TipsHardware

Apa Itu Bottleneck Pada PC, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pasti kalian sering bukan melihat ada orang yang bertanya pada sebuah forum PC di sosial media tentang rakitan PC? Didalam postingan tersebut, sudah pasti banyak orang yang mengatakan “awas bottleneck gan“.

Namun, apa sih sebenarnya bottleneck itu? Mengapa banyak orang yang menyukai soal PC selalu takut dengan hal tersebut? Nah, oleh karena itulah disini Teknodaim akan memberitahukan kalian apa itu Bottleneck pada PC dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa Itu Bottleneck dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Bottleneck Antara Cpu Dan Gpu
Ilustrasi Bottleneck Antara CPU dan GPU | WePC

Tapi sebelum itu, pastikan kalian membaca dengan teliti untuk menghindari kesalahpahaman oke. Kalau udah paham, berikut apa itu bottleneck pada PC dan bagaimana cara mengatasinya.

Bottleneck

Bottleneck adalah suatu kondisi dimana performa komponen PC tidak bisa memberikan kinerja secara maksimal karena terhambat oleh komponen atau faktor lainnya, seperti software, sistem operasi dan semacamnya.

Umumnya bottleneck sendiri terjadi karena spesifikasi komponen yang kita gunakan tidak seimbang. Misalnya kita memakai prosesor AMD Ryzen 3 3200G dan disandingkan dengan kartu grafis NVIDIA RTX 3080, tentu saja performa kartu grafis tersebut terlalu besar daripada prosesor dan menghasilkan bottleneck bukan?

Tidak hanya prosesor dan kartu grafis saja, hard disk juga bisa menyebabkan bottleneck pada PC loh. Lebih tepatnya hal ini terjadi karena kecepatan hard disk sudah terlalu lambat bagi komponen up to date lainnya.

Cara Mengatasi Bottleneck

Perlu diingat bahwa cara dibawah ini belum tentu berhasil kepada kalian. Semua cara di bawah ini akan berhasil tergantung komponen dan software yang kalian gunakan (kecuali upgrade).

Upgrade

Nah, cara pertama ini pasti kalian sudah tau bukan? Yap, dengan melakukan upgrade pada komponen yang mengakibatkan bottleneck pastinya akan menghilangkan masalah tersebut. Misalnya kita menggunakan prosesor Ryzen 3 3200G dan RTX 3080, seperti yang tadi Teknodaim katakan ini akan bottleneck bukan? Nah, dengan mengganti prosesor tersebut ke yang lebih setara dengan kartu grafis, pastinya akan menghilangkan bottleneck!.

Overclocking

Sebenarnya cara ini tidak terlalu berpengaruh, tapi apa salahnya mencoba? Tapi sebelum kalian melakukan overclocking pada komponen yang menyebabkan bottleneck, pastikan bahwa komponen tersebut memiliki fitur overlock ya. Apa jadinya coba kalau kalian mencoba untuk overclocking namun komponennya sendiri tidak bisa melakukan hal tersebut?

Memainkan Game CPU/GPU Bound

Untuk cara ini sangat berpengaruh pada bottleneck. Soalnya kalo kalian memainkan game yang CPU/GPU bound, pastinya salah satu dari komponen tersebut akan mengalami kerja keras tergantung gamenya.

Masih belum paham? Nah, jadi gini, di artikel ini kita memiliki prosesor yang mengakibatkan bottleneck bukan? Nah, jadi jika kalian memainkan game yang lebih membutuhkan performa dari kartu grafis, seperti Assassin’s Creed Valhalla bottleneck akan berkurang drastis dan kalian tidak akan terkena stutter pada game.

Game Yang Memerlukan Performa Lebih Dari Kartu Grafis Atau Gpu Bound
Game yang Memerlukan Performa Lebih Dari Kartu Grafis atau GPU Bound | HiTekno.com

Jadi, bagaimana menurut kalian tentang artikel pembahasan mengenai bottleneck ini, mudah dipahami bukan? Jika ada dari kalian yang ingin bertanya soal bottleneck ini, katakan saja lewat kolom komentar ya!.

Related Posts