menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comSainsMengenal Hacker, Tujuan dan Faktor Pendorong Kegiatan Mereka

Mengenal Hacker, Tujuan dan Faktor Pendorong Kegiatan Mereka

Mengenal apa itu hacker by teknodaim

Jika ditanya soal apa itu Hacker, orang-orang pasti akan menjawab kalau mereka adalah pelaku peretasan yang bisa mencuri uang di Bank. Kebanyakan tanggapan yang ada di publik memang seperti itu, kira-kira kalau menurut kamu apa?

Oke, mungkin Hacker secara garis besar memang pantas disebut sebagai peretas yang diidentifikasi sebagai pelaku kegiatan Cybercrime seperti pembobolan situs, akun rekening dan sebagainya. Namun ada makna lain yang jarang diketahui.

Hacker Bukan Berarti Selalu Meretas

Sebenarnya, Hacker adalah istilah untuk menyebut seseorang atau kelompok yang memiliki keahlian di bidang sistem keamanan dan juga pandai dalam mengotak-atik kode dan bahasa pemrogaraman. Hacker bukan hanya Black loh.

Para penjaga keamanan situs pemerintah, platform-platform milik raksasa teknologi atau ahli IT itu juga bisa disebut sebagai seorang Hacker. Jadi disini seharusnya Hacker tidak boleh hanya dianggap sebagai pelaku kejahatan saja.

Mengenal apa itu hacker by teknodaim
Foto Ilustrasi Hacker | Course.net

Hacker adalah orang-orang yang sudah terlatih untuk membuat, mengubah, memanipulasi dan bahkan mengekspoitasi sistem dan program sesuai dengan tujuannya sendiri. Jadi mau dia apakan kemampuan dia, tergantung tujuan Hacker.

JANGAN LEWATKAN •
Hacker Bikin "Apple Support Palsu" Untuk Curi Data Pengguna iPhone 12

Bug Bounty atau pencari celah (Bug) juga termasuk kategori Hacker, karena mereka bisa memasuki sistem atau sesuatu yang sulit dilakukan oleh orang biasa apalagi orang awam. Ahli pemrograman atau jago Coding juga termasuk Hacker dong.


Baca Juga: 5 Tingkatan Hacker Pelaku Cybercrime yang Harus Dihindari


Jenis-Jenis Hacker?

Untuk meluruskan presepsi kamu yang hanya menggap Hacker sebagai pelaku kriminal atau orang jahat, pahami jenis-jenis mereka yang punya tujuan beda-beda berikut:

Black Hat Hacker: Golongan Hacker yang punya tujuan jahat untuk memanipulasi atau memanfaatkan celah pada sistem keamanan.

White Hat Hacker: Golongan Hacker yang beroperasi untuk mencari celah dan keamanan program, yang kemudian dilaporkan kepada pemiliknya.

Grey Hat Hacker: Yang ini agak sedikit ambigu tujuannya, karena Golongan ini seperti berdiri dibatas antara hitam dan putih. Grey Hat Hacker bisa melakukan peretasan atau melakukan aktivitas Hacking yang positif seperti White Hat.

JANGAN LEWATKAN •
Soal Data COVID-19 Indonesia yang Dicuri Hacker, Gimana Sekarang Nasibnya?

Kang Duplikat

Script Kiddie Hacker: Tingkatan Hacker yang satu ini adalah tipe atau peretas yang masuk dalam kategori Newbie alias pemula. Kebanyakan sih, tipe seperti mereka ini melakukan percobaannya dan sering Show Off.

Aksi peretasan yang dilakukan pun terbilang ringan, karena yang masih tergolong Script Kiddies adalah para pemula yang melakukan aktivitas peretasan dengan mengandalkan program, tools atau skrip yang sudah dibuat Hacker terdahulu.

Hacktivist Hacker: Jenis terakhir ini merupakan yang paling mengerikan. Golongan ini adalah mereka-mereka yang menggunakan kemampuannya untuk menyebarluaskan pesan atau peringatan. Entah itu soal sosial, politik, agama dan lainnya.


Sekarang secara garis besar, sudah paham mengenai apa itu Hacker yang sebenarnya? Semoga pembahasan ini bisa mengedukasi kamu supaya bijak dalam memanfaatkan kemampuan. Karena Hacker biasanya belajar secara Autodidak.

Tambah Komentar