Teknodaim

    Android Versi 15 Akan Hadirkan Fitur Deteksi Umur Penyimpanan

    Kabar punya kabar, Google akan menghadirkan fitur yang bisa mendeteksi umur penyimpanan internal di Android versi 15.

    Android 15 (gadget - Viva)

    Android 15 (gadget – Viva)

    Selain memberikan informasi tentang keadaan baterai di smartphone, Google tampaknya akan memperkenalkan fitur untuk mendeteksi sisa umur penyimpanan internal melalui pembaruan versi tahun ini, Android versi 15.

    Saat ini, produsen smartphone sedang berusaha keras untuk meningkatkan masa pakai HP agar pengguna tidak perlu melakukan upgrade terlalu sering.

    Perusahaan Google nampaknya menyadari bahwa memberikan informasi lebih kepada pengguna adalah hal yang positif, sehingga pengguna dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti HP mereka.

    Android Versi 15 Akan Hadirkan Fitur Deteksi Umur Penyimpanan
    Android 15 (Eraspace)

    Android versi 15 Dapat mendeteksi sisa umur penyimpanan Internal

    Dalam pembaruan beta terbaru di tahun ini, Google kabarnya akan menambahkan fitur yang memberikan informasi kesehatan tentang penyimpanan internal ponsel. Menurut laporan dari Android Authority, nantinya akan ada aplikasi diagnostik perangkat yang dapat menampilkan informasi kesehatan internal dalam bentuk persentase.

    Pengujian ini sudah dapat dilakukan melalui Android versi 15 Beta 1 yang baru saja rilis. API baru ini sepertinya belum terintegrasi dalam AOSP terbaru. Nampaknya Google sedang berusaha untuk memperpanjang masa hidup penyimpanan internal agar lebih tahan lama.

    BACA JUGA:  Spotify Rilis Fitur Playlist AI, Simak Penjelasannya!

    BACA JUGA:

    Kenapa ini menjadi penting?

    Banyak orang bertanya-tanya mengapa fitur mendeteksi umur penyimpanan di Android versi 15 itu penting. Sebenarnya, komponen penyimpanan internal bisa mengalami penurunan kualitas seiring penggunaannya. Secara singkat, chip UFS dapat kita temukan pada penggunaan penyimpanan internal dengan memiliki kinerja yang sama dengan SSD dan memori non-volatile pada umumnya.

    Jika komponen tersebut terus digunakan, maka kecepatannya akan menurun dan dapat mempengaruhi kinerja smartphone. Misalnya, aplikasi yang kita buka dan kita tutup mengalami lag, serta proses transfer file juga berjalan lambat.

    Dengan adanya informasi terkait kelebihan Android versi 15 ini, menjadikan kita bisa merencanakan kapan sebaiknya mengganti ponsel, bukan? Menurut pendapat kamu, apakah fitur ini akan ada dalam versi final atau justru akan Google batalkan?

    BACA JUGA:  Ini Dia Kekurangan Realme C55 Yang Harus Kamu Pertimbangkan!
    AndroidAndroid 15fiturGooglePendeteksi Umur Penyimpanan

    In This Article

    Related Posts