Jenis-Jenis RAM yang Ada pada Komputer, Kenali Dulu Sebelum Beli

in , ,
Jenis jenis ram by teknodaim

Setelah memahami apa itu RAM dan fungsinya, sekarang kita lanjut ke jenis-jenis RAM untuk komputer dan serupa. Hal ini diperlukan bagi kamu yang suka gonta-ganti Hardware dan ada keinginan juga untuk ganti RAM. Terutama yang mau rakit PC.

Jenis-Jenis RAM

RAM atau Random Acces Memory tentu harus diperhatikan agar perangkat dapat berfungsi dan memiliki performa sesuai dengan yang dibutuhkan. Jenis-jenis yang dimaksud bukan berdasarkan kapasitasnya, apa aja sih? Silahkan simak satu-satu:


1. DRAM

Jenis jenis ram by teknodaim

Dynamic Random Acces Memory atau DRAM adalah jenis RAM yang paling umum dan biasa digunakan untuk menjalankan data atau kode program bersama dengan Prosesor. Kecepatan jenis ini biasanya adalah 4,7 MHz sampai 40 MHz.

DRAM akan menyimpan setiap bit data atau kode program yang terdiri dari kapasitor dan transistor. Penyimpanan tersebut akan diatur oleh sebuah konfigurasi sel khusus dengan biaya produksi DRAM yang tergolong rendah.


2. SDRAM

Jenis jenis ram by teknodaim

Kemudian ada SDRAM, jenis ini adalah salah satu yang terbaik diantara jenis-jenis RAM yang lainnya. SDRAM atau Synchronous Dynamic Random Acces Memory adalah DRAM yang sinkron dengan sistem bus bentuk memori semikonduktor

SDRAM dapat berjalan lebih tinggi dari pada DRAM biasa, yaitu bisa mencapai 100 MHz hingga 133 MHz. SDRAM adalah jenis RAM yang banyak digunakan oleh komputer-komputer generasi baru. Jadi, jenis ini direkomendasiin buat PC Gaming.


3. RDRAM

Jenis jenis ram by teknodaim

Selanjutnya adalah RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory, yaitu jenis RAM yang dibuat khusus dengan performa atau kecepatan mencapai 1 GHz lebih. Namun hal ini memerlukan dukungan dari sebuah kartu grafis alias VGA Card.


4. SRAM

Jenis jenis ram by teknodaim

SRAM adalah jenis RAM berikutnya yang berjalan secara statis. Metode yang digunakan pada pengoperasiannya adalah dengan data yang tetap konstan atau tidak ada perubahan selama daya listrik diterima ke Chipset. SRAM punya struktur rumit.

SRAM juga banyak digunakan pada perangkat elektronik lain, seperti misalnya mainan anak-anak. Yang satu ini juga punya harga produksi yang cukup mahal ketimbang jenis-jenis RAM lain seperti DRAM. Ukuran RAM yang satu ini pun lebih kecil.


5. EDORAM

Jenis jenis ram by teknodaim

Jenis RAM selanjutnya adalah RAM yang akan meningkatkan waktu pembacaan data dan cocok untuk Prosesor generasi lama seperti salah satunya Intel Pentium.


6. Flash RAM

Flash RAM adalah jenis penyimpanan yang bersifat non-volatil atau dapat menulis data dan menghapusnya namun tidak akan hilang ketika sudah tidak mendapat Supply daya. Jadi RAM ini punya fungsi yang mirip dengan HDD ataupun SSD.


7. SDR SDRAM

Lanjut ke cabang SDRAM yaitu SDR SDRAM. Jenis ini adalah penyimpanan yang memiliki kinerja lebih luas dari pada SDRAM, SDR atau Single Data Rate adalah untuk menunjukan bagaimana memori tersebut memproses data setiap per jam.


8. DDR SDRAM

Double Data Rate atau DDR adalah tipe SDRAM melakukan kinerja dua kali lebih cepat dibanding SDR SDRAM. Kecepatan clock standar yang dihasilkan tentunya lebih tinggi, yaitu mencapai 1600 MHz. RAM jenis ini sangat cocok untuk Gaming.


9. GDDR SDRAM

Gambar: Dignited.co

Dan generasi terbaru yang paling Worth It saat ini adalah jenis GDDR SDRAM. Dengan RAM ini, maka proses rendering grafis video yang dilakukan VGA Card akan jadi makin optimal. Kalau kamu mau rakit PC High End, pilih jenis RAM ini.


Artikel Terkait:


Itulah tadi macam-macam RAM yang ada pada komputer ataupun perangkat serupa lainnya. Jika ada tambahan silahkan kasih tau Teknodaim di kolom komentar. Diskusi juga dengan Teknodaim di Grup Facebok, semoga bermanfaat.


Referensi: Carisinyal

Jangan lewatkan •
5 Cara Ampuh Mengatasi RAM Usable di PC dan Laptop

One Comment

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *