Apple Rilis iOS 17.4.1 dengan Perbaikan Bug dan Update Keamanan

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

Apple telah meluncurkan pembaruan terbaru untuk sistem operasi iOS dengan versi 17.4.1 untuk pengguna iPhone di seluruh dunia.

Pada tanggal 21 April 2024, Apple merilis sistem operasi iOS 17.4.1 untuk semua pengguna iPhone di seluruh dunia. Berdasarkan informasi resmi dari situs Apple.com, iOS 17.4.1 memberikan pembaruan untuk meningkatkan keamanan.

Apple mengatakan bahwa pembaruan iOS 17.4.1 ini memberikan perbaikan bug yang penting dan juga update keamanan bagi semua pengguna.

Namun, Apple tidak memberikan rincian mengenai masalah keamanan yang mereka maksud. Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna iPhone, Apple mengatakan bahwa mereka sedang melakukan investigasi lebih lanjut dan akan memberikan rincian lebih lanjut setelah proses penyelidikan selesai.

Baca Juga: Penyimpanan 128GB di iPhone Sudah Mencukupi Menurut Apple, Kok Bisa?

Segera Perbarui ke Versi Terbaru iOS 17.4.1

Apple Rilis iOS 17.4.1 dengan Perbaikan Bug dan Update Keamanan
9to5Mac

Apple menjelaskan bahwa mereka tidak akan memberitahukan, membahas, atau menginformasikan masalah keamanan kepada pelanggan sampai ada penyelesaian atau pembaruan yang mereka rilis secara luas.

BACA JUGA:  Inilah Daftar iPhone yang Kebagian iOS 16, Gimana iPhone Kamu?

Walaupun Apple belum mengungkapkan informasi mengenai masalah keamanan tersebut, sebaiknya segera memperbarui ke versi terbaru iOS 17.4.1.

Untuk memastikan sistem dapat segera menambahkan lapisan keamanan tambahan dan menghindari masalah yang tidak diinginkan, seperti kebocoran data atau kesalahan lainnya.

Berdasarkan informasi dari 9to5Mac pada hari Jumat (22/4/2024), pembaruan iOS 17.4.1 dapat langsung pengguna akses melalui menu Pengaturan. Cukup klik pada bagian Umum dan pilih “Pembaruan Perangkat Lunak”. Di sana akan terdapat informasi mengenai pembaruan terbaru dengan kode nomor “21E236”.

Apabila ada informasi terbaru yang muncul, pengguna iPhone dapat segera melakukan pembaruan. Versi iOS 17.4.1 telah tersedia untuk semua smartphone yang menggunakan sistem operasi iOS 17. Jadi, pengguna iPhone XR, iPhone XS, atau versi yang lebih baru sudah bisa melakukan update.

Apple tidak hanya merilis pembaruan untuk pengguna iPhone, tetapi juga untuk perangkat lainnya. Misalnya, iPadOS 17.4.1 untuk iPad dan visionOS 1.1.1 untuk headset AR buatan Apple.

BACA JUGA:  Kapan iPhone 13 Rilis di Indonesia? Ini Tanggal dan Jadwal Lengkapnya

Pembaruan iPadOS 17.4.1. telah Apple rilis untuk pengguna di Indonesia. Terdapat beberapa fitur baru yang disertakan, seperti emoji baru, fitur transkrip di Apple Podcast, dan pembaruan keamanan untuk meningkatkan keamanan iPad.

Proses pembaruan iPadOS juga mirip dengan yang dilakukan di iPhone sebelumnya. Anda dapat melakukan pembaruan langsung melalui pengaturan dan memeriksa apakah ada pembaruan di bagian “Software update” yang terletak di menu General.

Baca Juga: iPhone 15 Pro Rilis dengan Desain Headset AR Apple Vision Pro

Pembaruan Terbaru di iOS 17.4.1

Apple merilis pembaruan iOS 17.4.1 setelah dua minggu peluncuran iOS 17.4. Pembaruan ini membawa sejumlah fitur baru untuk aplikasi Podcast, Siri, 100 emoji baru, dan sideload yang hanya tersedia bagi pengguna iPhone di Eropa.

Dapat dikatakan bahwa kemampuan sideload yang ditawarkan sangat menarik. Karena, Apple untuk pertama kalinya memungkinkan pengguna iPhone untuk menginstal aplikasi dari sumber lain, selain dari Apple Store.

BACA JUGA:  7 Fitur Baru di iOS 18 yang Bikin iPhone Makin Mirip HP Android

Sejauh ini, Apple sangat menentang memberikan izin terkait pengunduhan aplikasi dari sumber lain. Alasan utamanya adalah masalah keamanan. Namun, akhirnya Apple melonggarkan peraturan ini agar dapat mematuhi Undang-Undang Pasar Digital Uni Eropa (DMA).

Apple harus memberikan izin sideload sebelum 6 Maret 2024 jika ingin tetap beroperasi di Uni Eropa. Dengan izin sideload ini, pengguna iPhone di Eropa dapat mengunduh aplikasi web browser seperti Google.

Baca Juga: Daftar Fitur Tersembunyi di iPhone yang Wajib Diketahui dan Dicoba

AppleiOS 17.4Sistem Operasi

Related Posts