Pengertian CMD, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Windows

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Artikel ini berisi bahasan tentang poin-poin meliputi apa fungsi CMD di Windows serta cara menggunakan CMD itu sendiri.

Ilustrasi Icon Cmd Command Prompt (motubablog)

Ilustrasi Icon Cmd Command Prompt (motubablog)

Setiap perangkat seperti komputer atau laptop yang menginstal sistem operasi Windows, pasti secara otomatis juga akan melakukan instal Command Prompt. Apa itu CMD, apa fungsi CMD di Windows serta bagaiaman cara menggunakan CMD? Simak berikut.

Command Prompt, atau yang juga bernama CMD adalah sebuah perintah DOS berbentuk atau berbasis teks pada sistem operasi Windows. Command Prompt terus berkembang.

Pengertian CMD, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Windows
Ilustrasi Icon Command Prompt (Nilesh Sapariya)

CMD ada dengan tujuan agar pengguna perangkat dengan sistem operasi Windows dapat mengeksplorasi windows secara offline maupun online.

Pengertian CMD

Masih belum jelas mengenai pengertian dari apa itu CMD? Mari kita pelajari lebih jauh. Fungsi utama dari CMD pada Windows sendiri sebenarnya adalah untuk mengecek suatu koneksi sebuah jaringan dengan cara mengeping IP.

Command Prompt juga bisa kita gunakan untuk mengetahui masalah yang terjadi pada bad sector pada Hardware seperti Hard Disk serta membersihkan berbagai masalah yang berkaitan dengan sistem pada Windows itu sendiri. Ini fungsi utama dari CMD.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu dan semakin ada inovasi-inovasi baru, perintah dari Command Prompt sering disalahgunakan oleh berbagai pihak tak bertanggung jawab. Bahkan orang-orang menggunakannya untuk melakukan hal kriminal dan Ilegal seperti menggunakannya untuk melakukan Cracking atau Hacking.

BACA JUGA:  Apa Sih Beda Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit Pada Windows?

BACA JUGA:


Fungsi CMD

Apa fungsi CMD di Windows lainnya selain yang sudah penulis bahas pada poin sebelumnya? Jawabannya ada cukup banyak dan beragam. Seperti Berikut:

1. Memperbaiki Bad Sector pada HDD

Command Prompt yang ada pada sistem operasi Windows kita saat ini, dapat kita manfaatkan untuk memperbaiki salah satu masalah rumit yang sering terjadi pada HDD yaitu Bad Sector. Mengatasi Bad Sector menggunakan Command Prompt bisa kita bilang seperti pertolongan pertama.

Cara menggunakan Command Prompt untuk mengatasi Bad Sector pada HDD, dapat kita lakukan dengan memberi perintah chkdsk/r/f e: pada Windows yang sedang digunakan. Jika sudah, maka proses perbaikan atau servis akan mulai bekerja

Itulah cara memperbaiki masalah Bad Sector yang sering terjadi pada Hard Disk atau HDD. Jika kamu ingin punya sistem penyimpanan yang lebih baik dari HDD, penulis sarankan untuk ganti ke SSD atau Solid State Drive yang juga jauh lebih cepat.

BACA JUGA:  Seagate Segera Rilis HDD Berkapasitas 20 TB, Ini Jadwal Rilisnya!

2. Memberhentikan Aplikasi Secara Paksa

Not Responding atau macet adalah salah satu masalah menjengkelkan yang mungkinsering kita alami saat menjalankan sebuah Software atau aplikasi. Solusi yang bisa kamu tempuh salah satunya adalah menghentikan paksa proses aplikasi dengan Command Prompt.

Ketik perintah tskill (kemudian nama aplikasi atau software), misalnya tskill chrome kemudian tekan tombol Enter.

Setelah melakukan hal sesuai intruksi di atas tadi, maka software atau apapun yang kamu tulis sesuai yang diperintahkan pada Command Prompt akan ditutup otomatis secara paksa oleh sistem dari CMD atau Command Prompt. Jangan salah ketik.

3. Cek Aktivasi dan Lisensi Windows

Windows adalah salah satu sistem operasi yang memiliki rancangan dengan fitur dan rasa nyaman akan kemudahannya. Meskipun begitu, banyak pengguna Windows belum mengerti apakah Windows yang mereka gunakan statusnya sudah di-aktivasi atau belum.

Untuk mengecek status akvitasi atau Linsensi pada Windows, kamu dapat memberikan perintah slmgr/div pada Command Prompt. Cara menggunakan CMD tuh mudah-mudah ribet, karena bila salah memberikan perintah bisa saja terjadi masalah.

4. Hidden File Dengan CMD

Dengan CMD, pengguna Windows dapat menyembunyikan sebuah file atau bahkan sebuah folder sekaligus. Jika kamu punya file pribadi atau dokumen yang menurut kamu wajib dijaga privasinya, perintah untuk menyembunyikan file dapat dilakukan dengan cara memberikan perintah attrib+s+h E:\CAPCOM.

BACA JUGA:  Perbedaan SSD NVME dan SSD SATA, Ganteng Mana?

5. Mengetahui Kondisi Hard Disk

Masalah Bad Sector pada HDD alias Hard Disk sering kali banyak tidak disadari oleh para pengguna Windows. Ketik perintah wimc diskdrive get status pada CMD untuk melakukan cek bagaimana kondisi Hard Disk yang digunakan saat ini.

6. Mengetahui Mac Address Computer

Mac Address Computer hadir berbeda-beda pada setiap komputer termasuk bagi pengguna Windows. Untuk mengetahuinya, pengguna Windows dapat memanfaatkan CMD dengan cara memberikan perintah ipconfig/all.

7. Simple Shutdown

Jika saja opsi shutdown yang biasanya terletak di bagian Start tiba-tiba mengalami masalah, maka Alternatifnya adalah dengan memberikan perintah mematikan komputer lewat CMD. Cara ini pun terlihat lebih keren, asal jangan salah ketik.

Perintah yang dapat kita gunakan pada perangkat adalah dengan mengetik slmgr /dlv.

8. Cek Detail Windows

CMD atau Command Prompt juga punya banyak fungsi lain yang tidak penulis sebutkan dalam artikel ini, salah satunya adalah dapat kita gunakan untuk memeriksa baterai laptop serta menjadikan laptop sebagai WiFi ke perangkat lain tanpa memerlukan perangkat dan software tambahan. CMD adalah perintah berbasis Command Line.

Jika kamu ingin mengetahui kapan Instalasi Windows yang saat ini sedang kamu gunakan, maka caranya dapat ditempuh menggunakan pemberian perintah pada CMD. Silahkan ketik saja perintah systeminfo 1 find/I “install date” pada CMD.


Itulah tadi bahasan mengenai apa itu CMD, fungsi serta cara penggunaanya untuk pengguna Windows. Windows sendiri saat ini sudah menyediakan berbagai inovasi dan versi terbaru yaitu Windows 10. Semoga artikel ini bermanfaat.


Referensi: Mas Tekno, Bagi Tekno

CMDCommand PromptHard DiskSistem WindowsSSD

Related Posts