Begini 11 Jenis Algoritma Dalam Pemrograman Komputer

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Ada jenis-jenis algoritma yang cukup beragam. Bahkan, memiliki kegunaan dan perannya masing-masing. dalam pemrograman komputer.

Begini 11 Jenis Algoritma Yang Pelru Kamu Ketahui (analytics India Magazine)

Begini 11 Jenis Algoritma Yang Pelru Kamu Ketahui (analytics India Magazine)

Algoritma bisa kita katakan adalah metode atau langkah-langkah dalam memecahkan masalah di dunia pemrograman komputer. Selain itu, algoritma juga dapat kita temukan di kehidupan sehari-hari. Dalam pemrograman komputer juga terdapat beragam jenis-jenis algoritma yang programmer gunakan. Berikut jenis-jenis algoritma yang perlu kamu ketahui:

Begini 11 Jenis Algoritma Dalam Pemrograman Komputer
Begini 11 Jenis Algoritma Yang Pelru Kamu Ketahui (EDUCBA)

Algoritma Brute Force

Jenis Algoritma Brute Force adalah metode yang sangat sederhana dan langsung dalam menyelesaikan suatu masalah. Dalam penggunaan algoritma ini, kita mencoba semua solusi yang mungkin secara sistematis untuk masalah yang sedang kita hadapi.

Dalam konteks ini, kita tidak mengandalkan pengetahuan spesifik tentang masalah tersebut untuk mengurangi jumlah solusi yang perlu kita uji. Istilah “brute force” merujuk pada pendekatan yang kasar dan tanpa strategi cerdas.

Jenis Algoritma Rekursif

Algoritma rekursif adalah suatu pendekatan dalam menyelesaikan masalah dengan membagi masalah yang besar menjadi masalah yang lebih kecil yang serupa, dan mengulangi proses yang sama pada masalah yang lebih kecil tersebut hingga mencapai suatu kondisi dasar atau terminasi.

BACA JUGA:  5 Rekomendasi PC yang Ideal Untuk Pekerja Kantoran

BACA JUGA:

Algoritma Enkripsi

Jenis Algoritma enkripsi merupakan langkah-langkah untuk melindungi data dengan mengubah teks atau informasi yang belum di-enkripsi (plaintext) menjadi bentuk yang tidak dapat kita mengerti atau kita baca (ciphertext) menggunakan metode khusus.

Algoritma enkripsi bertujuan untuk melindungi kerahasiaan dan keamanan informasi saat sedang mengirim, menerima, atau menyimpan di media penyimpanan.

Jenis Algoritma Backtracking

Metode yang berguna untuk menyelesaikan masalah dengan mencoba semua kemungkinan solusi secara sistematis yang mana dapat kita sebut dengan pemecahan masalah secara sistematis.

Namun, jika pada saat mencari solusi terjadi kegagalan atau terdapat bahwa solusi yang sedang diuji tidak memenuhi kriteria yang telah ditentukan, maka algoritma akan kembali ke tahap sebelumnya dan mencoba solusi alternatif.

Algoritma Pencarian

Jenis Algoritma ini berfungsi untuk mencari tujuan tertentu dalam sekelompok data, sehingga memudahkan pengambilan informasi secara efisien dari himpunan data yang telah diatur atau tidak diatur.

BACA JUGA:  6 Rekomendasi Pasta Prosesor Terbaik untuk PC dan Laptop

BACA JUGA:

Jenis Algoritma Pengurutan atau Sorting

Pengurutan algoritma adalah cara atau teknik yang berfungsi untuk mengatur elemen-elemen dalam kumpulan data atau array menjadi urutan tertentu, seperti urutan angka, urutan huruf, atau kriteria lainnya.

Algoritma pengurutan memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan tata letak data agar pengaksesan atau pencarian data dapat lebih efisien dalam pelaksanaannya.

Algoritma Hashing

Jenis Algoritma Hashing merupakan suatu metode yang berguna untuk mengubah data (umumnya berupa teks atau angka) menjadi nilai hash, yakni nilai tetap yang secara khusus merepresentasikan data tersebut.

Proses hashing memiliki tujuan untuk menghasilkan nilai hash yang dapat kita percaya dan efisien dalam pengidentifikasian data. Dengan begitu, dapat kita gunakan dalam berbagai aplikasi, seperti penyimpanan data, pengindeksan, verifikasi integritas data, dan keamanan.

Algoritma Divide and Conqure

Membongkar masalah yang rumit menjadi masalah-masalah yang lebih kecil, menyelesaikannya secara terpisah, dan kemudian menggabungkan solusinya untuk mengatasi masalah utama dengan cara yang efektif.

BACA JUGA:  Mengenal Bahasa Pemrograman Dan Tips Mempelajarinya

BACA JUGA:

Jenis Algoritma Greedy

Algoritma Greedy adalah tipe algoritma yang berguna untuk memecahkan masalah optimasi dengan mencari solusi terbaik atau yang paling dekat dengan solusi terbaik dalam situasi yang spesifik.

Pendekatan ini bertumpu pada pengambilan keputusan yang paling menguntungkan pada setiap tahap langkah untuk mencapai solusi akhir yang kita inginkan. Algoritma Greedy menggunakan langkah-langkah kecil yang terlihat paling menguntungkan pada saat itu tanpa memperhatikan konsekuensi jangka panjang.

Algoritma Pemrograman Dinamis

Jenis Algoritma Pemrograman Dinamis adalah suatu metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah optimasi dengan membaginya menjadi beberapa masalah yang lebih kecil. Solusi dari setiap masalah kecil tersebut kemudian kita simpan agar perhitungan yang tidak perlu dapat kita hindari.

Jenis Algoritma Random

Algoritma jenis ini bergantung pada unsur keacakan dalam pengambilan keputusan atau komputasi. Ini berarti algoritma ini menggunakan elemen keacakan atau “acak” dalam langkah-langkahnya untuk menghasilkan solusi atau hasil yang dapat berbeda setiap kali algoritma dijalankan.

Itulah jenis-jenis algoritma dalam pemrograman komputer yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi di atas dapat memberikan insight baru buat kamu. Yu, ikuti terus Teknodaim untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

AlgoritmaEduJenis-Jenis AlgoritmaKomputerPemrograman

Related Posts