Teknodaim

    7 Fitur Baru di iOS 18 yang Bikin iPhone Makin Mirip HP Android

    Banyak beredar bocoran informasi mengenai fitur baru yang akan ditambahkan pada iOS 18 yang membuat iPhone semakin mirip Android.

    Ada 7 fitur baru di iOS 18 yang membuat iPhone terlihat semakin mirip dengan HP Android.

    Pada pertengahan tahun ini, Apple akan mengadakan Worldwide Developers Conference (WWDC). Pengumuman yang sangat Apple user nantikan adalah fitur-fitur baru yang akan mereka tambahkan dalam pembaruan sistem operasi iOS 18.

    Seperti kebiasaannya, Apple tidak pernah mengungkapkan secara resmi fitur-fitur apa saja yang akan mereka tambahkan pada iOS 18. Namun, informasi yang bocor sudah banyak beredar.

    Baca Juga: iOS 18 Ciptakan Perubahan Besar dengan Teknologi AI

    Fitur iOS 18 iPhone

    7 Fitur Baru di iOS 18 yang Bikin iPhone Makin Mirip HP Android

    Berikut adalah 7 fitur yang mungkin akan tersedia di iOS 18.

    1. Rebrand Apple ID

    Dalam laporan terbaru, disebutkan bahwa Apple sedang memikirkan untuk mengganti nama Apple ID menjadi Apple Account.

    BACA JUGA:  4 Cara Mengubah Format Gambar JPG ke PDF dengan Mudah di Android, iPhone dan PC

    Kemungkinan perubahan ini akan terjadi pada rilis iOS berikutnya, yaitu iOS 18.

    2. Emoji Terbaru

    Pada iOS 18, kemungkinan akan ada penambahan emoji-emoji baru.

    Meski demikian, belum ada informasi mengenai jenis simbol apa yang akan ditambahkan.

    Baca Juga: Apple Rilis iOS 17.2.1 dan Perkenalkan Fitur Keamanan Baru

    3. RCS

    Apple mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan layanan pesan Rich Communication Services (RCS) di perangkatnya pada tahun 2024 mendatang. Dengan fitur ini, pengguna akan dapat dengan mudah memulai pesan grup dengan pengguna Android, mengirim foto dan video berkualitas tinggi, serta berbagi lokasi.

    Dengan adanya fitur RCS ini, iPhone semakin menyerupai HP Android. Namun, menurut BGR, Apple masih mengabaikan Android untuk beberapa fitur. Misalnya, memoji, stiker, dan kemampuan mengedit atau membatalkan pesan yang telah terkirim hanya tersedia untuk pengguna iMessage saja.

    BACA JUGA:  Ini Dia 2 Pilihan Warna Menarik dari iPhone 16 Pro

    4. Kecerdasan Buatan (AI)

    Apple siap terlibat dalam persaingan AI dengan perusahaan teknologi besar lainnya, termasuk HP Android. Tim Cook, CEO Apple, mengatakan bahwa perusahaan akan mengumumkan lebih banyak informasi mengenai AI pada tahun ini.

    Dalam beberapa rumor, bahwa iOS 18 akan memiliki banyak fitur AI. Selain itu, ada juga rumor bahwa akan ada peningkatan lain seperti peringkasan dan pelengkap otomatis, pembuat daftar putar untuk Apple Music, Siri yang ditingkatkan dengan fokus pada AI, dan penyelesaian kode pada versi baru Xcode.

    5. Chatbot AI dari Pihak Ketiga

    Apple sedang berdiskusi dengan perusahaan seperti OpenAI, Google, dan Baidu untuk menghadirkan beberapa chatbot mereka ke dalam produk iPhone.

    Dengan cara ini, perusahaan dapat mengurangi pengeluaran dan meningkatkan pendapatan tanpa perlu khawatir tentang masalah etika dan privasi yang bisa menimbulkan kesalahan.

    BACA JUGA:  Harga Aplikasi iPhone di Indonesia Naik?

    6. Aplikasi Freeform

    Menurut laporan dari MacRumors, Apple sedang mempersiapkan update untuk aplikasi Freeform. Fitur baru yang akan meraka tambahkan adalah Freeform Scenes yang akan membantu pengguna dalam navigasi. Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih, mengedit, dan bekerja sama dalam satu adegan.

    Dalam antarmuka pengguna Freeform Scenes, akan ada penempatan dekat dengan kontrol zoom. Di sana akan ada sebuah bar sandwich baru yang menampilkan ikon panah untuk navigasi.

    7. Personalisasi Home Screen

    Pada pembaruan iOS 18, dikabarkan bahwa Home Screen akan mengalami perubahan. Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, pengguna akan memiliki kemampuan untuk mengatur tata letak ikon aplikasi di Home Screen, mirip dengan yang ada di HP Android.

    Baca Juga: Apple Rilis iOS 17.4.1 dengan Perbaikan Bug dan Update Keamanan

    Informasi yang bocor ini perlu kita ambil dengan hati-hati karena belum ada konfirmasi resmi dari pihak Apple. Mari kita sabar menunggu hingga bulan Juni nanti!

    Appleios 18iPhone

    Related Posts