Inilah Cara Belanja di Alibaba dan Tipsnya

Muhammad Hanif

Muhammad Hanif

Buat yang belum tahu bagaimana cara belanja di Alibaba, kamu wajib banget simak artikel yang Teknodaim bagikan ini.

Cara Belanja Di Alibaba Dan Tipsnya

Cara Belanja Di Alibaba Dan Tipsnya

Jika kamu ingin belanja online, maka saat ini sudah banyak marketplace yang bisa dimanfaatkan, bahkan untuk belanja produk dari luar negeri. Salah satu marketplace yang namanya sudah terkenal secara global yakni Alibaba.Untuk mempermudah kamu dalam membeli berbagai kebutuhan, maka artikel kali ini akan membahas cara belanja di Alibaba.

Pastikan berbagai kebutuhanmu terpenuhi dengan marketplace yang satu ini, simak juga berbagai tipsnya.

Baca Juga:

Cara Belanja di Alibaba

Inilah Cara Belanja di Alibaba dan Tipsnya
Cara-belanja-di-alibaba

Alibaba merupakan marketplace yang berbasisi di China dan sudah ada sejak tahun 1999. Nama pendirinya pun sangat terkenal, yakni Jack Ma. Jutaan pembeli dari berbagai belahan dunia telah memanfaatkan marketplace ini, bahkan telah ada 190 negara yang memakainya.

Kemudahan yang diberikan untuk transaksi antarnegara membuat Alibaba menjadi andalan banyak orang. Secara umum, inilah langkah-langkah cara belanja di Alibaba.

1. Buat Akun

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu membuat akun di Alibaba. Sama seperti berbagai marketplace yang umum dipakai di Indonesia, pembuatan akun Alibaba dapat dilakukan secara gratis. Data yang perlu diisi dalam pembuatan akun yaitu

  1. Full name
  2. Email address
  3. Telephone number
  4. Company name
  5. Country/region
  6. Trade role

Kamu perlu mengisinya dengan tepat supaya tidak ada masalah ketika melakukan transaksi nantinya. Pastikan untuk melakukan pengecekan ulang setelah mengisi. Setelah data terisi, maka kamu akan diminta untuk membuat sandi dan menyelesaikan verifikasi.

BACA JUGA:  2 Cara Mencairkan Shopee Paylater ke Shopeepay, DANA dan Rekening Bank

Untuk bagian trade role, kamu bisa memilih opsi buyer jika hanya ingin menjadi pembeli. Namun, jika ingin menjadi pembeli sekaligus penjual, maka silahkan pilih opsi both.

2. Cari Produk yang Dibutuhkan

Cara belanja di Alibaba selanjutnya, kamu bisa langsung mencari produk yang hendak dibeli. Terdapat dua cara yang bisa kamu pilih untuk menemukan produk tersebut.

Pertama, dengan mencarinya sendiri di kolom pencarian. Kamu hanya perlu mengetik nama produk di kolom tersebut. Jika ingin hasil yang lebih akurat, kamu juga bisa memasukkan gambar produknya.

Kamu bisa menyaring hasil pencarian melalui berbagai kriteria, misalnya tipe dan jenis produk, serta negara penjualnya.

Jika ingin langkah yang lebih praktis dalam mencari barang, kamu bisa memanfaatkan fitur Request for Quotation atau RFQ. Dengan fitur ini, kamu hanya perlu menuliskan permintaan. Lalu, pemasok yang akan menghubungimu secara langsung untuk menawarkan barangnya.

3. Pilih Penjual

Alibaba adalah marketplace yang sudah terkenal dengan sepak terjang yang panjang. Maka dari itu, ada jutaan penjual yang bisa kamu pilih di sana. Di antaranya, ada penjual yang telah memiliki sertifikasi di Alibaba. Di bawah ini adalah jenis sertifikasi yang sebaiknya kamu pahami:

  1. Gold supplier, adalah penjual yang sudah menjadi anggota berbayar dan mendapatkan verifikasi atas kemampuannya dalam berbisnis dan menjalankan industrial dengan baik.
  2. Verified supplier, penjual dengan verifikasi oleh pihak ketiga dan terjamin dari segi profil perusahaan, produksi, dan sistem manajemennya.
  3. Trade assurance supplier, yakni pemasok yang menerima pembayaran dari Alibaba.
BACA JUGA:  Cara Tarik Tunai QRIS dengan Mudah dan Praktis

Dari ketiga jenis sertifikasi di atas, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, ulasan dari pembeli sebelumnya dapat menjadi referensi.

4. Bayar Langsung atau Lakukan Negosiasi

Setelah kamu menemukan produk dan penjual yang cocok, maka kamu bisa melakukan pembayaran langsung atau melakukan negosiasi.

Jika merasa tidak butuh melakukan negosiasi karena sudah yakin, maka kamu bisa langsung melakukan pembayaran. Caranya, kamu bisa langsung mengklik bagian ‘Ready to Ship’ dan pilih ‘Start to Order’.

Namun, jika merasa ada yang perlu ditanyakan, maka silakan lakukan negosiasi dengan penjual. Untuk melakukan negosiasi, kamu dapat memanfaatkan fitur chat yang tersedia.

Kamu bisa bertanya terkait berbagai detail produk dan melakukan negosiasi yang dibutuhkan. Dalam hal ini, pakailah bahasa yang sopan dan terbuka, supaya pembicaraan tetap nyaman dan lancar.

5. Pilih Metode Bayar dan Lakukan Pembayaran

Setelah proses negosiasi selesai, maka saatnya melakukan pembayaran. Kamu bisa memilih metode pembayaran yang tersedia, yaitu Western Union, eChecking, kartu debit, dan kartu kredit.

Saat ini, Alibaba juga telah memiliki layanan pay later. Cara belanja di Alibaba juga memungkinkan kamu untuk melunasi pembayaran dalam 6 bulan, dengan tingkat bunga minimal 3,5 persen.

BACA JUGA:  Tokopedia Tetapkan Tambahan Biaya Belanja Rp1.000 di Layanannya

6. Urus Pengiriman Barang

Jika sudah melakukan pembayaran, maka kamu hanya perlu mengurus pengirimannya ke Indonesia. Untuk pengiriman kamu bisa menggunakan perusahaan jasa import barang dari china dari Blueray cargo.

Caranya cukup mudah, kamu cukup mengganti alamat pengiriman pada saat checkout dengan alamat gudang dari Blueray Cargo. Nantinya supplier kamu akan mengirim barang yang kamu order ke gudang Blueray Cargo, pengiriman ke Indonesianya nanti akan diurus oleh tim Blueray Cargo.

Tips Belanja di Alibaba

Inilah Cara Belanja di Alibaba dan Tipsnya
Tips-belanja-di-alibaba

Setelah memahami cara belanja di Alibaba, maka perlu diketahui juga bahwa marketplace ini menyediakan sangat banyak pilihan produk dari penjual di berbagai negara. Jika kamu bingung untuk memilih produk, maka di bawah ini adalah tips belanja di Alibaba yang dapat menjadi referensi.

1. Waspadai Penjual yang Mengaku Menyediakan Brand Ternama

Perlu dipahami bahwa ada berbagai brand besar yang produknya tidak tersedia di Alibaba, misalnya Coach, Louis Vuitton, dan Nike.

Jika kamu menemukan penjual yang menawarkan brand ternama, maka perlu diwaspadai. Lalu, jika penjual berani memberikan harga terlalu murah, maka kemungkinan besar itu adalah produk tiruan.

2. Pilih Penjual dengan Sertifikasi

Sebelumnya, telah dijelaskan tentang 3 jenis sertifikasi di Alibaba, yakni Trade Assurance Supplier, Verified Supplier, dan Gold Supplier.

Kamu sebaiknya memilih penjual yang telah tersertifikasi, sehingga dapat dipastikan bahwa kredibilitasnya terjamin.

3. Periksa Ulasan Pembeli

Selanjutnya, sangat disarankan untuk memeriksa ulasan yang disampaikan oleh pembeli sebelumnya. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui bagaimana respon mereka dan seperti apa kualitas produk tersebut.

Itulah berbagai langkah yang dapat kamu lakukan jika ingin belanja di Alibaba untuk memenuhi berbagai kebutuhan, terlebih jika produknya hanya ada di luar negeri.

Ternyata, cara belanja di Alibaba sebenarnya mudah untuk kamu lakukan. Beberapa tips penting dalam memilih produk juga bisa kamu terapkan supaya mendapatkan barang yang tepat.

AlibabaMarketplaceToko Online

Related Posts