Planet Venus dan Serba-Serbi Permukaannya, Yuk Intip!

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

PAda artikel kali ini penulis akan membahas mengenai planet venus beserta karakteristiknya.

Planet Venus (chron.com)

Planet Venus (chron.com)

Planet Venus merupakan planet kedua yang mengelilingi Matahari. Planet ini sering kita sebut sebagai saudara kembar Bumi karena memiliki karakteristik yang hampir mirip, seperti ukuran, massa, kepadatan, komposisi, dan gravitasi.

Meskipun bukan planet yang terletak paling dekat dengan Matahari, Venus memiliki atmosfer yang padat yang menyebabkan efek rumah kaca dan menyimpan panas, menjadikannya planet yang paling di tata surya. Sebagai hasilnya, suhu di planet Venus mencapai 471 derajat Celcius. Suhu ini sangat tinggi sehingga mampu melelehkan timah.

Planet Venus dan Serba-Serbi Permukaannya, Yuk Intip!
Planet Venus (Indiatimes)

Baca Juga:

Permukaan Planet Venus

Permukaan Venus sangatlah panas dan tidak memiliki air yang cukup. Mayoritas luas permukaannya terdiri dari dataran yang memiliki berbagai bukit dan bukit kecil.

BACA JUGA:  Baterai Lithium Metal Anode Sebuah Inovasi Baru untuk Elektronik

Planet Venus memiliki beberapa wilayah dataran yang luas dan dua wilayah puncak yang juga luas, dengan ukuran sekitar sama dengan Australia dan Amerika Selatan.

Planet ini memiliki beberapa gunung, yang mayoritas permukaannya terdiri dari aliran lava yang sudah tua. Salah satu gunung tertingginya adalah Maxwell Montes, dengan ketinggian lebih dari 11,26 km, melebihi tinggi Gunung Everest.

Venus memiliki sedikit kawah karena mayoritas meteor terbakar di atmosfer yang padat, dan sebagian besar kawah meteor yang ada tersembunyi di bawah aliran lava.

Venus memiliki beberapa karakteristik permukaan yang unik dan berbeda dengan Bumi. Salah satunya adalah adanya korona atau mahkota, yaitu struktur cincin dengan lebar antara 155 hingga 2.100 km.

Ahli ilmu pengetahuan meyakini bahwa korona Venus terbentuk ketika materi panas di bawah lapisan kerak planet naik ke atas dan menyebabkan permukaan planet melengkung.

BACA JUGA:  Kehancuran Bumi, Berapa Lama Lagi Kita Akan Tinggal?

Venus juga memiliki bagian tertentu yang lebih tinggi, yang terdiri dari banyak gunung dan lembah yang terbentuk dalam arah yang berbeda.

Para ilmuwan menghadapi kesulitan dalam melihat permukaan Venus karena atmosfernya yang tebal. Namun, mereka dapat menggunakan radar untuk menembus atmosfer tersebut dan memperoleh gambaran tentang keadaan permukaannya.

Baca Juga:

Luar AngkasaPlanetPlanet VenusSainsTata Surya

Related Posts