Kelebihan dan Kekurangan IPS Panel yang Perlu Kamu Ketahui

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Sebelum kamu memutuskan membeli monitor IPS, baiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan IPS Panel.

Kelebihan Dan Kekurangan Ips Panel (profesionalreview.com)

Kelebihan Dan Kekurangan Ips Panel (profesionalreview.com)

Saat ini, monitor dengan IPS panel atau In-Plane Switching dianggap sebagai pilihan yang sangat baik. Meskipun banyak yang mengetahui arti dan manfaatnya, tidak semua orang memahami secara pasti keunggulan dan kelemahan dari monitor dengan jenis panel ini.

Oleh karena itu, mari kita jelaskan secara rinci tentang kelebihan dan kekurangan layar IPS di bawah ini.

Sebelumnya, monitor dengan layar TN mungkin dianggap sebagai pilihan terbaik karena tersedia dengan harga yang lebih terjangkau dan berbagai ukuran yang lengkap. Sementara itu, monitor dengan panel IPS terbatas pada harga yang lebih mahal dan variasi ukuran yang terbatas.

Namun sekarang, berkat perkembangan teknologi yang lebih canggih dan terjangkau, panel ini juga juga dapat pengguna miliki dengan anggaran terbatas.

Kelebihan dan Kekurangan IPS Panel yang Perlu Kamu Ketahui
Kelebihan dan Kekurangan IPS Panel (viewsonic.com)

Ketika memilih panel IPS untuk monitor, ada kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan. Untuk mengetahui mengenai layar IPS lebih lanjut, mari kita bahas definisi panel IPS, keunggulan yang ditawarkan, dan tentu saja kekurangan yang masih ada dalam fitur ini.

Apa itu IPS Panel?

IPS (In-plane switching) adalah teknologi yang digunakan dalam layar LCD untuk mengatasi masalah sudut pandang. Yang mana umumnya terjadi pada teknologi layar Twisted nematik (TN). Dalam teknologi IPS, sudut pandang yang lebih baik dan reproduksi warna yang lebih akurat.

BACA JUGA:  Cara Mudah Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Mati dan Disentuh

Perubahan dalam monitor IPS melibatkan pengaturan dan pengalihan orientasi molekul lapisan kristal cair (LC) antara substrat kaca. Tujuannya adalah agar objek dapat sejajar dengan pelat kaca ini.

BACA JUGA:

Kelebihan IPS Panel

Terdapat beberapa kelebihan yang dapat kamu pertimbangkan saat ingin membeli monitor dengan teknologi layar ini, antara lain:

Keunggulan sudut pandang yang lebih baik: Salah satu fitur terbaik dari panel IPS adalah sudut pandang yang lebih baik jika kita bandingkan dengan panel TN. Dengan layar IPS, kamu dapat melihat layar dari sudut yang lebih lebar tanpa mengalami penurunan kualitas warna yang signifikan.

Kelebihan lain dari panel IPS adalah kemampuan untuk menghasilkan warna yang lebih akurat. Hal ini karena kemampuan IPS dalam mengatur cahaya yang melewatinya dengan lebih terkontrol dan tepat.

BACA JUGA:  10 Rekomendasi Layar Proyektor Murah dan Terbaik

Sebaliknya, layar IPS menawarkan tingkat kontras yang lebih tinggi jika kita bandingkan dengan panel TN, meskipun masih lebih rendah daripada dengan panel VA. Keunggulan kontras yang lebih baik akan meningkatkan pengalaman visual dalam menampilkan berbagai konten, terutama saat menonton film.

Kekurangan IPS Panel

Ya, tentu saja ada, meskipun tidak begitu penting. Meskipun layar IPS memiliki banyak fitur yang bermanfaat, tetap ada beberapa kekurangan yang hadir dalam teknologi ini.

Kecepatan respon yang tidak terlalu cepat: Biasanya, dalam pemilihan perangkat untuk bermain game, waktu respon yang sangat cepat menjadi prioritas utama. Meskipun layar IPS menawarkan waktu respon yang lebih lambat jika kita bandingkan dengan TN, pilihan IPS masih kalah jauh dalam hal ini.

Kadang-kadang orang masih mempertimbangkan nilai ekonomis saat mencari monitor dengan harga terjangkau. Namun, monitor dengan panel IPS seringkali dianggap terlalu mahal daripada monitor berpanel TN. Meskipun sekarang ini, monitor dengan panel IPS lebih terjangkau daripada sebelumnya.

BACA JUGA:  Cara Mudah Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Mati dan Disentuh

Panel jenis ini memang tidak menghasilkan konsumsi listrik yang besar. Namun, layar TN lebih kecil daripada IPS dengan perbedaan sekitar 15% saja.

Penutup

Jika kamu mencari layar monitor yang lebih sempurna, pilihan yang ideal adalah monitor dengan teknologi layar IPS. Terutama jika kamu seorang desainer yang membutuhkan tingkat warna yang tajam.

Namun, jika kamu membutuhkan monitor yang cepat untuk bermain game dengan harga yang lebih terjangkau, teknologi panel TN mungkin lebih cocok. Meskipun saat ini sudah banyak monitor dengan teknologi layar IPS yang memiliki waktu respon di bawah 5ms.

Itulah gambaran singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Layar IPS yang mungkin dapat berguna bagi kamu ketika berencana untuk membeli monitor dengan teknologi layar IPS.

Jika kamu tertarik dengan pilihan monitor IPS, kamu dapat melihat daftar lengkapnya di sini (dan membantu kami juga). Semoga informasi ini bermanfaat.

LayarLayar IPSMonitor IPSPanel IPSPanel Monitor

Related Posts