Google Meningkatkan Sistem Android Melalui Fitur Pelacakan HP

Hervi Nurul

Hervi Nurul

Fitur Find My Device, sebuah alat pelacak perangkat, telah meningkat dengan penambahan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi.

Google Meningkatkan Sistem Android Melalui Fitur Pelacakan HP

Google Meningkatkan Sistem Android Melalui Fitur Pelacakan HP

Fitur pelacakan HP yaitu Find My Device, sebuah alat pelacak perangkat, telah ditingkatkan dengan penambahan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi. Hal ini bahkan ketika tidak terhubung dengan jaringan internet. Dengan kata lain, pengguna dapat melakukan pelacakan pada HP atau tablet mereka tanpa memerlukan koneksi internet.

Pada konferensi pengembang tahunan Google I/O 2023, Google memperkenalkan fitur baru yang merupakan peningkatan dari sistem Android. Namun, fitur pelacakan hp ini hanya tersedia untuk pasar-pasar tertentu, seperti Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Pengguna Android dapat dengan bebas mencari perangkatnya di lokasi yang memiliki jaringan internet yang minim.

Bahkan pengguna bisa melakukannya jika tidak ada jaringan internet sama sekali, berkat fitur Find My Device yang hadir dalam mode offline. Salah satu inovasi terbaru dalam fitur ini adalah penggunaan Google dalam menciptakan dan memanfaatkan jaringan khalayak untuk mengumpulkan informasi.

BACA JUGA:  2 Perusahaan Raksasa Ini Bagi Bagi Duit Miliaran Rupiah
Google Meningkatkan Sistem Android Melalui Fitur Pelacakan HP
Fitur Google

Mengenal Fitur Find My Device

Fitur ini akan mengumpulkan informasi dari perangkat yang menggunakan sistem operasi Android 9.0 atau versi yang lebih baru. Fitur ini akan memberikan pemberitahuan pada ponsel atau tablet ketika perangkat berada dalam jarak tertentu. Sebelumnya, untuk dapat menggunakan fitur Find My Device, perangkat Android harus terhubung dengan jaringan internet.

Saat ini, teknologi ini akan menggunakan teknologi sinyal Bluetooth dari perangkat elektronik untuk secara real-time menentukan lokasi HP atau tablet. Google merilis pembaruan fitur yang akan meningkatkan kemampuan pengguna dalam melakukan pencarian.

Informasi mengenai cara kerja pembaruan ini telah Google ungkapkan melalui akun Android di platform Twitter. Menurut penelitian mereka, fitur Find My Device sangat berguna dan berharga di tempat-tempat umum seperti kedai kopi dan bandara Hal ini telah perusahaan teknologi tersebut ungkapkan.

BACA JUGA:  Begini Cara Pemerintah AS Lacak Penyebaran Covid-19

Google Pixel-nya juga mendapatkan peningkatan eksklusif. Meskipun dalam keadaan mati, smartphone Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro masih dapat ditemukan melalui fitur Find My Device. Google menjelaskan bahwa hal ini memungkinkan karena ada sumber daya cadangan pada perangkat selama beberapa jam yang mengalir ke chip Bluetooth.

Setelah ponsel mati dalam waktu yang relatif cepat, pengguna masih memiliki kemampuan untuk melakukan pencarian melalui sebuah aplikasi yang berfungsi untuk melacak lokasi ponsel tersebut.

Baca juga:

Aplikasi Googlefiturfitur googleGoogle

Related Posts