Horizon OS, Sistem Operasi dari Meta untuk Headset Mixed Reality

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

Meta telah mengembangkan sistem operasi baru yang diberi nama Horizon OS yang penggunaannya untuk headseat mixed reality.

Sebuah sistem operasi baru telah Meta kembangkan untuk headset Mixed Reality yang dengan nama Horizon OS.

Meta mengizinkan pabrikan lain untuk menggunakan lisensi sistem operasi dalam headset mixed reality Quest. Dengan demikian, mereka menjadi seperti Microsoft dalam hal PC.

Baca Juga: Apa Sih Beda Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit Pada Windows?

Pabrikan seperti Lenovo dan Asus dapat menggunakan sistem operasi Horizon OS ini pada headset mixed reality mereka. Mereka bahkan telah membuat Quest khusus untuk bermain game dan dapat dihubungkan dengan Xbox.

Selain itu, mereka juga mendorong adanya toko aplikasi pihak ketiga untuk sistem operasi ini, yang akan meningkatkan jumlah dan variasi aplikasi yang tersedia. Tidak hanya itu, mereka juga mengundang Google untuk membawa Play Store ke sistem operasi tersebut.

Baca Juga: Ini Penjelasan Sistem Operasi HyperOS Pada Poxo X6 Pro 5G!

BACA JUGA:  Ini Dia Kekurangan Ubuntu yang Harus Kamu Ketahui!

Pengembangan Lanjut dari Horizon OS

Horizon OS, Sistem Operasi dari Meta untuk Headset Mixed Reality

Meta sedang mengembangkan sebuah kerangka kerja khusus untuk memudahkan pengembang dalam memindahkan aplikasi mobile mereka ke Horizon OS. Informasi merujuk pada The Verge pada hari Rabu (24/4/2024).

Dalam Horizon OS, Meta juga menyertakan platform “media sosial”. Jadi, produsen yang menggunakan OS ini pada headset mereka juga akan membantu menyebarkan media sosial metaverse tersebut, yang kemudian akan mendapat sebuah pendapatan oleh Meta melalui iklan.

Saat ini, Meta belum memberikan banyak informasi mengenai persyaratan penggunaan lisensi Horizon OS. Informasi saat ini hanyalah bahwa pengguna harus menyediakan media sosial metaverse dan menggunakan chip Qualcomm.

Baca Juga: 10 Sistem Operasi di Smartphone yang Perlu Kamu Tahu!

CEO Meta Mark Zuckerberg mengungkapkan bahwa mereka telah mengembangkan headset ringan yang dapat dipasangkan dengan komputer di meja Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk bekerja dengan efisien di rumah atau di mana pun Anda berada.

BACA JUGA:  Metaverse Menurun, Akhirnya Mark Zuckerberg Lirik AI untuk Menarik Perhatian Publik

Anda juga bisa membayangkan betapa serunya menikmati hiburan yang begitu memikat seperti menonton film dan video dengan menggunakan layar OLED yang memiliki resolusi yang tertinggi,” kata pengguna tersebut.

Hingga saat ini, belum ada tanggapan dari Asus, Lenovo, atau Xbox mengenai peluncuran Horizon OS ini.

Sebenarnya, ini adalah bagian dari rencana besar Zuck untuk Meta agar dapat menciptakan platform yang lebih terbuka daripada Apple. Perilisan ini menunjukkan bahwa Horizon OS memiliki posisi yang serupa dengan Android, dibandingkan dengan Vision Pro yang dikembangkan oleh Apple.

Baca Juga: PlaytronOS, Sistem Operasi Terbaru untuk Konsol Handheld

Horizon OSMetaSistem Operasi

Related Posts