Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Ponsel atau PC/Laptop

Fahmi Fefriandi

Fahmi Fefriandi

Cara Membatasi Pengguna Wifi yang wajib banget kamu tahu. Apalagi jika tinggal di tempat yang banyak penduduknya

Cara Membatasi Pengguna Wifi

Cara Membatasi Pengguna Wifi

Kali ini Teknodaim akan memberikan cara membatasi pengguna Wifi yang wajib banget kamu tahu. Apalagi jika kamu tinggal di tempat yang banyak penduduknya. Pastinya, faktor keamanan menjadi alasan utama untuk dapat membatasi pengguna wifi.

Selain itu, jika kita membatasi penggunaan wifi, kita bisa menjaga kecepatan internet pada paketan kita. Dan juga buat kamu yang pakai paket internet dengan aturan FUP, kamu harus memperhatikan jumlah pengguna wifi.

Meminta kamu untuk membatasi penggunaan wifi bukanlah tanda ketidakbaikan atau tidak suka bergaul, melainkan ini adalah salah satu langkah keamanan untuk diri kamu sendiri. Oleh karenanya, kami sangat menyarankan kepada kamu semua untuk membatasi pengguna wifi di rumah kamu.

Baca Juga:

Alasan Kenapa Harus Membatasi Penggunaan Wifi

Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Ponsel atau PC/Laptop
Alasan Kenapa Harus Membatasi Penggunaan Wifi

Adanya internet di rumah adalah sesuatu yang umum dan hampir setiap rumah punya. Mengingat internet sekarang ini menjadi kebutuhan pokok yang harus atau sangat perlu kita miliki. Oleh karenanya, internet menjadi sesuatu yang sangat penting dan kita harus menjaga keamanannya seperti cara membatasi pengguna wifi ini juga merupakan suatu hal yang penting.

Dalam setiap paket internet yang kamu gunakan atau sewa di rumah, memiliki kecepatan dan batas bandwidth tersendiri. Lebih lagi, ada beberapa provider seperti Indihome yang menerapkan kebijakan FUP dalam paket mereka.

Pernahkah kamu menemukan situasi di mana internet di rumahmu tiba-tiba menjadi lambat tanpa alasan yang jelas? Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan internet indihome menjadi lambat, dan salah satunya adalah jumlah pengguna yang melebihi kapasitas maksimal dalam paket yang disediakan oleh penyedia layanan.

BACA JUGA:  Penggabungan IndiHome ke Telkomsel Selesai, Apa yang Berubah?

Seandainya kamu memilih paket Indihome dengan kecepatan 50mbps, dan seandainya batas maksimum atau yang disarankan adalah 18 pengguna sekaligus, ketika ada 20 orang yang terhubung dengan wifi kamu secara simultan, maka internet akan menjadi lambat.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada diri kamu, kamu perlu memahami bagaimana cara membatasi pengguna wifi di rumah kamu sehingga tidak ada penggunaan bandwith yang melampaui kapasitas wifi kamu, bagaimana caranya? Yuk, ikuti penjelasannya berikut.

BACA JUGA

Cara Membatasi Pengguna WiFi

Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Ponsel atau PC/Laptop
Cara Membatasi Pengguna Wifi

Nah, cara membatasi pengguna wifi adalah sesuatu yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa perlu meminta bantuan teknisi dari penyedia layanan Internet.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, sehingga ada banyak pilihan yang bisa kamu ambil jika metode yang satu tampak sulit bagimu dibandingkan dengan yang lainnya.

Langsung saja, kita akan membahas bersama beberapa cara membatasi pengguna wifi.

1. Cara Membatasi Pengguna Wifi melalui Modem

Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Ponsel atau PC/Laptop
Cara Membatasi Pengguna Wifi Dengan Modem

Setiap penyedia layanan internet wifi untuk rumah tentu memakai modem yang disewa selama kamu masih berlangganan, dan modem ini memiliki berbagai fungsi dan pengaturan, yang kamu bisa atur sendiri.

Dengan modem kamu juga dapat melakukan cara membatasi pengguna wifi, dan ternyata dapat kita lakukan dengan metode berikut.

  • Pertama yang perlu kamu kerjakan adalah mencari tahu merk modem dan alamat IP modem tersebut, kita akan menggunakan modem indihome sebagai contoh yang memiliki alamat login atau IP di 192.168.1.1,
  • Setelah mengetahui alamat IP modem tersebut, masukkan alamat IP tersebut di browser web yang kamu gunakan,
  • Masukkan username dan password, umumnya adalah “admin” dengan password “admin”,
  • Cari opsi atau tab setting pada halaman pengaturan yang telah dibuka sebelumnya.
  • Kemudian pada tab Network, pilih SSID setting, maka kamu akan menemukan setelan tentang pembatasan pengguna wifi yang dapat terhubung ke wifi atau modem kamu,
  • Atur jumlah pengguna wifi sesuai yang kamu mau, tapi jangan sampai lebih dari 15 perangkat, ini untuk menghindari terjadinya bottleneck dalam koneksi kamu,
  • Langkah terakhir dengan cara klik save, dan setelan yang sudah kamu buat sebelumnya akan disimpan dan berlaku dalam modem.
BACA JUGA:  Paket Telkomsel CloudX Meeting 2.0, Cocok Untuk Kamu yang Kerja atau Sekolah Online

Jika kamu telah menjalankan langkah-langkah di atas dengan tepat, maka jika terdapat lebih banyak perangkat dari yang kamu set, secara otomatis perangkat tersebut akan ditolak atau tidak bisa tersambung ke wifi kamu.

2. Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Netcut

Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Ponsel atau PC/Laptop
Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Netcut

Biasanya, kita semua akan menghindari metode membatasi pengguna wifi dengan cara mengatur modem, terutama jika kamu masih terlalu awam.

Sebab jika menekan tombol yang salah atau pengaturan yang salah, kami cemas modem yang kamu pakai akan error dan bahkan tidak bisa terhubung dengan internet.

Oleh karena itu, jika memang kamu mengalami kesulitan dalam memahami langkah menggunakan modem, terdapat banyak cara membatasi pengguna wifi yang alternatif, salah satunya adalah dengan memakai aplikasi netcut, berikut adalah caranya.

  • Download aplikasi netcut di komputer atau laptopmu.
  • Setelah itu, buka netcut di komputermu,
  • Netcut akan memindai pengguna wifi yang terhubung pada jaringan yang sama dengan kamu,
  • Setelah proses pemindaian selesai, kamu akan dapat melihat siapa saja yang terkoneksi dengan wifi di rumahmu,
  • Setelah list tersebut muncul, kamu dapat mengendalikan atau membatasi kecepatan dari tiap pengguna wifi dalam daftar tersebut, dan kamu juga dapat memblokir pengguna tersebut,
  • Kamu bisa mengatur atau mengubah pengaturan ini hingga 10 kali dalam sehari jika kamu adalah pengguna gratis dari netcut.

Dengan netcut, kamu bisa dengan bebas mengelola kecepatan dan memblokir pengguna wifi secara langsung, keuntungan ini juga membuat aplikasi Netcut lebih disukai oleh orang.

3. Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Wifi Blocker

Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Ponsel atau PC/Laptop
Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Wifi Blocker

Metode pembatasan pengguna wifi kali ini akan memanfaatkan aplikasi wifi blocker. Aplikasi ini hanya dapat diakses oleh kamu yang menggunakan apple. Jadi, pengguna android harap menunggu sejenak ya.

  • Download Wifi Blocker terlebih dahulu dan install di perangkatmu
  • Buka dan operasikan aplikasi itu, maka pemblokir wifi akan mengadakan pemindaian secara otomatis sampai daftar pengguna wifi muncul,
  • Setiap perangkat yang teridentifikasi memiliki identitasnya sendiri, dan kamu dapat memutuskan perangkat mana yang dapat terhubung ke wifi kamu dan mana yang tidak,
  • Cara melakukannya kamu hanya perlu mengetuk pada perangkat itu lalu pilih blokir, sehingga perangkat itu tidak akan dapat mengakses internet melalui wifi kamu.
BACA JUGA:  Cara Mudah Membeli eSIM Telkomsel PraBayar dan Daftar Harganya

Aplikasi pemblokir wifi mempunyai pengaturan yang bisa kamu atur untuk membatasi pengguna berdasarkan jadwal di setiap perangkat, jadi ini sangat pas bagi orang tua yang ingin membatasi penggunaan wifi anak mereka secara berlebihan.

4. Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui P2Pover

Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Ponsel atau PC/Laptop
Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui P2pover

Mirip dengan netcut, p2pover adalah aplikasi windows yang dapat memblokir dan membatasi kecepatan pada perangkat yang kamu inginkan. Aplikasi ini berasal dari Tiongkok, tapi kamu tidak perlu khawatir karena masih bisa menggunakannya.

P2pover tidak bisa diakses jika bukan dari China, oleh karena itu kamu perlu menggunakan VPN untuk mengakses ke China dan kunjungi ww12.netsoft2012.com.

  • Unduh dan pasang aplikasi tersebut, dan mulai jalankan setelah pemasangan selesai,
  • Ubahlah setting bahasa ke bahasa Inggris terlebih dahulu, sebab secara otomatis aplikasi tersebut menggunakan bahasa mandarin,
  • Setelah berhasil mengubah bahasa, pilih system setting untuk masuk ke menu pilihan tab,
  • Pilih tab pengaturan dan klik network adaptor, lalu pilih tipe adaptor yang terkoneksi dengan komputer atau laptopmu,
  • Pilih New pada tab Schedule Setting,
  • Kemudian klik tab Control All, pada tombol Start klik kanan, dan Apply Rule to Host Selected,
  • Klik perangkat yang ingin kamu blokir lalu pilih save.

Walaupun agak merepotkan sebab harus memakai VPN dan mengubah bahasa menjadi bahasa Inggris, tapi p2pover tetap dapat dijadikan pilihan lain dari netcut, dan pengaturannya juga tidak terlalu berbeda banyak.

Cara Membatasi Pengguna Wifi Lewat Netlimiter

Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Ponsel atau PC/Laptop
Cara Membatasi Pengguna Wifi Melalui Netlimiter

Langkah terakhir yang dapat kamu coba untuk membatasi penggunaan wifi adalah dengan memanfaatkan aplikasi netlimiter di Windows. Netlimiter adalah aplikasi pembatas kecepatan internet atau speed limiter yang memiliki pengaturan yang mudah.

  • Unduh aplikasi netlimiter
  • Buka aplikasi itu dan pilih pengaturannya,
  • Klik pada tab Activity View, dan kamu dapat mengendalikan pengguna yang dapat terhubung ke wifi kamu,
  • Selain itu, kamu juga dapat mengatur kecepatan internet per pengguna sehingga tidak saling membebani bandwith.

Gampang kan, itulah tadi cara membatasi pengguna wifi yang cukup mudah menurut Teknodaim? Ini memang perlu kamu lakukan sebagai langkah perlindungan dan keamanan diri kamu sendiri, jadi pastikan kamu memperhatikan langkah-langkah di atas dengan seksama dan selamat mencoba.

IndihomeTelkomselWiFi

Related Posts