Teknodaim

    Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer Secara Singkat

    Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan namanya komputer atau laptop. Tapi belum tentu semua dari kita tahu sejarah komputer yang makin banyak inovasinya saat ini. Sebenarnya dulu komputer digunakan untuk menghitung kumpulan angka yang rumit atau hal-hal yang berhubungan dengan aritmatika loh. Lalu bentuk komputer pada awalnya tidak secanggih seperti yang kalian […]

    Komputer Generasi Keempat, Apple II

    Komputer Generasi Keempat, Apple II | Ibnufirmas.com

    Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan namanya komputer atau laptop. Tapi belum tentu semua dari kita tahu sejarah komputer yang makin banyak inovasinya saat ini. Sebenarnya dulu komputer digunakan untuk menghitung kumpulan angka yang rumit atau hal-hal yang berhubungan dengan aritmatika loh.

    Lalu bentuk komputer pada awalnya tidak secanggih seperti yang kalian lihat sekarang. Bahkan, komputer sendiri dulunya berbentuk berukuran besar, dan memiliki komponen hardware yang sangat sulit untuk dipahami loh.

    Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer

    Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer Secara Singkat
    Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer | Dewaweb

    Sampai detik ini, apakah kalian masih tetap penasaran tentang sejarah dan generasi-generasi komputer? Jika iya, tanpa basa-basi lagi, yuk kita kenali secara singkat perkembangan sejarah komputer!

    Apa Itu Komputer?

    Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer Secara Singkat
    Apa Itu Komputer | Mahir Teknologi

    Komputer sendiri adalah nama yang berasal dari bahasa latin “computare”, yang berarti alat hitung. Seperti yang tadi sempat Teknodaim singgung, pada awalnya komputer dibuat memang untuk keperluan menghitung angka dan hal-hal yang berhubungan dengan aritmatika.

    Jika diartikan lebih dalam, komputer sendiri merupakan sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat. Sesuai dengan arti dalamnya, komputer akan secara otomatis menerima, menyimpan dan memproses data input yang nantinya semua proses tersebut akan tersimpan di dalam penyimpanan.

    BACA JUGA:  5 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Menjadi Seorang Ahli Komputer

    Penemu Komputer

    Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer Secara Singkat
    Charles Babage | The Telegraph

    Untuk penemu komputer pertama kali di dunia sendiri adalah orang yang bernama Charles Babage, seorang ilmuwan matematika yang berasal dari Inggris. Dia dapat membuat komputer karena sering sekali menemui beberapa masalah ketika menghitung. Oleh karena hal tersebut lah dia jadi mendapatkan inovasi untuk menciptakan mesin penghitung yang dia namai Difference Engine. Berkat terciptanya mesin ini, terbitlah komputer.


    Sejarah Komputer Generasi ke Generasi

    1. Komputer Generasi Pertama (1941-1959)

    Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer Secara Singkat
    Sejarah Komputer Generasi Pertama | TheMoonDoggies

    Komputer generasi pertama dulunya dikembangkan pada perang dunia II oleh negara-negara yang sedang berperang untuk digunakan sebagai kebutuhan perang. Pada saat itu, Jerman adalah negara yang sangat berpengaruh dalam perkembangan komputer. Karena pada tahun 1941 lalu, Jerman telah menciptakan sebuah komputer dengan nama Z3 yang mereka gunakan untuk merancang pesawat terbang dan peluru kendali.

    Tak lama Jerman memamerkan ciptaan tersebut, Inggris pun akhirnya juga berhasil membuat sebuah komputer yang bernama Colossus pada tahun 1943, yang dibuat khusus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh Jerman.

    BACA JUGA:  Cara Merekam Layar Laptop atau PC dengan Mudah

    2. Komputer Generasi Kedua (1959-1965)

    Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer Secara Singkat
    Sejarah Komputer Generasi Kedua | TheMoonDoggies

    Komputer generasi kedua dulunya dikembangkan pada tahun 1960-an menggunakan transistor yang memiliki daya listrik dan ukuran yang lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama. Disini komputer generasi kedua juga sudah menggunakan bahasa mesin yang mereka sebut “assembly”.

    Pada masanya, komputer generasi kedua ini digunakan untuk lembaga pemerintahan dan universitas untuk tujuan ilmiah. Mereka melakukan hal tersebut karena komputer generasi kedua ini memiliki kemampuan yang dinilai jauh lebih cepat dan dapat melakukan pembagian secara real-time.


    3. Komputer Generasi Ketiga (1965-1971)

    Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer Secara Singkat
    Sejarah Komputer Generasi Ketiga | inspiring.id

    Komputer generasi ketiga merupakan hasil uji-coba menggunakan transistor yang membuat ukurannya menjadi lebih kecil dan memiliki daya yang jauh lebih hemat. Namun, sayangnya komputer uji-coba ini mengalami overheat atau kepanasan yang beresiko membuat part komputer lainnya rusak.

    Namun, kabar baiknya pada tahun 1958, terdapat seorang ilmuwan asal Amerika Serikat bernama Jack Kilby yang berhasil menemukan solusi dari masalah overheat tersebut. Disini lah pada awalnya sirkuit integrasi (Integrated Circuit/IC) berhasil ditemukan dan akhirnya komputer uji-coba tersebut berhasil diperbaiki.


    4. Komputer Generasi Keempat (1971-1980)

    Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer Secara Singkat
    Sejarah Komputer Generasi Keempat | Olympics30

    Komputer generasi keempat adalah masa dimana komputer menjadi lebih canggih. Hal ini terjadi karena banyak perusahaan yang berhasil bermanuver dengan menggunakan chip tunggal di dalam komputer tersebut, yang dimana ia dapat menampung ribuan komponen komputer berkat teknologi LSI (Large Scale Integration).

    BACA JUGA:  Beberapa Cara Terbaik Membersihkan File Sampah di Windows 10!

    Semakin berkembangnya jaman, teknologi LSI tersebut pun akhirnya bertransformasi menjadi VLSI (Very LSI), yang dimana teknologi ini telah menjadi lebih kecil dapat menyimpan ratusan ribu IC di dalamnya.


    5. Komputer Generasi Kelima (1980 – masa yang akan datang)

    Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer Secara Singkat
    Sejarah Komputer Generasi Kelima | Kabar Games

    Komputer generasi kelima merupakan perangkat yang saat ini digunakan banyak orang untuk pekerjaan mereka. Bisa dibilang generasi kelima ini sudah sangat jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya.

    Jika sebelumnya tidak ada perusahaan yang dianggap ahli dalam bidang komputer, maka kali ini terdapat perusahaan yang ahlicc dan bahkan menjadi perusahaan resmi dalam bidang tersebut, yaitu Microsoft dan Intel. Kedua perusahaan tersebut memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia, dan bahkan Microsoft resmi menjadi standar internasional untuk urusan software dan hardware komputer loh.


    Nah, itulah tadi perkembangan sejarah komputer secara singkat. Semoga penjelasan perkembangan komputer dari zaman dulu di atas bisa memberikan sedikit wawasan untukmu. Jangan lupa ikuti terus Teknodaim, karena kita akan bagikan artikel teknologi menarik lainnya di sini.

    Related Posts