Tips

Tips Membeli iPhone Bekas atau Second Supaya Tidak Ketipu

iPhone mempunyai tingkat ketahanan yang dapat bertahan cukup lama, seperti iPhone X dan iPhone XR yang rilis pada tahun 2018 lalu. Tapi masih sangat bisa dan masih sangat mumpuni untuk dibeli dan dipakai di tahun 2022 ini (4 Tahun kemudian).

Jangankan iPhone baru, iPhone Second sendiri tetap diminati oleh banyak orang sebab memiliki harga yang lebih murah. Misalnya iPhone 12 yang sebelumnya terjual seharga Rp 20 Juta dalam kondisi baru. Sedangkan iPhone 12 dalam kondisi second kini dijual dengan harga yang jauh lebih terjangkau yakni Rp 15 Juta.

Tapi sebelum itu, ketahui beberapa tips beli iPhone bekas atau second yang perlu kamu ketahui agar tidak ketipu.

10 Tips Beli iPhone Second atau Bekas

Beberapa tips yang Teknodaim berikan ini dapat pula digunakan untuk kamu yang ingin membeli iPhone baru. Sebab ada banyak penjual tidak bertanggung jawab yang menjual iPhone baru padahal bekas untuk mendapatkan keuntungan.

1. Cek Apakah iPhone Menyala dengan Benar

tips beli iPhone second
iPhone Booting

Tips beli iPhone second atau bekas pertama yang perlu kamu lakukan ialah memastikan bahwa iPhone menyala dengan benar.

Kamu bisa mencoba mematikan iPhone kemudian menyalakannya lagi, perhatikan apakah iPhone menyala dengan benar atau tidak. Jika saat booting layar iPhone terhenti di logo Apple dan tidak lanjut ke layar Home. Maka kemungkinan besar terdapat kerusakan hardware pada iPhone tersebut.

2. Cek Spesifikasi iPhone

Hal kedua yang wajib untuk kamu lakukan ketika membeli iPhone second ialah mengecek spesifikasi dari iPhone tersebut.

tips beli iPhone second
iPhone | Unsplash

iPhone HDC mungkin dapat meniru bagian tampilan iPhone Original dengan begitu rapi bahkan sampai tidak ada bedanya. Tapi kalau soal spesifikasi, iPhone HDC tidak dapat meniru spesifikasi iPhone Original.

Untuk cara cek spesifikasi iPhone, kamu bisa pergi ke Pengaturan > Pilih Mengenai atau About, kemudian spesifikasi iPhone akan ditampilkan. Pastikan bahwa spesifikasi iPhone sesuai dan benar.

3. Periksa Keadaan Bodi iPhone

tips beli iPhone second
Bodi iPhone

Selain spesifikasi, pastikan pula bodi iPhone dalam keadaan yang bagus, kamu bisa mengecek bagian belakang punggung dan samping iPhone. Jika terdapat lecet, retak atau pecah. Maka sebaiknya kamu pertimbangkan lagi untuk membeli iPhone second yang dijual oleh penjual itu.

4. Pastikan Tombol iPhone Masih Berfungsi

tips beli iPhone second
Tombol iPhone | Apple

Setiap tombol pada iPhone mempunyai fungsi yang penting, baik itu tombol volume, tombol Home (untuk iPhone model Touch ID) dan tombol Power. Pastikanlah semua tombol masih dapat ditekan dan bekerja dengan baik.

5. Pastikan Akun Apple ID Telah Logout

Tips beli iPhone bekas selanjutnya ialah memastikan bahwa Apple ID pada iPhone telah logout.

tips beli iPhone second
Apple ID iPhone | Samir Makwaneh

Untuk yang belum paham, Apple ID adalah sebuah pengoperasian dari sistem UI Apple dimana pengguna dapat mengelola data iPhone melalui Apple ID. Tapi untuk dapat melakukannya pengguna harus login Apple ID terlebih dulu di iPhone tersebut.

Itulah kenapa kalau kamu membeli iPhone second, pastikan terlebih dulu bahwa Apple ID pada akun tersebut sudah melakukan logout. Supaya pengguna sebelumnya tidak dapat mengotak atik iPhone itu lagi.

6. Cek Baterai dan Charger iPhone

iPhone Charging
iPhone Charging | Shutterstock

Kesehatan baterai iPhone second atau bekas pastinya mengalami penurunan performa sebab sudah pernah dipakai oleh pengguna sebelumnya. Selama baterai iPhone masih berada dalam status kesehatan ”Service”, berarti iPhone masih dapat digunakan dengan baik.

Untuk cara cek kesehatan baterai iPhone kamu bisa pergi ke Pengaturan > Baterai, setelah itu tampilan status baterai iPhone akan muncul.

Jangan lupa pula untuk tes charger iPhone apakah baterainya mengisi atau tidak, pastikan kamu menggunakan charger yang bagus ya.

7. Cek Kamera iPhone

Kamera iPhone
Kamera iPhone | IDN Times

Kamera merupakan bagian penting dari sebuah iPhone terutama bagi kamu yang sering mengambil foto atau selfie.

Kamu bisa mengecek kamera iPhone dengan mencoba mengambil beberapa gambar atau video. Kemudian lihat hasil tangkapan kamera tersebut, jika terlihat bersih dan tidak ada noda, maka kamera iPhone dalam keadaan bagus.

8. Periksa Layar iPhone

tips beli iPhone second
Kondisi layar iPhone | Asia Insider

Layar juga menjadi salah satu komponen paling penting pada iPhone, jika layar mengalami gangguan atau rusak. Maka iPhone akan susah untuk digunakan karena semua perintah pengguna kebanyakan dilakukan melalui layar.

Periksalah kondisi layar iPhone second terlebih dulu, mulai dari bagian luar cek apakah ada noda atau kotoran. Kemudian coba hidupkan dan perhatikan tampilan layarnya apakah ada seperti garis-garis atau tidak.

9. Periksa Microphone dan Speaker iPhone

tips beli iPhone second
iPhone 12 Mini | YouTube: George Buhnici

Tips beli iPhone second berikutnya ialah periksa kualitas Microphone dan Speaker iPhone apakah bagus atau tidak. Sebab jika Microphone atau Speaker tidak berfungsi dengan baik, maka kamu tidak akan bisa melakukan panggilan telepon dengan lancar.

Kemudian coba pula gunakan Headset untuk mengecek apakah lubang colokan kabelnya bermasalah atau tidak.

10. Pastikan iPhone dapat Terhubung ke WiFi, Bluetooth dan lain-lain

Tips beli iPhone second yang terakhir ialah memastikan bahwa iPhone dapat terhubung ke jaringan WiFi, Bluetooth dan lain-lain.

tips beli iPhone second
iPhone Terhubung ke WiFi

Hal ini perlu untuk kamu perhatikan sebab iPhone second yang beredar di Indonesia setidaknya ada 3 jenis yaitu iPhone Original, iPhone BM (Black Market) dan iPhone HDC.

Diantara ketiga jenis iPhone tersebut, iPhone BM dan iPhone HDC sangat wajib untuk kamu hindari. Sebab sering menyebabkan masalah mulai dari iPhone BM yang biasanya tidak dapat menggunakan kuota internet dan hanya dapat terhubung ke WiFi. Sebab tidak terdaftar secara resmi.

Kemudian iPhone HDC adalah jenis iPhone palsu yang sangat mirip seperti iPhone Original. Bahka mungkin tidak dapat dilihat perbedaannya kalau hanya melihat dari segi bagian tampilan saja.

Cara paling efektif untuk membedakan iPhone Original dan iPhone HDC ialah dengan mengecek spesifikasinya. Sebab iPhone HDC tidak dapat meniru spesifikasi iPhone Original.

Baca juga:


Demikian itulah tadi informasi terkait 10 tips beli iPhone second atau bekas yang dapat Teknodaim berikan. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

Related Posts