Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Cepat

Dan

Dan

Cara sharing printer Windows 10 itu berbeda dengan Windows 7. Jadi bagi kamu yang bingung bagaimana caranya, berikut

Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Cepat

Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Cepat | Digital Operating Solutions

Kebanyakan orang masih bingung bagaimana cara sharing printer Windows 10, padahal hal tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat loh. Kurang lebih cara mengkoneksikannya sendiri tidak berbeda jauh seperti di Windows 7.

Namun yang menjadi perbedaan dari kedua sistem operasi tersebut adalah fitur HomeGroup, yang dimana sudah dicopot dari Windows 10. Padahal fitur tersebut sangat membantu, terutama bagi pekerja kantoran.

Baca Juga:

3 Cara Sharing Printer Windows 10 Tercepat

Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Cepat
3 Cara Sharing Printer Windows 10 Tercepat | Hellotech

Walaupun begitu, fitur HomeGroup sendiri masih bisa diakali dengan berbagai cara, salah satunya adalah cara sharing printer Windows 10 ini. Terlepas dari itu, berikut dia tutorial yang sudah kamu tunggu-tunggu!

BACA JUGA:  Steam Menghentikan Dukungan untuk Windows 7, 8, dan 8.1

1. Melalui Fitur di Windows

Buka Pengaturan Bluetooth & Devices

Pertama-tama buka Pengaturan terlebih dahulu pada PC kamu, lalu masuk ke menu Bluetooth & Devices, dan klik Add Manually seperti yang terlihat di foto.

Masukkan Informasi

Setelah itu, pilih menu Select a Shared Printer by Name dan masukkan nama PC dan printer utama milikmu, contohnya seperti di dalam foto ini. Kamu juga bisa menggunakan fitur “Browse” jika tidak mengetahui namanya dan lanjutkan saja arahan dari Windows.

Menginstal Driver Printer

Biasanya langkah-langkah diatas ini hanya memakan waktu sekitar 1 menit saja. Namun jika driver printer milikmu belum tersedia di PC tersebut, install saja lewat proses yang sama seperti cara sharing printer Windows 10 diatas ini. Lebih tepatnya nantinya kamu akan diminta untuk menginstal driver, ketika menjalankan “langkah kedua diatas.”

2. Cara Sharing Printer Windows 10 Lewat LAN

Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Cepat
Cara Sharing Printer Windows 10 Lewat LAN | IF Repair

LAN itu sangat berguna terutama bagi kamu yang bekerja dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Tidak hanya bisa sharing printer saja, LAN juga bisa membuat PC kamu berbagi file atau pun bermain game bersama dengan PC lainnya loh.

  • Buka Pengaturan Windows kamu lalu masuk ke Bluetooth & Devices lalu pilih printer yang ingi kamu sharing atau bagikan ke perangkat lainnya dan klik Manage.
  • Setelah itu masuk ke menu Printer Properties dan pilih Sharing nantinya.
  • Jika sudah sekarang kamu hanya perlu mengisi nama printer yang di sharing tersebut dan mencentang “Share this Printer” yang tepat diatas kolom nama printernya lalu Apply.
BACA JUGA:  Windows 7 Error Tak Bisa di Shutdown, Ini Solusinya!

3. Cara Mematikan Fitur Sharing Printer Windows 10

Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Cepat
Cara Mematikan Fitur Sharing Printer Windows 10 | Gizmologi

Jika barusan kita membahas bagaimana cara sharing printer Windows 10, maka sekarang Teknodaim akan memberitahu kamu bagaimana cara menghentikannya. Sebenarnya sangat mudah, sama seperti tutorial kedua.

  • Buka Pengaturan Windows lalu masuk ke menu Bluetooth & Devices, lalu pilih printer yang di sharing dan Manage.
  • Jika sudah masuk ke Properties printernya lalu hilangkan centang pada “Share this Printer” dan selesai.

Itulah tadi 3 cara sharing printer Windows 10 yang sangat gampang dan cepat untuk dilakukan. Jika kamu masih tidak paham bagaimana caranya, tulis saja di kolom komentar dibawah, agar bisa kami bantu secara langsung.

PrinterWindows

Related Posts