Apa Sih Beda Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit Pada Windows?

in , ,
Perbedaan 64 bit dan 32 bit pada sistem operasi windows by teknodaim

Perbedaan 32 bit dan 64 bit – Komputer, laptop dan perangkat serupa yang mendukung penggunaan sistem operasi Windows adalah alat serbaguna karena punya banyak fungsi terhadap berbagai kegiatan online maupun offline. Sistem Windows, terdapat 2 bit sistem pilihan, apa itu OS 32 bit dan apa Apa itu OS 64 bit?

Sistem Operasi Windows mendukung berbagai kegiatan seperti sumber informasi dan komunikasi serta sisi lainnya seperti mendukung berbagai game seru dan menghibur. Para pengguna seharusnya tidak buta dengan kemajuan teknologi.

Perbedaan OS 32 bit dan 64 bit

Selain Windows, OS lainnya seperti Ubuntu dan Linux juga memiliki fitur serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi kamu pengguna Windows, pasti menggunakan salah satu diantara 32 bit dan 64 bit. Lantas apa bedanya?

Kedua tipe sistem tersebut memiliki perbedaan, kelebihan serta kekurangan masing-masing. Penggunaan keduanya tergantung kecocokan pada komponen masing-masing pada perangkat seperti PC atau laptop yaitu Hardware Prosesor.

Apa itu OS 64 bit dan Apa itu OS 32 bit serta Perbedaan Keduanya by Teknodaim

Salah satu perbedaan signifikan keduanya adalah versi 64 bit dapat menangani jumlah RAM yang lebih besar dan lebih efektif dibanding sistem 32 bit. Bisa dibilang, sistem operasi versi 64 bit lebih unggul dari banyak hal dibanding 32 bit.

Perbedaan mendasark antara sistem operasi 32 bit dan 64 bit terletak pada jumlah informasi yang sanggup diatasi oleh prosesor (Processor).


Baca Juga:


Bit sendiri bisa diartikan sebagai cara komputer mengolah informasi dalam bentuk kode binary, dimana data keseluruhan bisa dikenali sebagai serangkaian kode angka yang terdiri dari 0 dan 1. Angka itu dihitung sebagai satuan bit / digit.

Apa itu OS 64 bit dan Apa itu OS 32 bit serta Perbedaan Keduanya by Teknodaim
Gambar: Unbox ID

Prosesor 32 mampu memproses 32 digit sekaligus sistem yang memakainya sedangkan versi satunya yaitu 64 bit, diharuskan memiliki CPU yang lebih kuat agar kinerjanya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Apalagi perihal RAM.

Jika kamu ingin menggunakan RAM dengan kapasitas yang besar, sebaiknya pilih sistem operasi 64 saja karena lebih responsive dalam menanggapi penggunaannya serta akan lebih efisien dibanding 32 bit. Paham apa itu OS 32 bit dan 64 bit?


Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing

Gambar: Apa Beda 32 bit dan 64 bit?

Antara prosesor 64 bit dan 32 bit, memiliki batasan matematis masing-masing. Mulai dari 32 bit yang hanya bisa bekerja mengolah data dengan maksimal RAM 4 GB saja, dengan satu slot yang pada umumnya hanya 2 GB saja.

Sedangkan versi 64 bit, mampu menangani RAM dengan kapasitas jauh lebih besar sampai 17 GB. Sistem yang satu ini juga memiliki kinerja dua kali lebih optimal dibanding 32 bit. Jadi kalau kamu seorang Gamers atau Editor yang menggunakan VGA Card berspesifikasi tinggi, lebih baik pilih OS 64 bit.

Kelebihan OS 32 bit

  • Mendukung software dan aplikasi lawas dengan basis 16 bit seperti komputer versi lama.
  • Cukup untuk menjalankan software ringan
  • Lebih Kompatible dengan driver lama
  • Cocok untuk pengguna laptop, notebook, dan komputer yang menggunakan RAM 4 GB atau lebih kecil.

Kekurangan OS 32 bit

  • Tidak cocok dan akan mengalami masalah ketika digunakan pada perangkat dengan RAM lebih dari 4 GB.
  • Tidak dapat menjalankan program basis 64 bit
  • Tidak mendukung VGA Card yang memiliki spesifikasi besar

Kelebihan OS 64 bit

  • Mengolah data lebih cepat dan efisien
  • Optimal terhadap prosesor 64 bit
  • Lebih kompatible atau bisa digunakan untuk menjalankan program 32 bit
  • Ready untuk VGA Card RTX 2080

Kekurangan OS 64 bit

  • Tidak mendukung untuk digunakan komputer versi lama
  • Tidak mendukung PC atau perangkat serupa yang memiliki spesifikais rendah

Kesimpulannya adalah, jika kamu pemakai notebook, laptop atau PC yang memiliki RAM dengan kapasitas 4 GB atau lebih sedikit, sebaiknya cukup menggunakan OS 32 bit saja. Karena biasanya hanya untuk kegiatan ringan.

Sedangkan 64 bit adalah pilihan yang paling rekomended bagi pengguna PC rakitan yang memilih RAM berkapasitas 4 GB keatas. Apalagi kalau untuk menunjang pemakaian aktivitas seperti Rendering dan Gaming, 64 bit wajib.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjawab pertanyaan kamu. Jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin disampaikan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat, terima kasih.


Referensi: Mastekno

5/5 (2 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *