menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comHardwareMengenal Apa itu RAM dan ROM Serta Perbedaannya

Mengenal Apa itu RAM dan ROM Serta Perbedaannya

Mengenal Apa Itu Ram Dan Rom, Fungsi Dan Perbedaan Keduanya.

Pernahkah kamu mengetahui apa itu RAM dan ROM, apa fungsinya dan apa sih perbedaan antara kedua komponen perangkat digital tersebut? Sebagian dari kalian mungkin sudah paham dan sebagian belum. Nah, pada pembahasan kali ini Teknodaim akan membahas Pengertian, fungsi hingga perbedaan RAM dan ROM tersebut.

Bisa dibilang RAM dan ROM merupakan komponen penting dalam perangkat yang memiliki peran dan fungsi penting layaknya prosesor atau GPU. Bedanya Hardware satu ini berfungsi untuk menampung sebuah data aplikasi lalu menyimpannya pada tempat tertentu secara sementara dan permanen. Agar lebih paham, kamu bisa simak pembahasan berikut ini menurut beberapa referensi yang tertera.

Mengenal Apa itu RAM

Mengenal Apa Itu Ram Dan Rom Fungsi Dan Perbedaan Keduanya.
Tumpukan Hardware | Pixabay

Random Access Memory atau singkatan yang sering kita sebut yaitu RAM, adalah tempat penyimpanan sementara pada perangkat yang isinya dapat pengguna akses dalam waktu yang tetap, penyimpanan data tersebut bisa terletak dalam memori internal dan bisa juga terletak secara acak menurut sistem aplikasinya.

JANGAN LEWATKAN •
Banyak yang Belum Tahu, Apa sih Perbedaan RAM dan ROM?

Fungsi dari sebuah RAM yaitu untuk mempercepat pemrosesan data pada sebuah perangkat. Jadi semakin besar kapasitas RAMnya, maka semakin cepat pula perangkat tersebut memproses sebuah sistem task. Contohnya, Saat kamu melakukan Multitasking baik pada komputer maupun ponsel. Apabila Kapasitas RAMnya tinggi, maka proses ketika berpindah dari aplikasi ke aplikasi lainnya tidak akan menjadi ringan dan cepat. Begitu pula sebaliknya.

RAM sendiri terbagi menjadi 4 Struktur, yakni sebagai berikut:

  • Input Storage, berfungsi sebagai penampung melalui masukan dari alat input.
  • Program Storage, berfungsi sebagai penyimpan intruksi program yang sudah kamu akses.
  • Working Storage, berfungsi untuk menyimpan data yang sudah kamu kerjakan.
  • Output Storage, berfungsi untuk menampung hasil akhir dari data yang nantinya akan ditampilkan ke perangkat output.

Dan ada juga 4 Jenis RAM yang memiliki tugas masing-masing:

  • RAM merupakan jenis memori yang bertugas secara berkala dan harus mendapatkan penyegaran sistem oleh CPU agar data yang tersimpan tidak hilang.
  • SDRAM merupakan jenis memori yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun sudah tersinkronisasi dengan sitem clock sehingga memiliki kecepatan yang lebih tinggi.
  • RDRAM merupakan jenis memori yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM, yang biasa pengguna gunakan sebagai partner prosesor pentium 4 keatas.
  • SRAM merupakan jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU dan memiliki kecepatan yang lebih tinggi lagi daripada DRAM dan SDRAM.
JANGAN LEWATKAN •
Update Harga GTX 1650 Super Menjelang Akhir Tahun 2020, 2 Sampai 3 Jutaan!

Mengenal Apa itu ROM

Mengenal Apa Itu Ram Dan Rom Fungsi Dan Perbedaan Keduanya.
Komponen ROM Pada Perangkat Komputer | Pinterest

Menurut Wikipedia, Read Only Memory alias ROM adalah salah satu memori yang dalam suatu perangkat digital dan bersifat permanen, yang artinya program data yang tersimpan dalam ROM tidak mudah hilang walaupun power perangkat tersebut dalam keadaan mati.

ROM mempunyai fungsi sebagai media penyimpanan firmware, yaitu sebagai software yang berkaitan dengan Hardware. Contohnya yaitu mekanisme dari BIOS (Basic Input Output System) yang mana bila menggunakan ROM yang besar, maka dapat memuat prosesnya menjadi lebih legit tanpa harus menunggu penyimpanan data lainnya. Dengan demikian, dapat menghemat waktu luangmu.

ROM sendiri mempunyai 4 jenis, yakni sebagai berikut:

  • Mask ROM, yaitu ROM yang tidak bisa ditulis ulang (non-flashable) sehingga tidak dapat pengguna upgrade.
  • PROM merupakan sebuah chip memori yang hanya dapat diisi data satu kali saja. Jadi, sekali saja sebuah program ke dalam PROM, maka program tersebut akan berada pada PROM untuk seterusnya.
  • EPROM merupakan memori yang dapat pengguna program ulang dan hapus secara sementara dan permanen.
  • EEPROM merupakan memori tipe khusus yang bisa pengguna hapus dengan menggunakan perintah elektris atau melalui sistem.
JANGAN LEWATKAN •
10 Rekomendasi Merek RAM Terbaik Untuk Laptop dan PC

Perbedaan RAM dan ROM

Mengenal Apa Itu Ram Dan Rom, Fungsi Dan Perbedaan Keduanya.
Ilustrasi RAM VS ROM | Allabouteng

Walaupun berstatus sama sebagai penyimpan data, keduanya punya cara kerja dan fungsi yang berbeda. Yakni ROM adalah tempat untuk menyimpan data internal yang juga bisa untuk menjalankan sistem operasi dan sistem lainnya. Sedangkan RAM identik dengan memori utama perangkat yang berperan dan memiliki tugas untuk menjalankan suatu program.

RAM dan ROM ini memiliki peran penting yang saling berkaitan terhadap penyimpanan pada suatu perangkat. Jadi jangan pernah menganggap sepele kedua komponen ini. Meskipun perangkatmu mempunyai ruang penyimpanan ROM yang besar, hal tersebut menjadi percuma apabila kapasitas RAMnya tidak seimbang dan kompatibel. Ujung-ujungnya nantinya perangkat kamu tidak bisa membuka lebih dari satu aplikasi.


Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu RAM dan ROM, fungsi dan perbedaan keduanya. Kalau kamu punya pertanyaan atau informasi lebih lanjut, bisa langsung aja tulis di kolom komentar yang sudah Teknodaim sediakan.


Tambah Komentar