Cara Merawat Tripod Agar Tetap Awet dan Berfungsi dengan Baik

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Berikut ini cara merawat tripod yang bisa kamu terapkan agar tripod terawat dengan baik dan dapat kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Cara Merawat Tripod (pro Edu)

Cara Merawat Tripod (pro Edu)

Tripod adalah perangkat yang sangat penting dalam dunia fotografi untuk menciptakan gambar yang lebih stabil. Saat ini, tidak hanya fotografer profesional yang memiliki tripod, tetapi juga banyak masyarakat umum yang menggunakan perangkat ini.

Tripod berguna untuk keperluan konten foto dan video, maupun hanya untuk memposting di media sosial.

Tripod bisa saja mudah rusak karena penggunaannya di berbagai kondisi seperti tanah, batu, lumpur, air, atau pasir. Oleh karena itu, perawatan yang baik kita perlukan agar tripod tetap awet dan berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa cara merawat tripod agar tidak mudah rusak. Lanjutkan membaca!

Cara Merawat Tripod Agar Tetap Awet dan Berfungsi dengan Baik
Cara merawat tripod (The New York Times Company)

Pastikan untuk membersihkan tripod setelah digunakan

Cara merawat tripod yang pertama, kami sarankan untuk secara teratur membersihkan tripod. Setelah selesai memotret, segera bersihkan tripod dari debu, kotoran, atau air yang menempel. Gunakan kain lembut, kuas lembut, atau tisu basah untuk membersihkan bagian-bagian tripod.

BACA JUGA:  5 Aksesoris Content Creator untuk Meningkatkan Kualitas

Apabila tripod terkena air laut, segera bilas dengan air segar agar tidak terjadi korosi. Setelah itu, keringkan tripod dengan kain atau lap yang kering hingga benar-benar kering sebelum kita simpan. Dengan melakukan pembersihan secara teratur, tripod akan lebih tahan lama dan selalu nampak menarik.

Berikan pelumas pada bagian yang dapat bergerak

Untuk menjaga tripod agar tidak berkarat, aus, atau macet, penting untuk melumasi bagian yang sering bergerak seperti engsel, pengunci, atau ulir secara berkala. kamu dapat menggunakan pelumas khusus untuk tripod seperti WD-40 atau oli mesin jahit. Namun, hindarilah penggunaan pelumas umum yang dapat merusak material pada tripod.

Cara merawat tripod yang satu ini tujuannya untuk memastikan bagian yang bergerak tetap lancar, kamu perlu meneteskan pelumas secukupnya dan menggerakkannya beberapa kali agar pelumas merata.

Setelah itu, lap kelebihan pelumas menggunakan kain hingga bersih. Penting untuk membersihkannya, karena jika tidak, cairan tersebut dapat mengotori tripod dan membuat kamu merasa tidak nyaman.

BACA JUGA:

BACA JUGA:  5 Rekomendasi Kursi Gaming Berkualitas dan Murah

Sebelum menggunakan, pastikan untuk memeriksa kondisinya terlebih dahulu

cara merawat tripod berikutnya adalah jangan pernah lupakan untuk selalu memeriksa kondisi tripod sebelum dan setelah menggunakannya untuk kegiatan fotografi. Pastikan untuk memeriksa apakah ada bagian yang rusak, kendur, atau bahkan hilang.

Pastikan juga bahwa kaki tripod dapat kamu tarik dan kamu kunci dengan kuat, kepala tripod dapat kamu putar dan kamu kencangkan dengan baik, dan piringan kamera dapat kamu lepas-pasang dengan mudah.

Apabila tripod mengalami kerusakan yang dapat membahayakan ponsel atau kamera, sebaiknya tidak kamu gunakan. Lebih baik memperbaikinya terlebih dahulu atau membeli tripod baru agar perangkat tidak jatuh dan rusak.

Simpan tripod di tempat yang tidak lembab dan memiliki suhu yang rendah

Untuk menjaga tripod agar tetap aman dan tidak rusak, sebaiknya kamu simpan di tempat yang kering dan sejuk. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti menggunakan tas atau koper khusus untuk tripod, atau membungkusnya dengan kain atau plastik agar terlindungi dari debu dan benturan.

Pastikan juga untuk tidak menyimpan tripod di tempat yang panas, lembab, atau terkena sinar matahari langsung.

BACA JUGA:  Begini Cara Berbagi To Do List di Aplikasi Microsoft To Do

Ketika kamu hendak membawa tripod, penting untuk memperhatikan keamanannya saat melakukan packing. Pastikan untuk menggunakan tas atau kantong pelindung yang telah memiliki rancangan khusus agar tripod tetap terlindungi dengan baik selama perjalanan.

Gunakan tripod dengan cara yang tepat

Cara merawat tripod selanjutnya yaitu penggunaan tripod harus dilakukan dengan bijaksana sesuai dengan kemampuan dan fungsi tripod itu sendiri. Tripod untuk HP umumnya bisa digunakan untuk semua jenis HP karena ukurannya hampir sama.

Namun, tripod khusus untuk kamera harus kamu sesuaikan dengan ukuran dan beratnya. Jangan membebani tripod dengan kamera atau lensa yang terlalu berat, dan hindari meletakkan barang lain di atas tripod.

Saat menggunakannya, penting bagi kamu untuk berhati-hati. Jangan sampai tripod terbentur atau jatuh agar tidak merusaknya, membuatnya bengkok, atau bahkan patah.

Harga tripod bisa berbeda-beda, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Hal ini tergantung pada kualitas dan merek tripod itu sendiri. Meskipun kamu membeli tripod yang mahal dan berkualitas, jangan menggunakannya secara sembarangan karena kamu yakin tripod tersebut tidak mudah rusak.

Sebaliknya, kamu perlu menerapkan lima tips sebelumnya agar tripod kamu lebih tahan lama dan dapat kamu gunakan dengan baik.

Penutup

Nah, itulah cara merawat tripod dengan baik dan benar agar tripod kesayangan kamu tidak mudah rusak dan dapat kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. Yuk, ikuti terus Teknodaim untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

aksesorisCaraCara merawat tripodTipsTripod

Related Posts