Teknodaim

    Cara Simpel Membersihkan RAM Ponsel Dengan Benar

    Masing-masing dari smartphone pastinya memiliki sebuah komponen bernama RAM (Random Access Memory) di dalamnya. Komponen RAM sendiri cukup penting perannya dalam kinerja smartphone karena memungkinkan pengguna untuk membuka lebih dari satu Aplikasi secara bersamaan. Tapi kamu juga perlu mengetahui mengenai cara membersihkan RAM pada ponsel dengan benar agar ponsel tidak mengalami penurunan performa. Semakin banyak […]

    Cara Membersihkan Ram

    Ilustrasi Membersihkan RAM Ponsel | phonearena.com

    Masing-masing dari smartphone pastinya memiliki sebuah komponen bernama RAM (Random Access Memory) di dalamnya. Komponen RAM sendiri cukup penting perannya dalam kinerja smartphone karena memungkinkan pengguna untuk membuka lebih dari satu Aplikasi secara bersamaan. Tapi kamu juga perlu mengetahui mengenai cara membersihkan RAM pada ponsel dengan benar agar ponsel tidak mengalami penurunan performa.

    Semakin banyak aplikasi yang kamu buka, maka semakin besar pula performa RAM kamu yang termakan. Apabila sudah mencapai bahkan melewati batas RAM, ponsel kamu akan mulai mengalami penurunan performa. Oleh karena itu, kamu bisa simak informasi berikut mengenai cara membersihkan RAM dan tips agar membuat RAM tetap optimal.

    Cara Simple Membersihkan RAM pada Ponsel

    Cara Simpel Membersihkan RAM Ponsel Dengan Benar
    Ilustrasi Membersihkan RAM Ponsel | Discover.co.id

    Baca juga: Google Matikan Fitur Penghemat RAM di Chrome


    Dalam membersihkan RAM pada ponsel, kamu perlu masuk ke aplikasi pembersih RAM bawaan dengan cara membukanya pada pengaturan ponsel kemudian klik opsi Memori. setelah membuka opsi tersebut, maka kamu dapat melihat sistem dasar tentang penggunaan RAM pada ponsel. Kamu juga bisa menghapus file sampah atau data aplikasi yang tidak kamu perlukan dengan mengetuk opsi ”Clean”’.

    BACA JUGA:  Alipay Plus, Aplikasi Pembayaran Digital Baru Siap Hadir di Indonesia

    Tips Agar RAM Ponsel Tetap Optimal

    • Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan
    Cara Simpel Membersihkan RAM Ponsel Dengan Benar
    Ilustrasi Aplikasi Ponsel | iStockphoto

    Setelah menghapus file sampah pada ponselmu, kamu juga bisa menghapus beberapa aplikasi tidak penting lainnya. Karena menghapus aplikasi yang tidak penting dapat membuat jumlah ruang yang kosong lebih luas dan meningkatkan performa ponsel.

    • Update Sistem Operasi atau Software
    Cara Simpel Membersihkan RAM Ponsel Dengan Benar
    Ilustrasi Update Software | YouTube Channel: EnjoyGameTech

    Hal ini biasanya terjadi pada beberapa ponsel keluaran baru, yang biasanya akan mendapatkan notifikasi langsung dari merk ponsel untuk segera melakukan update sistem OS atau software. Hal ini jangan pernah kamu anggap sepele, karena bertujuan untuk menjaga kinerja ponsel agar tetap prima seperti awal pembelian.

    • Hindari Pemakaian Aplikasi Pembersih RAM Alternatif
    Cara Simpel Membersihkan RAM Ponsel Dengan Benar
    Aplikasi Alternatif Clean Master | Clean Master Official

    Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pembersih RAM alternatif tersedia pada PlayStore. Walaupun kebanyakan aplikasi alternatif tersebut dapat membersihkan RAM dengan cepat. Perlu kamu ingat, bahwa ada beberapa yang malah membuat penggunaan sistem RAM menjadi full. Teknodaim sendiri lebih menyarankan agar menggunakan Aplikasi pembersih RAM bawaan karena lebih aman dan hemat space.

    BACA JUGA:  Spotify Rilis Fitur Playlist AI, Simak Penjelasannya!

    Itulah tadi beberapa informasi Teknodaim mengenai cara membersihkan RAM pada ponsel dan tips untuk menjaganya tetap optimal dan prima. Kalau punya pertanyaan atau pendapat tersendiri, kamu bisa mampir ke kolom komentar yang sudah kami sediakan.


    Sumber: Kompas Tekno

    aplikasiPlaystoreRAMRAM Smartphone

    In This Article

    Related Posts