6 Kelebihan dan Kekurangan dari Quad Core Prosesor

in , , ,
Apa itu quad core prosesor dan apa kelebihan quad core prosesor serta kekurangannya by teknodaim

Apa itu Quad Core Prosesor? Quad Core adalah salah satu prosesor dari Intel yang punya kualitas dan kecepatan baik dengan harga yang bersahabat. Mari kita akan bahas kelebihan Quad Core Prosesor dan Kekurangan Quad Core Prosesor.

Quad Core dibekali dengan fitur multithread, hyperthreading dan kemampuan menampilkan grafis video mulai dari 2D hingga 3D yang halus dengan jumlah inti mencapai 4 unit di bagian dalam chip prosesor yang punya peran masing-masing.

Mengenal Quad Core

Setiap inti core yang ada pada chip berjalan secara multitasking, bisa ditugaskan untuk menjalankan proses yang banyak secara bersama-sama. secara teori Quad Core lebih baik dari Singel Core, tapi tetap kembali terhadap penggunaannya.

Jika RAM yang digunakan punya kapasitas dan kualitas yang baik, maka kinerja prosesor juga akan semakin ditunjang. Quad Core memang lebih unggul dibanding Dual Core apalagi dari segi kecepatan respon pada smartphone dan PC.

Apa itu quad core prosesor dan apa kelebihan quad core prosesor serta kekurangannya by teknodaim

Agar kalian lebih paham secara detail, berikut masing-masing kelebihan dan kekurangan dari prosesor Quad Core dan bagaimana efeknya saat digunakan untuk bermain game berat atau kegiatan Rendering dari software video edit.


Baca Juga:


Kelebihan dan Kekurangan Quad Core Prosesor

Kelebihan Quad Core Prosesor

  1. Support Multithread

    Quad Core dapat menjalankan proses multithread yang membuat proses memuat banyak aplikasi dan game dapat dijalankan bersamaan dalam satu waktu. Kualitas grafis yang didapat oleh pengguna pun jadi lebih baik.

  2. Kualitas dan Texture

    Quad Core membuat tampilan video grafis akan terlihat jadi lebih Smooth, terutama dari segi Texture. Karena Quad Core dapat memproses dan mengoptimalkan data dengan baik. Clock speed pun akan jadi optimal.

  3. Rekomended Untuk Rendering

    Jika kamu seorang editor yang memerlukan banyak aktivitas Rendering, Quad Core menjadi pilihan terbaik. Karena prosesor jenis ini akan mengolah Grafis RAW menjadi sempurna dengan cepat. Terutama Software Adobe.

  4. Stabil

    Untuk multitasking, kualitas Quad Core cukup baik. Dengan prosesor ini, maka pengguna dapat menjalankan banyak tugas bersamaan tapi tetap stabil dan lebih aman dari Crash.

  5. Respon Thumbnail dan Image Cache

    Quad Core juga berperan penting untuk memberikan respon tampilan Thumbnail dan Image Chace yang cepat dari sistem Singel atau Dual Core.

Kekurangan Quad Core Prosesor

  • Harganya Relatif Cukup Mahal, semakin tinggi generasi prosesor maka biaya yang diperlukan akan lebih tinggi lagi.
  • Kemungkinan Tidak Worth It Lagi di Masa Mendatang. Karena software dan Update game saat ini terus naik dan mulai membatasi Quad Core.
  • Umur baterai lebih singkat, tergantung dari pola pemakaian terhadap software. Hal ini terjadi karena kemampuan pengolahan data prosesor yang cukup rapat, sehingga kebutuhan daya Quad Core jadi cukup besar.
  • Sayangnya, tak semua perangkat lunak atau software mendukung proses atau kinerja Quad Core. Vendor software perlu melakukan Algoritma Pemrograman Khusus untuk memanfaatkan multithreading ke-4 core dari prosesor.
  • Selain harus kompatibel dengan Motherboard, CPU Quad Core juga memerlukan Hardware dan perangkat keras pendukung yang selaras.
  • Satu lagi, tipe Quad Core lebih ahli terhadap pengolahan grafis dan kurang terhadap pengolahan angka, karena Quad Core lebih optimal terhadap GPU dari pada ALU (Arithmatic Logic Unit).

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu Quad Core Prosesor, serta masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Jika ada tambahan atau sesuatu yang ingin disampaikan terkait topik artikel ini, silahkan langsung tulis di kolom komentar.


Referensi: Mas Tekno