Keuntungan dan Kelemahan TN Panel, Si Punya Harga Terjangkau

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Apakah kamu ingin membelli monitor dengan TN Panel? Pertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya!

Kelebihan Dan Kekurangan Tn Panel (greenlight Itc)

Kelebihan Dan Kekurangan Tn Panel (greenlight Itc)

Sebelum membeli monitor, laptop, atau televisi, penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan kelemahan panel layarnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu panel layar TN, serta kelebihan dan kelemahannya.

Panel layar merupakan komponen utama yang tak terpisahkan dalam monitor, laptop, atau televisi. Terdapat berbagai jenis panel layar yang dapat kita temui di pasaran, seperti panel TN (Twisted Nematic), IPS (In-Plane Switching), VA (Vertical Alignment), dan OLED.

Masing-masing jenis panel layar memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, sehingga pemilihan yang tepat bergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna.

Keuntungan dan Kelemahan TN Panel, Si Punya Harga Terjangkau
Kelebihan dan Kekurangan TN Panel (Situs EXTRA Computer GmbH)

Pada kesempatan ini, kami akan mengupas tentang panel layar TN, yang merupakan salah satu jenis panel layar yang dapat kita jumpai pada perangkat monitor, laptop, dan televisi. Kami akan menjelaskan pengertian, kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu TN Panel?

TN Panel adalah salah satu jenis panel yang dapat kita temui pada monitor, laptop, dan televisi. Panel ini menggunakan cairan kristal yang diputar oleh medan listrik untuk mengatur pencahayaan pada layar.

Kelebihan utama dari panel TN adalah kecepatan tanggapnya yang tinggi dan harganya yang lebih terjangkau jika kita bandingkan dengan IPS atau VA.

BACA JUGA:

Kelebihan TN Panel

1. Respons yang Cepat

Salah satu keunggulan utama dari panel ini adalah kecepatan respons yang tinggi. Respons waktu mengacu pada waktu yang dibutuhkan oleh piksel untuk berubah warna di layar.

Panel layar ini mampu memberikan respons waktu yang sangat cepat, sehingga cocok untuk aplikasi yang membutuhkan respons yang cepat, seperti permainan atau aplikasi dengan kebutuhan respons yang tinggi.

2. Harga yang Terjangkau

Panel layar ini memiliki harga yang lebih murah daripada panel layar jenis lain seperti IPS dan VA. Harga yang lebih terjangkau membuat panel ini menjadi pilihan dengan banyak peminat.

Kekurangan TN panel

1. Keterbatasan Perspektif

Kelemahan utama dari panel layar TN adalah sudut pandang yang terbatas. Ketika layar kita lihat dari sudut yang berbeda, warna pada layar dapat berubah dan menjadi tidak akurat. Karena itu, panel ini kurang cocok untuk kita gunakan dalam situasi di mana banyak orang perlu melihat layar dari sudut yang berbeda.

2. Warna yang Kurang Akurat

Panel layar jenis ini memiliki kekurangan dalam menghasilkan warna yang akurat. Hal ini karena kemampuan panel TN yang terbatas dalam menampilkan warna dengan lebar yang sama seperti IPS atau VA.

Jika kita gunakan untuk aplikasi yang membutuhkan reproduksi warna yang akurat, seperti desain grafis atau fotografi, maka panel IPS atau VA mungkin lebih direkomendasikan. Selain itu, panel layar ini juga cenderung mengalami perubahan warna ketika kita lihat dari sudut yang berbeda. Dampaknya, gambar yang layar tampilkan dapat terlihat kabur atau tidak akurat.

3. Refresh Rate Sangat Tinggi

Panel layar ini sangat ideal bagi pengguna game karena memiliki refresh rate yang sangat tinggi. Refresh rate yang tinggi memungkinkan pengguna untuk secara cepat menanggapi perubahan dalam permainan, yang tentunya sangat penting dalam game yang mengharuskan respons yang cepat.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membicarakan tentang panel layar TN, salah satu jenis panel layar yang paling sering digunakan pada monitor, laptop, dan televisi. Panel ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipikirkan sebelum membelinya. Tetapi, dengan memilih dengan bijak, panel ini bisa menjadi pilihan yang hemat dan efektif untuk aplikasi gaming dengan harga yang terjangkau.

Layar PanelLayar TNPanelTN PanelTwisted Nematic

Related Posts