Beberapa chipset tertentu yang digunakan pada smartphone memang dapat mengalami panas yang berlebih terutama saat digunakan untuk bermain game dalam waktu yang cukup lama.

4. Scan dengan Anti Virus/Malware

Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya
Scan Dengan Anti Virus

Mungkin Hp kamu terinfeksi malware atau virus menjadi kemungkinan penyebab terjadinya kenapa Hp Vivo tiba tiba mati sendiri, maka yang harus kamu lakukan yaitu memindai atau scaning virus dan malware tersebut agar Hp menjadi normal kembali.

Banyak kejadian yang sangat memungkinkan Hp mati sendiri akibat virus yang mengganggu. Jika kamu ragu virus tidak semuanya hilang dari Hp Vivo kamu, maka yang harus kamu lakukan yaitu mereset ulang ata kembali ke setelan pabrik agar Hp menjadi lega kembali dan dapat bekerja secara optimal.

Jangan lupa mengupdate sistem operasi android ke versi terbaru serta mengunduh aplikasi terbaru dari layanan resmi Google Play Store.

5. Bawa Ke Pusat Servis

Kenapa Hp Vivo Tiba Tiba Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya
Bawa Ke Pusat Servis Hp Vivo

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan jika cara di atas tidak berhasil adalah membawa Hp vivo ke pusat servis terdekat. Bisa jadi kenapa Hp vivo tiba tiba mati sendiri diakibatkan adanya kerusakan pada hardware misalnya terjadi konsleting pada baterai atau kerusakan pada hardware lainnya karena Hp terjatuh atau kemasukan air. Jadi, alangkah baiknya kamu membawa pada ahli servis untuk diperbaiki.

Jika kamu tidak berpengalaman jangan membongkar Hp dengan tujuan memperbaiki sendiri, karena bisa jadi akan menambah kerusakan pada perangkat hardware.

Nah, itulah sebab serta solusi yang dapat kamu ikuti menurut Teknodaim. Lakukan tahap diatas jika kamu masih bertanya kenapa Hp vivo tiba tiba mati sendiri. Bagikan pada teman kamu yang mengalami hal serupa untuk membantu memberikan solusi akan masalah ini.

AndroidSmartphoneVivo

Related Posts