menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comHardware10 Prosesor Gaming Murah Terbaik 2020, Untuk Rakitan Hemat Biaya!

10 Prosesor Gaming Murah Terbaik 2020, Untuk Rakitan Hemat Biaya!

Cpu Gaming Terjangkau

Pada tahun 2020, ada banyak sekali kejadian dan hal yang terjadi baik dari sisi buruk maupun baiknya, salah satunya adalah kehadiran Pandemi. Dengan adanya hal itu, banyak orang yang melakukan aktivitas dari rumah saja termasuk merakit PC baru atau upgrade dengan rakitan komponen yang baru. Pada saat itulah, banyak orang membutuhkan rekomendasi Prosesor gaming PC murah yang tepat untuk rakitan mereka.

Namun dengan banyaknya part Hardware yang akan perakit beli, maka pemilihan part yang ramah akan harga adalah pilihan terbaik. Dengan budget terbatas, kita juga bisa merakit PC dengan prosesor murah namun tetap mempunyai performa yang memenuhi aktivitas dan kebutuhan. Penulis merangkum setidaknya 10 prosesor yang dimaksud, simak berikut.

10 Rekomendasi Prosesor Gaming Murah Kere Hore

Untuk lini AMD, ada banyak pilihan prosesor yang sudah memiliki iGPU atau APU, sehingga bisa tetap maksimal untuk kegiatan cukup berat meski tidak adanya VGA Card Eksternal. Sementara untuk Intel, cenderung hemat budget untuk tetap dapat menemani VGA Card level atas. Namun tergantung kebutuhan apa yang kamu cari, silahkan cari salah satu yang cocok:

1. AMD Ryzen 3 3200G

Rekomendasi Prosesor Murah Gaming Pc
Prosesor AMD Ryzen 3 3200G | YouTube Channel: Zach’s Tech Turf

Salah satu resep prosesor gaming PC murah dengan performa yang cukup memenuhi adalah produk generasi ketiga dari AMD Ryzen. Prosesor ini memiliki 4 Core dengan 4 Threads, kemudian berjalan pada kecepatan normal 3.6 GHz yang bisa berjalan pada maksimal 4.0 GHz.

Secara performa single core, prosesor satu ini mungkin tidak memiliki performa yang terbaik untuk kelas harga yang sama. Namun prosesor ini sudah dibekali iGPU dengan kemampuan yang cukup baik, yaitu Radeon Vega 8 Graphics. Dengan demikian maka, kegiatan editing dan juga keperluan gaming kelas menengah atau preset medium sudah cukup terpenuhi.

JANGAN LEWATKAN •
Intel Kenalkan Prosesor Generasi 10 Terbaru Mereka

Jika kamu ingin merakit PC namun tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli GPU eksternal, prosesor inilah yang cocok menjadi alternatifnya. R3 3200G ini sudah memiliki GPU internal dengan performa yang cukup mumpuni, dengan pemanfaatan VRAM total 2 GB.

CPU satu ini memiliki total L2 Chace 2 MB, 4 MB L3 dan 384 KB untuk L1 Chace. Sementara untuk TDP, limitnya ada pada 65 Watt, untuk pabrikasinya adalah berukuran 12 Nanometer.

Bila kamu meragukan performanya, silahkan tonton video-video Benchmark dan game test yang ada pada YouTube. Untuk bermain game-game pada preset medium, seperti PUBG Lite, GTA V, Valorant dan lainnya. Worth it sebagai rekomendasi prosesor gaming PC murah? Ya.


2. AMD Ryzen 3 3100

Rekomendasi Prosesor Murah Gaming Pc 1
Prosesor AMD Ryzen 3 3100 | Eurogamer.net

Jika Ryzen 3 3200G adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin merakit PC tanpa memerlukan GPU Eksternal atau menabung untuk mendapatkannya, maka berbeda dengan R3 3100. CPU satu ini akan lebih worth it untuk kamu yang ingin merakit PC dengan tambahan performa dari GPU eksternal alias VGA Card.

Sebagai sebuah prosesor, performa berdasarkan Benchmark R3 3100 lebih unggul, namun ini akan percuma jika perakit tidak menggunakan GPU Eksternal. Produk AMD satu ini memiliki 4 Core dan 8 Threads, sementara untuk L3 Chace sudah 16 MB, 2 MB L2 dan L1 punya kapasitas 256 KB.

TDP prosesor ini mirip seperti rekomendasi sebelumnya, yaitu 65 Watt. Namun perbedaan yang cukup mencolok, prosesor ini sudah memiliki inti core dengan pabrikasi 7 Nanometer saja, sehingga akan lebih efisien dari beberapa aspek ketimbang Ryzen 3 3200G.

Untuk yang suka Overclocking, kecepatan Ryzen 3 3100 mampu mencapai maksimal pada angka 3.9 GHz. Rasanya akan lebih cocok untuk dikombinasikan dengan GTX 1650 atau GPU dengan performa lebih tinggi. Ini salah satu rekomendasi prosesor gaming PC murah terbaik.


3. Prosesor Gaming PC Murah – Intel i3 3320

Rekomendasi Prosesor Murah Gaming Pc 2
Prosesor Intel Core i3 3320 | Expertreviews.co.uk

Resep satu ini juga sebenarnya mirip dengan daftar kedua, yang mana rakitan dengan CPU satu ini memerlukan dukungan GPU Eksternal. Namun perlu diketahui bahwa prosesor kali ini adalah produknya Intel yang cukup lawas, teknologinya mungkin sudah cukup tertinggal.

JANGAN LEWATKAN •
Generasi ke 11 Prosesor Intel Akan Digunakan Perdana di 30 Laptop Berikut Ini!

Intel i3 3220 masih menggunakan pabrikasi berukuran 22 Nanomenter dengan TDP yang cukup baik yaitu 55 Watt saja. Karena ini merupakan produk rilisan yang cukup lama, Intel sendiri sudah melakukan Discontinued alias tidak memproduksi produk ini lagi.

Kamu tetap bisa mendapatkannya melalui Distributor atau Seller yang masih memiliki stok, atau membelinya dalam keadaan Second. Intel generasi ketiga ini memiliki jumlah Core 2 buah dan punya 4 Threads, dengan kecepatan standar pada 3.30 GHz. Prosesor satu ini tetap punya performa yang kece bila kamu padukan dengan GPU sekelas GTX 1050 Ti atau sedikit lebih tinggi.


4. Intel i3 4160

Rekomendasi Prosesor Murah Gaming Pc 3
Prosesor Intel Core i3 4160 | Newegg.com

Naik satu level, Teknodaim juga merekomendasikan generasi keempat dari lini i3 Intel yaitu i3 4160. Prosesor satu ini juga masih mempunyai inti core berukuran 22 Nanometer dengan TDP 54 Watt serta juga sudah Discontinued. 2 Core dan 4 Threads dari prosesor ini punya kemampuan yang cukup baik jika penggunaannya adalah untuk kebutuhan gaming.

Jika budget kamu kepepet untuk membeli prosesor fresh dengan performa kelas menengah, alternatifnya adalah mencari stok dari i3 generasi keempat satu ini. Ini masuk dalam daftar rekomendasi prosesor gaming PC murah karena berdasarkan pengalaman penulis, dan ini sudah terbilang worth it untuk harganya yang sudah anjlok ketimbang harga pada masanya.

Namun bila kamu ingin prosesor dengan performa yang sedikit lebih ekstrim, mungkin bisa mengambil i3 generasi 8 seperti i3 8100 yang punya performa lebih baik. Prosesor tersebut bisa kamu kombinasikan dengan GT 1030 sehingga menghasilkan performa gaming cukup baik.


5. Intel i5 3470

Rekomendasi Prosesor Murah Gaming Pc 4
Prosesor Intel Core i5 3470 | Newegg.com

Dari i3 kita beralih ke generasi kelima yaitu i5 3470. Dengan harga yang mirip-mirip ini bisa menjadi pilihan terbaik pengganti Intel i3 4160 jika stoknya sudah tidak ada. Sebenarnya tidak terlalu signifikan, namun prosesor ini sudah cukup mumpuni untuk kamu kombinasikan dengan GPU Eksternal dari GTX 1000 Series atau juga RX 560 keatas.

JANGAN LEWATKAN •
Siap Lawan Brand Sebelah, Ini CPU dan GPU Terbaru dari AMD!

i5 3470 memiliki 4 Core dan 4 Threads dengan kecepatan 3.20 GHz untuk frekuensi bawaan. Sayangnya TDP produk Intel satu ini terbilang cukup besar yaitu 77 Watt dengan pabrikasinya yang juga 22 Nanometer. Bila tertarik, ini sangat cocok untuk menjadi bagian resep dari PC rakitan 3 sampai 5 jutaan.


Rakitan PC dengan Ryzen 3 3200G:


6. Prosesor Gaming PC Murah – AMD A8-7650K

1
Prosesor AMD A8-7650K | Tokopedia

Salah satu resep paling mainstream yang biasa digunakan oleh pengusaha warnet adalah menggunakan prosesor rilisan tahun 2015 dari AMD yaitu A8-7650K. Prosesor ini sendiri cukup terjangkau dengan performa yang lumayan bagus, serta sudah punya APU Radeon R7 Graphics.

Dengan bekal 4 Core dan 4 Threads yang beroperasi pada kecepatan 3.3 GHz, rekomendasi prosesor gaming PC murah satu ini sudah termasuk worth it untuk rakitan 2-3 Jutaan. Tapi sayangnya limit TDP prosesor ini cukup tinggi yaitu mencapai 95 Watt dengan pabrikasinya yang masih 28 Nanometer. Tapi untuk rakitan PC Gaming medium, terbilang okelah.


7. AMD Athlon X4 880K

1 1
Prosesor AMD Athlon X4 880K | diengcyber.com

Pada masa sebelum kehadiran Ryzen Series, Atlhon adalah andalan AMD. Produk teratas dari seri Athlon yang tetap mampu bersaing adalah X4 880K, dengan performa yang cukup bagus dan tetap layak menjadi salah satu resep untuk rakitan PC 3-4 Jutaan jaman sekarang.

Penulis Teknodaim menyarankan prosesor ini sebagai rakitan PC untuk kamu kombinasikan dengan GPU eksternal seperti RX 560 atau bisa juga RX 570. Hal ini wajib perakit lakukan karena APU X4 880K sudah kurang mempuni untuk memainkan game-game jaman sekarang, bahkan untuk game lawas sekelas Point Blank.

Athlon X4 880K merupakan salah satu prosesor dengan arsitektur Kaveri dari AMD yang juga menggunakan socket FM2+ sama seperti APU A10-7860K. Prosesor merek merah satu ini memliki empat core dengan kecepatan hingga 4,2 GHz maksimal dengan mode turbo.

JANGAN LEWATKAN •
Cerai dengan Prosesor Intel, Apple Akan Tendang AMD Juga?

8. Prosesor Gaming PC Murah – Intel Pentium G4560

Cpu Gaming Terjangkau
Pentium G4560 | Uae.microless.com

Salah satu prosesor entry-level yang cocok untuk menjadi pilihan penghemat budget adalah Intel Pentium G4560 yang bersaing dengan AMD Athlon GE 200 GE. Untuk dapat membuat rakitan dengan prosesor ini menyala, terdapat Intel HD Graphics 610 sebagai Graphics bawaan.

Ini merupakan salah satu rekomendasi prosesor gaming PC murah yang dapat kamu miliki dengan budget 600 Ribuan bahkan bisa lebih murah untuk produk 2nd alias Second. Kamu bisa memadukan prosesor ini dengan VGA Card sekelas 1050 Ti, dan itu masih optimal.


9. Intel i3 9100F

Cpu Gaming Terjangkau
Generasi 9 Intel Core 3 | Techspot.com

Prosesor tim biru yang rilis bulan April tahun 2019 ini bisa menjadi pilihan seru pengguna kasual yang menginginkan performa cukup powerful untuk range harga bersahabat. Intinya, produsen menghapus iGPU yang bisa melekat pada prosesor Intel sehingga biaya yang bisa disajikan kepada konsumen tentu lebih murah. Sayangnya hal tersebut juga memaksa pengguna harus membeli kartu grafis extra untuk bisa menjalankannya.

Core i3-9100F itu sendiri hadir dengan kekuatan 4 core dan 4 threads, dan punya kecepatan default 3.6 GHz, namun konfigurasi tersebut bisa pengguna dongkrak mencapai 4.2 GHz. Pengguna bahkan akan merasakan bahwa CPU ini jauh lebih kencang ketimbang dengan seri 8100, padahal arsitektur dan spesifikasi secara kertas keduanya hampir mirip.

Rekomendasi prosesor gaming PC murah satu ini ideal untuk menjadi pilihan yang kalau harus mencari saingan sebagai pertimbangan, ada Ryzen 3 3200G. kedua CPU ini juga akan cocok untuk terintegrasi dengan GPU yang seimbang seperti Radeon RX 570.

Intel Core i3-9100F tampaknya bisa memenuhi banyak kebutuhan modern, bahkan untuk pekerjaan yang cukup menuntut sekalipun. Kalau dari data Benchmark Cinebench R20, CPU intel ini jauh lebih baik dibandingkan Ryzen 3 3200G dengan keunggulan hingga 9%.

Sementara untuk pengujian Cinebench R15, Core i3-9100F memiliki kinerja lebih baik dengan sisi keunggulan hingga 11%. Kinerja single core maupun multi core benar-benar memberikan peningkatan yang cukup pesat, bila tertarik prosesor ini juga relatif terjangkau.

JANGAN LEWATKAN •
Produsen PC Berpotensi Ceraikan Prosesor Intel dan AMD, Benarkah?

10. Prosesor Gaming PC Murah – AMD Athlon 300GE

Cpu Gaming Terjangkau
Athlon GE Series | Zach’s Tech Turf (YouTube)

Untuk perakit pemula atau pengguna kasual yang belum memiliki budget dan pengalaman menggunakan GPU eksternal, prosesor dengan APU atau iGPU merupakan satu pilihan yang cocok untuk kamu coba. Selain seri Ryzen dan Athlon X Series tadi, ada pula Athlon 300 GE yang mempunyai kemampuan cukup baik untuk menghandel kegiatan editing dan game ringan.

Prosesor ini memiliki TDP yang cenderung rendah yaitu hanya mencapai 35 Watt saja, kalau tertulis secara kertas. Untuk fabrikasinya adalah 14 nanometer dengan sudah tersedianya iGPU Radeon Vega 3. Sebenarnya prosesor murah meriah biasanya tidak cocok untuk kegiatan gaming.

Namun hal tersebut sudah mulai tertutupi karena berbagai produk seri entry level sudah hadir satu per satu dengan peforma cukup lejit. AMD Athlon 300GE merupakan prosesor kelas entry level dari AMD, turunan dari prosesor Zen dengan fabrikasi 14 Nanometer.

Untuk menjalankan game-game keren seperti GTA-V, PUBG Lite, The Forest, dan Apex Legend masih kuat untuk pengguna mainkan pada resolusi 720 piksel dengan preset low. Selain itu, AMD Athlon 300GE juga memiliki keunggulan khusus dibandingkan prosesor sejenis dengan harga 1 Juta kebawah yaitu sudah bisa kita Overclock.


Itulah tadi sepuluh rekomendasi prosesor gaming PC murah yang bisa Teknodaim bagikan, rasanya untuk kegiatan ringan seperti Multitasking atau sekedar Browsing ini sudah sangat memenuhi. Untuk kegiatan editing tingkat medium kebawah juga sudah cukup terpenuhi.

Semua resep atau saran prosesor yang Teknodaim bagikan akan percuma bila part-part pendukung lain memiliki kualitas yang tidak baik, dalam hal ini termasuk Power Supply, RAM dan tentunya Motherboard. Jadi silahkan pelajari terlebih dahulu, jika kamu adalah pemula.

Mungkin kamu punya resep lain atau saran yang layak menjadi part kombinasi prosesor-prosesor pada daftar, boleh bagikan lewat kolom komentar. Kita bisa berbagi resep atau racikan khas masing-masing, dan semoga bermanfaat.