HP Jatuh Ke Air? Berikut Tips Aman Mengeluarkan Air dari HP

Hervi Nurul

Hervi Nurul

Jika HP Anda terkena hujan atau terendam di air, tidak perlu panik. Sebaliknya, ada beberapa tips untuk mengeluarkan air dari HP dengan cepat dan efektif.

HP Jatuh Ke Air? Berikut Tips Aman Mengeluarkan Air dari HP

HP Jatuh Ke Air? Berikut Tips Aman Mengeluarkan Air dari HP

Jika HP Anda terkena hujan atau terendam di air, tidak perlu panik. Sebaliknya, ada beberapa tips untuk mengeluarkan air dari HP dengan cepat dan efektif.

Metode ini dapat digunakan untuk segala jenis ponsel, terutama jika pengguna menggunakan sistem operasi Android. Metode ini melibatkan serangkaian langkah yang meliputi membersihkan bagian fisik ponsel dan menggunakan aplikasi tambahan.

Air yang memasuki bagian dalam komponen elektronik ponsel dapat menyebabkan terjadinya hubungan pendek. Akibatnya, ponsel dapat mengalami gangguan dalam kinerjanya.

HP Jatuh Ke Air? Berikut Tips Aman Mengeluarkan Air dari HP
Tips HP Jika Kemasukan Air

Tips Mengeluarkan Air dari HP

Setelah ponselmu terkena air, sangat penting untuk memastikan bahwa ponselmu benar-benar kering sebelum kamu gunakan kembali. Hal ini terutama berlaku jika smartphone-mu tidak memiliki sertifikat tahan air dan udara.

BACA JUGA:  Fitur Baru WhatsApp 'Share Screen' Saat Video Call, Begini Cara Pakainya!

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengeringkan ponselmu.

Menggunakan Handuk

Metode ini mungkin tidak sepenuhnya efektif dalam mengeluarkan air dari ponsel. Namun, dengan mengelap ponsel yang terendam air, hal ini dapat membantu mengeringkan bagian luar ponsel dengan lebih cepat dan mengurangi risiko air kembali masuk ke dalamnya.

Langkah pertama dalam membersihkan ponsel adalah menggunakan handuk yang memiliki kemampuan menyerap air dengan baik. Penting untuk menghindari dorongan atau gesekan pada handuk karena hal tersebut dapat menyebabkan cairan masuk ke dalam ponsel.

Ada kemungkinan bahwa kamu harus membersihkan bagian-bagian yang tak terlihat. Tujuannya adalah agar lebih banyak air menempel pada handuk daripada masuk ke dalam ponsel.

Menggunakan kipas angin

Salah satu opsi yang mungkin kamu pertimbangkan untuk mengeringkan air pada HP adalah dengan menggunakan hair dryer. Namun, perlu kamu ingat bahwa metode ini sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada ponsel.

BACA JUGA:  Link Download Wallpaper iOS 15 Terbaru 2022, Full HD Untuk iPhone dan Android

Hal ini karena adanya peningkatan suhu dari penggunaan hair dryer. Jika tidak ada alternatif lain, kami sarankan untuk menggunakan kipas angin saja. Untuk melakukannya, letakkan telepon di atas handuk yang kering atau permukaan yang dapat menyerap kelembapan.

Atur posisi kipas agar mengarah ke seluruh permukaan telepon. Semakin kuat angin yang kipas angin hasilkan, semakin baik efeknya. Setelah itu, ponsel harus kamu biarkan mati selama minimal 48 hingga 72 jam. Tujuannya adalah agar air benar-benar keluar dari ponsel dan diserap oleh handuk.

Menggunakan silica gel

Ada beberapa orang yang mungkin akan menyarankan untuk menempatkan ponsel yang basah ke dalam beras. Alasannya adalah beras memiliki kemampuan untuk menyerap air yang masuk ke dalam smartphone. Namun, pernyataan ini tidak sepenuhnya akurat.

Jika Anda memutuskan untuk menempatkan ponsel Anda dalam beras sebagai upaya untuk mengeluarkan air, Anda sebenarnya berisiko membuat ponsel Anda terkena debu. Hal ini karena beras memiliki partikel-partikel halus yang mudah masuk ke dalam ponsel.

BACA JUGA:  Harga Xiaomi Lotso, Ponsel Edisi Spesial dan Terbatas

Sebaiknya menggantikan penggunaan beras dengan silica gel yang dirancang khusus untuk menyerap kelembapan. Jika memungkinkan, ponsel sebaiknya direndam dalam silica gel untuk jangka waktu tertentu agar bisa dikeringkan sepenuhnya.

Baca juga:

AndroidHPHP Kena AirHP RusakTips

Related Posts