Apa itu Prosesor, Fungsi, Macam-Macam dan Cara Kerja

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Artikel ini berisi tentang pembahasan apa itu prosesor, cara kerja, serta fungsi prosesor. Yuk, langsung saja simak informasinya!

Ilustrasi Prosesor, Apa Itu Prosesor, Fungsi Dan Bagaimana Cara Kerja Prosesor (techowns.com)

Ilustrasi Prosesor, Apa Itu Prosesor, Fungsi Dan Bagaimana Cara Kerja Prosesor (techowns.com)

Apa itu prosesor, fungsi dan cara kerja prosesor? Processor atau prosesor adalah otak dari komputer. kami rasa semua orang tahu itu, namun selain mencari tahu arti processor kami yakin juga kamu ingin tahu lebih jauh tentang komponen ini. Untuk itu kali ini Teknodaim Jelasin bakal mencoba jelasin semuanya ke kamu.


Beberapa orang sekarang ini banyak mikir yang penting produk dan keluaran terbaru, tanpa memahami sebenarnya apa sih Prosesor itu pada perangkat seperti PC maupun Smartphone. Atau bahkan apa fungsi prosesor dan bagaimana cara kerja prosesor.

Apa itu Prosesor, Fungsi, Macam-Macam dan Cara Kerja
Ilustrasi prosesor (howtogeek.com)

Processor Adalah Otak dari Komputer

Apa itu prosesor (Processor) pada sebuah perangkat atau gadget seperti smartphone dan komputer? Prosesor adalah sebuah hardware atau perangkat keras yang bisa dibilang menjadi otak dari sebuah sistem.

Kesimpulannya, prosesor adalah salah satu komponen penting pada komputer atau gadget yang berfungsi untuk memproses data dan mengontrol sistem. Processor bertugas untuk menghitung dan menjalankan perintah dari pengguna.

Jika hardware ini tidak ada atau mengalami kerusakan, maka PC ataupun smartphone tak akan dapat menjalankan operasinya.

Processor terletak atau diletakan di socket pada motherboard, jika untuk PC maka perangkat ini biasanya dapat di kustomisasi atau diganti sesuai kebutuhan.

BACA JUGA:  Jenis-jenis Chipset Snapdragon yang Digunakan Oleh Smartphone

Jika kamu ingin mengganti processor yang ada pada PC, setiap merk processor memiliki socket yang berbeda-beda, jadi dari satu merk ke merk atau satu jenis ke jenis lainnya itu tidaklah sama. Sampai sini paham, mengenai apa itu prosesor?

Apa Fungsi Prosesor?

Sesuai dengan apa yang sudah penulis jelaskan pada poin pengertian prosesor tadi, fungsi dari hardware ini sendiri adalah untuk memproses data. Jadi processor akan mengelola sebuah data yang masuk melewati bagian input kemudian data di proses yag menghasilkan data keluaran yang lewat melalui output.

Ketahuilah, processor tidak dapat bekerja sendirian tanpa bantuan dari komponen lain yang setidaknya memiliki kecepatan sama atau dapat mengimbangi processor itu sendiri. Salah satu pendukung yang dibutuhkan prosesor adalah peran RAM.


BACA JUGA:


Bagian-Bagian Processor

Processor memiliki masing-masing bagian yang membuatnya akan menghindari terjadinya stack data dalam operasi komputer, menggunakan rumus perhitungan yang sangat kompleks dan akurat.

Jika ada bagian pada processor yang bermasalah, maka processor itu pun akan mengalami kendala atau bahkan berhenti bekerja.

Tiga bagian penting dari prosesor masing-masing adalah ALU, MU, dan CU:

  • Aritmatik Logical Unit atau ALU adalah bagian processor yang bertugas melakukan penghitungan aritmatikan yang berjalan sesuai intruksi kode program. ALU terletak pada bagian dalam processor .
  • Control Unit atau CU, memiliki peran untuk mengendalikan proses pada processor . Mengurus kegiatan input dan output adalah peran dan tugasnya.
  • Memory Unit atau MU adalah bagian processor yang bisa juga kita sebut chace yang menjadi penyimpanan kecil namu memiliki kecepatan yang tinggi.
BACA JUGA:  5 Cara Mengirim File dari Laptop ke HP yang Paling Sering Digunakan

Cara Kerja Prosesor

Kecepatan kerja processor mampu mencapai 400 GHz atau 400 Gigahertz. Artinya, mampu menjalankan sebanyak 4000 miliar perintah dalam sekali proses atau sekali bekerja. Kemampuan inilah yang harus kita perhatikan jika ingin rakit PC.

Itulah tadi gambaran bagaimana prosesor bekerja. Untuk memilih processor , saat ini brand yang banyak memproduksi processor baru dan canggih adalah Intel dan AMD. Kedua produsen ini terus bersaing untuk terus berinovasi.

Apalagi para gamers, kalau mau buat rakitan PC opsional dan masih bingung prosesor apa yang cocok, Cobalah untuk benar-benar teliti dalam membaca dan memahami spesifikasi pada sebuah produk prosesor.

Sejarah Prosesor

Semakin tinggi kecepatan processor, maka kinerja sebuah gadget akan semakin tinggi dan cepat pula. Processor pada awalnya disebut sebagai mikroprocessor dan pertama kali dibuat oleh para teknisi dari perusahaan Intel pada Tahun 1971.

BACA JUGA:  Penyebab dan 3 Cara Mengatasi Dead Pixel Pada Layar Laptop dan PC

Prosesor yang pertama kali muncul adalah sebuah chip ciptaan Ted Hoff, Federico Faggin, dan Stan Mazor. yang ia beri nama Intel 4004.

Selain itu, processor juga bisa kita artikan sebagai sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Tiga tahun setelahnya, tepat di Tahun 1974 Intel memperkenalkan processor baru mereka yaitu 8-bit 8080, dengan 4.500 transisitor sepuluh kali lebih cepat dari versi pertama yang mereka ciptakan. Terobosan baru rilis 6 tahun setelahnya.

Di tahun 1980, Intel kembali memperkenalkan inovasi terbaru mereka yaitu 8087 co-processor. Dan sampai sekarang, yang terbaru sudah ada Intel Core 9 dengan berbagai cabang generasi yang masing-masiang memiliki spesifikasi berbeda.


Oh iya, Intel Corporation atau perusahaan Intel sendiri adalah sebuah perusahaan multinasional yang berdiri sejak Tahun 1968 dan bertempat di Amerika Serikat. Sampai sini, semoga kalian paham mengenai apa itu prosesor dan fungsinya.

Jika kamu sempat berpikir bahwa Intel Core 5 lebih baik dari Intel Core 3, belum tentu. Perhitungan untuk mana yang lebih baik adalah dengan melihat spesifikasi nya langsung. Intel Core Generasi 3 lebih baik dari Generasi 1 Core i5 loh.

Ingat! Processor memerlukan motherboard dengan socket yang cocok atau mendukung untuk dipasang, kalau perlu gunakan VGA Card. Itulah tadi pembahasan tentang cara kerja prosesor, pengertian serta fungsinya. Semoga bermanfaat.


Referensi: Indoworx, Nesabemedia

PCPersonal KomputerProcessorProcessor PCProsesor

Related Posts