Teknodaim.com

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Plus 5G

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Plus 5G
Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Plus 5G

Seperti yang kamu ketahui, baru-baru ini Samsung telah mengeluarkan produk terbaru mereka, yaitu Samsung Galaxy S21 5G pada tanggal 27 Januari 2021 lalu. Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G yang baru saja dirilis tersebut?

Karena banyak orang yang tidak tau mengenai smartphone terbaru dari Samsung ini. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini Teknodaim akan membahas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Plus 5G yang perlu kamu ketahui.

Sebenarnya, artikel ini ditujukan untuk orang yang ingin membeli Samsung Galaxy S21 Plus 5G, namun bimbang karena belum tahu mengenai apa-apa tentang smartphone ini. Jadi, dengan adanya artikel ini, semoga kamu mengerti nantinya apakah ingin membeli Samsung Galaxy S21 Plus 5G, atau tidak.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy S21 Plus 5G

Kelebihan Dan Kekurangan Galaxy S21 Plus 5g
Kelebihan dan Kekurangan Galaxy S21 Plus 5G | GayaTekno.ID

Oke, setelah berbasa-basi cukup lama, apakah kamu tertarik dengan pembahasan Teknodaim kali ini? Jika iya, tunggu apa lagi, berikut kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Plus 5G yang wajib kamu ketahui!

Kelebihan Samsung Galaxy S21 Plus 5G

Untuk pembahasan kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G pertama, disini Teknodaim akan membahas kelebihan perangkat tersebut terlebih dahulu. Eits, namun sebelum ke pembahasannya, sebaiknya kamu ketahui dulu spesifikasi dari Samsung Galaxy S21 Plus 5G yang ada di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Plus 5G

Ukuran Layar6.7 inci
Resolusi Layar1080×2400 pixels
Sistem OperasiAndroid 11, One UI 3.1
ChipsetExynos 2100
RAM8GB
Penyimpan Internal128GB dan 256GB
Penyimpan EksternalTidak Mendukung
Kamera Belakang64MP+12MP+12MP
Kamera Depan10MP
Baterai4800mAh
WarnaPhantom Black, Phantom Silver, Phantom Violet, Phantom Pink, Phantom Gold dan Phantom Red
HargaRp 12.999.000

1. Chipset Terbaik di Kelasnya

Chipset Terbaik Di Kelasnya
Chipset Terbaik di Kelasnya | Kompas Tekno

Seperti yang kamu ketahui, Samsung sebelumnya telah menyambut dengan gembira atas digelarnya jaringan 5G di Indonesia pada tahun 2021 ini. Dengan adanya gelaran ini, oleh karena itulah Samsung dapat merilis Samsung Galaxy S21 Plus 5G ini di Indonesia.

Untuk mendukung jaringan 5G, Samsung menghadirkan chipset Exynos 2100 yang memiliki System on Chip (SoC) didalamnya. Tidak hanya mendukung jaringan 5G saja, chipset ini juga memiliki performa tinggi yang dibangun dengan fabrikasi 5nm loh.

JANGAN LEWATKAN •
Xiaomi Redmi 9T Akan Segera Hadir di Indonesia, Ini Harganya

Bahkan, inilah kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G yang paling mencolok bagi sebagian orang. Tidak hanya itu saja, bagi yang belum tahu chipset Exynos 2100 yang ditanamkan ke dalam Samsung Galaxy S21 Plus 5G ini ternyata lebih canggih dari Exynos 990 loh (chipset flagship Samsung sebelumnya).


2. Memori Super Kencang

Memori Super Kencang
Memori Super Kencang | Gizmologi

Jika sebelumnya kita membahas chipset jagoan milik Samsung Galaxy S21 Plus 5G, maka kali ini kita akan membahas memorinya yang super kencang juga nih. Bagi yang belum tahu, smartphone ini telah menggunakan teknologi penyimpanan UFS 3.1 yang mempunyai kecepatan tulis hingga 1200MB/detik, nyaris 3x lipat lebih cepat dibandingkan teknologi UFS 3.0 seri sebelumnya.

Sedangkan untuk RAM, Samsung Galaxy S21 Plus 5G sudah menggunakan teknologi LPDDR5 (6400Mbps) yang performanya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, seperti yang diklaim oleh Samsung, teknologi ini 1,5x lebih cepat dibandingkan teknologi sebelumnya, yaitu LPDDR4X (3200Mbps).


3. Menggunakan Sistem Operasi Terbaru

Menggunakan Sistem Operasi Terbaru
Menggunakan Sistem Operasi Terbaru | THE CADAZ

Seperti yang kita ketahui, saat ini produsen smartphone hanya memberikan update sistem operasi selama dua tahun dan update patch keamanan pada tahun ketiga kepada para penggunanya.

Karena hal tersebutlah sampai saat ini smartphone yang menggunakan sistem operasi Android masih saja kalah dari Apple. Namun, untuk membuat perbedaan, disini Samsung berjanji akan memberi upgrade sistem operasi selama tiga tahun ke depan.

Dengan adanya hal tersebut, Samsung Galaxy S21 Plus 5G yang saat ini masih menggunakan Android 11 akan dapat ditingkatkan hingga Android 14. Selain itu, hal ini juga membuat pengguna dapat menggunakan perangkat ini lebih lama karena masih mendapatkan dukungan dari produsen.


4. Memiliki Dukungan WiFi-6

Memiliki Dukungan Wifi 6
Memiliki Dukungan WiFi-6 | ASUS


Saat ini, rata-rata smartphone masih menggunakan dukungan WiFi seri sebelumnya. Namun berbeda dengan Samsung Galaxy S21 Plus 5G, yang sudah memiliki dukungan WiFi-6 yang punya tingkat kestabilan 4x lebih baik dibandingkan WiFi seri sebelumnya, yaitu WiFi 5.

Hal inilah yang membuat banyak orang percaya bahwa kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G tidak perlu dipertanyakan lagi. Soalnya, dengan adanya dukungan WiFi-6 ini, tentu saja smartphone terbaru dari Samsung ini akan menjadi produk flagship terbaik di range harganya.


5. Baterai Awet

Baterai Awet
Baterai Awet | JalanTikus

Untuk kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G kelima, kita akan membahas dari segi baterai. Memang, rata-rata smartphone di range harga yang sama memiliki ketahanan baterai yang hebat.

JANGAN LEWATKAN •
5 Smartphone Android dengan RAM 8 GB Terbaik dari Samsung (Update 2020)

Namun, berbeda dengan smartphone yang satu ini. Karena, terdapat seorang YouTuber yang menguji ketahanan baterai 4800mAh smartphone ini dalam berbagai macam aktivitas. Mulai dari memainkan game, browsing, merekam video dan streaming video.

Dari data yang didapatkan, Samsung Galaxy S21 Plus 5G ini menunjukkan bahwa baterai mampu bertahan hingga 9 jam 6 menit dalam pemakaian penuh. Selain itu, tidak hanya memiliki baterai yang awet, smartphone ini sudah mendukung pengisian baterai hingga 25W, 15W nirkabel dan bahkan mendukung 4.5W sebagai powerbank loh.


6. Memiliki Koneksi NFC

Memiliki Koneksi Nfc
Memiliki Koneksi NFC | Tokopedia

Sedangkan untuk kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G selanjutnya, kita akan membahas dari sisi teknologi NFC nih. Seperti yang sempat Teknodaim singgung, smartphone ini memiliki harga yang lumayan mahal bukan? Nah, oleh karena itulah tentu saja Samsung Galaxy S21 Plus 5G ini memiliki teknologi NFC.

Jika tidak memilikinya, sudah pasti banyak orang yang menghujat smartphone terbaru dari Samsung ini. Oh iya, bagi yang belum tahu, NFC adalah fitur yang dapat kamu gunakan untuk berbagai macam hal ya, mulai dari pembayaran non-fisik di jalan tol, mengecek saldo dan masih banyak lagi.


7. Memiliki Teknologi Dual-GPS

Memiliki Teknologi Dual-GPS
Memiliki Teknologi Dual-GPS | ElectronicsB2B

Jika sebelumnya smartphone ini sudah memiliki teknologi WiFi-6, maka kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G selanjutnya adalah teknologi Dual-GPS nih. Bagi yang belum tahu, teknologi ini sangat dibutuhkan bagi kamu yang sering bepergian menggunakan Google Maps dan semacamnya.

Soalnya, dengan adanya teknologi Dual-GPS ini, perangkat kamu akan menampilkan lokasi secara detail dan akurat. Bahkan, jika kamu adalah pemain game yang berbasis Augemented Reality, seperti Pokemon GO, teknologi ini akan sangat berguna banget loh.


8. Memiliki Teknologi Ultra Wide Band

Memiliki Teknologi Ultra Wide Band
Memiliki Teknologi Ultra Wide Band | detikInet

Jika kamu adalah seseorang yang sering lupa, maka terdapat teknologi Ultra Wide Band yang akan membantu kamu banget nih. Soalnya, dengan adanya teknologi yang sudah ditanamkan ke dalam Samsung Galaxy S21 Plus 5G, kamu dapat mencari barang yang hilang menggunakan smartphone tersebut.

Faktanya, kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G yang satu inilah yang membuat banyak pengguna tertarik untuk membeli Samsung Galaxy S21 Plus 5G. Soalnya, dengan melingkarkan gantungan Galaxy SmartTag di suatu barang, maka kita dapat melacak barang tersebut. Singkatnya, ini adalah teknologi yang dapat kamu gunakan untuk melacak suatu barang yang menggunakan gantungan Galaxy SmartTag.

JANGAN LEWATKAN •
Ganas, Xiaomi Akan Garap Ponsel dengan Kamera 144 MP

Oh iya, sebagai informasi tambahan, Samsung mengklaim bahwa jangkauan Galaxy SmartTag bisa mencapai radius 120 meter. Jika melebihi jangkauan ini, maka akan sulit untuk melacak barang yang hilang tersebut.


9. Desain Unik

Desain Unik
Desain Unik | Tek.ID

Untuk kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G selanjutnya, kita akan membahas dari segi desain. Seperti yang terlihat, Samsung memberikan perubahan corak yang sangat unik. Corak tersebut adalah kompartemen tiga kamera belakang berupa contour-cut.

Karena kompartemen yang menyatu dengan frame logam aluminium ini, Samsung Galaxy S21 Plus 5G menjadi smartphone yang diincar-incar oleh orang karena memiliki desain yang tampak elegan.

Selain itu, smartphone ini juga sudah menggunakan sidik jari di dalam layar. Dengan adanya fitur ini, tampilan belakang Samsung Galaxy S21 Plus 5G menjadi semakin elegan karena tidak terdapat sensor sidik jari.

Oh iya, bagian belakang smartphone ini juga sudah menggunakan material kaca Gorilla Glass Victus. Pasti banyak dari kamu yang tidak mengetahui material ini bukan? Yap, hal tersebut sendiri bisa terjadi karena memang jarang terdapat smartphone yang menggunakan Gorilla Glass Victus ini.

Sedangkan untuk bagian depannya, smartphone ini juga sudah menggunakan kaca dengan kualitas yang sama dengan bagian belakangnya. Walaupun memiliki spesifikasi yang gahar, hebatnya layar smartphone ini terlihat tipis padahal memiliki layar sebesar 6,7 inci.

Tidak hanya itu saja, salah satu kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G yang paling mencolok sendiri adalah di sertifikasinya. Soalnya, smartphone terbaru dari Samsung ini kabarnya memiliki sertifikasi anti debu dan air (IP68). Dengan adanya sertifikasi ini, Samsung Galaxy S21 Plus 5G dapat menyelam di kedalaman 1,5 meter hingga 30 menit tanpa ada masalah.


10. Tampilan Mengesankan

Tampilan Mengesankan
Tampilan Mengesankan | ASCII.JP

Setelah membahas dari segi desain, maka kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G selanjutnya adalah dari segi tampilan layarnya. Seperti yang sudah Teknodaim terakan dalam tabel spesifikasi sebelumnya, smartphone ini menggunakan resolusi Full HD+ (1080×1400). Walaupun masih menggunakan Full HD+, kabarnya smartphone ini memiliki kerapatan pixel diatas 300-ppi.

JANGAN LEWATKAN •
Bocoran Galaxy Z Flip 5G Muncul di Tenaa, Berikut Spesifikasinya

Dengan adanya hal ini, tidak masalah jika Samsung Galaxy S21 Plus 5G memiliki layar Full HD+. Soalnya, smartphone yang memiliki kerapatan pixel diatas 300-ppi itu memiliki tampilan yang detail.

Selain itu, Samsung Galaxy S21 Plus 5G juga sudah menggunakan kombinasi layar Dynamic AMOLED 2X 6,7 inci. Bahkan, smartphone ini juga sudah mendukung refresh-rate hingga 120Hz dengan kecerahan puncak 1300-nits. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi jika smartphone ini hanya menggunakan resolusi Full HD+.

Tidak hanya itu saja, smartphone ini juga memiliki reproduksi warna layar edge-to-edge yang didukung teknologi HDR10. Jadi, dengan semua teknologi yang telah ada di dalam layar Samsung Galaxy S21 Plus 5G ini, kamu akan diberikan pengalaman warna yang mendekati dunia nyata.


11. Memiliki Fitur Kamera yang Lengkap

Memiliki Fitur Kamera Yang Lengkap
Memiliki Fitur Kamera yang Lengkap | The Indian Express

Jika sebelumnya Teknodaim telah membahas tentang desain kamera dari Samsung Galaxy S21 Plus 5G ini. Oleh karena itulah untuk kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G selanjutnya kita akan membahas fitur-fitur kameranya.

Seperti yang sudah diungkapkan oleh Samsung, smartphone ini memiliki fitur yang membuat video menjadi jauh lebih stabil. Fitur tersebut sendiri mereka namai Super Steady. Sesuai namanya, jika pengguna berlari sambil membuat video menggunakan Samsung Galaxy S21 Plus 5G ini, tidak akan terdapat guncangan yang berarti nantinya.

Selain fitur untuk video tersebut, terdapat juga fitur lainnya yang bisa membuat kamu menggunakan semua kamera belakang aktif secara bersamaan. Fitur tersebut sendiri mereka namai Director’s View. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat memilih sudut dan potongan momen terbaik.

Tidak hanya itu saja, Samsung Galaxy 21 Plus 5G juga memiliki fitur yang dapat membuat pengguna merekam sekaligus menggunakan kamera depan dan belakang. Fitur yang bernama Vlogging View ini sendiri sebenarnya jarang terdapat di smartphone yang memiliki range harga sama. Jadi, jika kamu hobi ngevlog menggunakan smartphone, Samsung Galaxy S21 Plus 5G adalah pilihan yang sangat tepat.

Selain fitur-fitur yang barusan Teknodaim sebutkan, disini juga terdapat fitur lainnya yang bernama Multiple Mic Recording. Sesuai namanya, dengan fitur ini pengguna dapat merekam suara dari microphone dan mic dari headset bluetooth secara bersamaan. Jadi, dengan adanya fitur ini pekerjaan vlogging kamu juga akan semakin mudah.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mudah Dapat Pulsa Gratis Melalui Aplikasi CashPop

Untuk kemampuan kameranya sendiri, Samsung Galaxy S21 Plus 5G ini lumayan memiliki banyak fitur. Seperti Night Mode, Portrait Mode, pembesaran optik 1,1x, pembesaran hybrid-3x dan dukungan perekaman hingga resolusi 8K 24FPS.


Kekurangan Samsung Galaxy S21 Plus 5G

Setelah membahas berbagai kelebihan dari smartphone ini, maka kali ini Teknodaim akan membahas kekurangan dari Samsung Galaxy S21 Plus 5G. Yap, memang kekurangan dari smartphone ini tidak terlalu mencolok. Namun, pasti sebagian orang merasa bahwa kekurangan yang ada di bawah ini lumayan fatal.

1. Tidak Memiliki Fitur Kamera Depth-Sensor

Tidak Memiliki Fitur Kamera Depth Sensor
Tidak Memiliki Fitur Kamera Depth-Sensor | Gizmologi

Tentunya, bagi sebagian orang kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G yang satu ini sangatlah fatal. Soalnya, entah mengapa Samsung tidak memberikan fitur kamera Depth-Sensor kepada smartphone ini. Padahal, saat ini banyak orang yang menggunakan fitur tersebut.

Namun, walaupun disini tidak terdapat fitur kamera Depth-Sensor, kabar baiknya Samsung Galaxy S21 Plus 5G masih dapat menangkap gambar bokeh dengan cukup baik. Soalnya, kamera yang dimiliki smartphone ini jagoan dikelasnya. Jadi, menurut pendapat pribadi Depth-Sensor bukanlah masalah yang terlalu fatal.


2. Tidak Memiliki Slot MicroSD

Tidak Memiliki Slot Microsd
Tidak Memiliki Slot MicroSD | Okezone Techno

Untuk kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G kedua mungkin terbilang sangat fatal bagi kebanyakan orang. Soalnya, smartphone ini tidak menyediakan slot MicroSD. Jadi, bagi kamu yang menganggap bahwa varian 128GB atau 256GB kurang, maka ini adalah masalah yang sangat fatal.


3. Tidak Memiliki Adaptor atau Charger Bawaan

Tidak Memiliki Adaptor Atau Charger Bawaan
Tidak Memiliki Adaptor atau Charger Bawaan | FreeMP3

Tidak tahu mengapa, namun yang pastinya Samsung telah mengikuti jejak Apple, yaitu dengan tidak menyertakan adaptor bawaan di dalam kotak pembeliannya. Karena hal ini, banyak orang yang menghujat Samsung. Soalnya, mau-tidak-mau, jika ingin mendapatkan charger bawaan, pembeli harus mengeluarkan uang ekstra.


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 


Nah, itulah tadi pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Galaxy S21 Plus 5G yang perlu kamu ketahui. Jadi, bagaimana menurut kamu, apakah artikel ini membantu? Jika iya, jangan sungkan untuk mengatakan pendapat kamu lewat kolom komentar terkait pembahasan kita kali ini ya!


Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.