AplikasiListicle

5 Perbedaan WhatsApp Android dan iPhone yang Tidak Bisa Diremehkan!

Android dan iPhone memiliki banyak sekali perbedaan, salah satunya terletak pada aplikasi WhatsApp. Dimana terdapat 5 perbedaan WA Android dan iPhone, secara keseluruhan bisa dibilang WA iPhone lebih simpel ketimbang Android.

WhatsApp sendiri kini telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia termasuk Indonesia. Dengan melakukan sejumlah pembaruan atau update, WhatsApp terus menawarkan banyak fitur menarik yang membuat popularitas penggunanya semakin meningkat.

5 Perbedaan WA Android dan iPhone

Sebenarnya Whatapp tidak wajib mengikuti style masing-masing OS sebab ada banyak aplikasi-aplikasi lain yang menggunakan style mereka masing-masing. Namun perubahan style sesuai OS masing-masing ini merupakan keputusan yang diambil pihak WhatsApp. Sehingga membuat terdapat perbedaan antara WA Android dan iPhone.

1. Halaman Beranda

Perbedaan WA Android dan iPhone
WhatsApp | iStock

Pada halaman beranda WhatsApp, jika kamu pengguna iPhone maka kamu akan melihat sebuah bilah navigasi di bagian bawah. Meliputi sejumlah fitur seperti status, panggilan, kamera, obrolan dan pengaturan, semuanya bisa diakses langsung melalui bilah navigasi ini.

Sedangkan jika pada Android, pengguna harus mengakses semua fitur seperti status, panggilan, obrolan dan pengaturan itu secara manual.

2. Kontak WhatsApp

Perbedaan WA Android dan iPhone
WhatsApp | Pinterest

Pada WhatsApp iPhone, daftar kontak yang ditampilkan cukup rapi dan tertata dalam format abjad sehingga memudahkan pengguna dalam mencari kontak.

Sementara WhatsApp Android mempunyai daftar kontak yang terkadang terjadi semacam bug sehingga beberapa pengguna agak kesulitan dalam mencari kontak.

3. Notifikasi

Perbedaan WA Android dan iPhone
Notifikasi WhatsApp | Shutterstock

Perbedaan WA Android dan iPhone selanjutnya terletak pada bagian notifikasi. Pengguna iPhone pastinya sudah sering menerima notifikasi WhatsApp yang ditempatkan pada gelembung terpisah saat layar terkunci.

Setelah mengklik notifikasi tersebut, pengguna akan diminta memasukkan password layar (jika menggunakan password) dan aplikasi WhatsApp akan langsung terbuka.

Pada Androdid, notifikasi WhatsApp ditampilkan dengan lebih rinci, seluruh isi pesan akan terlihat satu demi satu. Selain itu, pengguna juga bisa mengintip isi notifikasi secara lengkap jika malas membaca atau membalasnya.

4. UI Obrolan

Perbedaan WA Android dan iPhone
WhatsApp | Holopis.com

Perbedaan selanjutnya ialah UI Obrolan, pada bagian ini pengguna Android akan menemukan ikon emoji pada bagian kanan kotak teks. Sedangkan pengguna iPhone perlu untuk mengetuk terlebih dulu ikon emoji yang ada pada bagian bawah.

5. Penambahan Kontak

Perbedaan WA Android dan iPhone
WhatsApp | Alliance/DPA/C

Ketika menambahkan kontak dan memasukkan nomor HP, WhatsApp iPhone akan langsung mendeteksi apakah nomor HP tersebut terdaftar di WhatsApp atau tidak.

Sedangkan WhatsApp Android harus menambahkan kontak terlebih dulu baru bisa dilihat apakah nomor HP tersebut sudah terdaftar atau belum di WhatsApp.

Baca juga:


Demikian itulah tadi informasi terkait 5 perbedaan WA Android dan iPhone yang dapat Teknodaim berikan. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

Related Posts