menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Tips Cara Menggunakan Google Classroom Tanpa Internet

Cara Menggunakan Google Classroom Tanpa Internet

Cara Pakai Google Classroom Tanpa Internet

Kalian tidak memiliki akses internet, namun harus mengikuti pelajaran lewat aplikasi Google Classroom? Tenang, sekarang kalian tidak memerlukan internet lagi untuk menggunakan Google Classroom, kok bisa? Karena Google telah membuat fitur cara menggunakan Google Classroom tanpa internet. Jadi fitur tersebut sangat membantu para pengguna yang tidak memiliki akses internet.

Cara ini sendiri dapat dilakukan karena Google ikut memberikan sumbangsih sejak pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia. Jadi, dengan dibuatnya fitur tersebut, Google ingin pelajar tetap dapat belajar, meskipun secara online karena pandemi COVID-19 ini.

Selain untuk membantu para pelajar, Google juga sempat mengatakan bahwa mereka akan membantu para pekerja juga menggunakan aplikasi ini. Intinya, mereka ingin membantu semua orang yang terdampak COVID-19.

Cara Pakai Google Classroom Tanpa Internet
Google Classroom | Technology for Teachers and Students

Jadi, bagaimana, apakah kalian semua penasaran bagaimana cara menggunakan Google Classroom tanpa internet ini? Jika iya, yuk tanpa basa-basi lagi berikut ulasan lengkapnya.

JANGAN LEWATKAN •
Sekarang Ngiklan di Google Wajib Verifikasi Identitas

Cara Menggunakan Google Classroom Tanpa Internet

Oh iya, tapi sebelum itu, fitur untuk mengatur akses offline ke semua orang ini sendiri hanya dapat diatur oleh Admin G Suite ya. Jadi, ketika akses sudah dibuka, semua anggota di dalam Google Classroom tersebut akan dapat menikmati aplikasi ini tanpa akses internet. Namun, sayangnya untuk mengaktifkan fitur ini sendiri, kalian harus memiliki akses internet atau online ya!

Langkah 1: Aktifkan Akses Offline Terlebih Dahulu

Sebelum itu mengikuti tips cara menggunakan Google Classroom tanpa internet ini, pastikan admin G Suite sudah mengaktifkan akses offline terlebih dahulu ya. Jika kalian tidak tau bagaimana caranya, pergi ke Apps dari halaman Admin Konsol>G Suite>Drive and Docs>Features and Applications>Allow users to enable offline acces (recommended).

Langkah 2: Download Google Document Offline

Jika admin sudah mengaktifkan fitur yang tadi telah Teknodaim sebutkan, maka sekarang kalian perlu mendownload ekstensi Google Document Offline di browser Google Chrome melalui tautan ini. Dengan ekstensi ini, kalian dapat mengakses berbagai macam hal secara offline, seperti Google Documents, Speadsheet, Drive dan Slide.

JANGAN LEWATKAN •
Pria Ini Divonis 5 Tahun Penjara Karena Telah Menipu Google dan Facebook, Kok Bisa?

Setelah ekstensi yang tadi telah kalian instal ke Google Chrome selesai, sekarang aktifkan fitur offline di G Suite secara online (kalian harus mengaktifkannya secara online agar fitur offline dapat berjalan).

Jika sudah mengikuti beberapa langkah di atas, kalian telah menyelesaikan cara menggunakan Google Classroom tanpa internet ini. Dengan begini, kalian sekarang telah dapat mengakses, setiap fitur dari aplikasi tersebut, seperti membuat catatan, bekerja dan lain-lain.

Melakukan Kegiatan Di Google Classroom Offline
Melakukan Kegiatan di Google Classroom Offline | Kompas Tekno

Namun perlu diingat, jika kalian berkirim pesan melalui Google Classroom ini saat sedang offline, maka pesan tersebut nantinya akan terkirim saat kalian sudah memiliki akses internet ya!

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks