iOS 18 Ciptakan Perubahan Besar dengan Teknologi AI

Hervi Nurul

Hervi Nurul

Pengguna iPhone diharapkan akan mendapatkan banyak perubahan signifikan dengan hadirnya iOS 18 yang menggunakan teknologi AI.

iOS 18 Mengalami Perubahan dengan Menggunakan Teknologi AI

iOS 18 Mengalami Perubahan dengan Menggunakan Teknologi AI

Pengguna iPhone diharapkan akan mendapatkan banyak perubahan signifikan dengan hadirnya iOS 18 yang menggunakan teknologi AI.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple sedang mempersiapkan peluncuran iOS 18 di acara WWDC 2024. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kemungkinan besar acara tersebut akan diadakan pada bulan Juni 2024.

Berita terbaru dari Macrumors pada Selasa (5/3/2024) menyatakan bahwa ada pembaruan besar-besaran yang akan hadir di iOS 18. Berdasarkan informasi yang bocor, Apple akhirnya akan mengintegrasikan teknologi AI ke dalam sistem operasi iOS.

Ada kabar bahwa Apple ID akan berubah menjadi Apple Account pada akhir 2024. Tim Cook, CEO Apple, juga menyebutkan rencana pengembangan AI generatif untuk bersaing dengan ChatGPT.

iOS 18 Ciptakan Perubahan Besar dengan Teknologi AI
iOS 18 dengan Teknologi AI

iOS 18 menjadi Pembaruan Perngkat Lunak yang Inovatif

Beberapa iPhone juga akan menerima pembaruan iOS 18. Tim Cook mengungkapkan bahwa perubahan ini akan membuka peluang yang transformatif bagi pengguna Apple.

Dalam tambahan, berdasarkan sumber bocoran dari jurnalis Bloomberg bernama Mark Gurman, iOS 18 akan menjadi pembaruan perangkat lunak yang inovatif dengan fitur dan tampilan baru. Namun, tidak ada informasi mengenai detail-fitur yang akan hadir.

Dia juga mengatakan bahwa iOS 18 bisa menjadi pembaruan software terbesar yang pernah ada di iPhone, karena memiliki banyak fitur kecerdasan buatan yang sudah terintegrasikan.

BACA JUGA:  Update iOS 14 Bikin Para Pengguna iPhone Kehilangan Notifikasi Pesan Mereka

Mengenai AI, Tim Cook pernah mengatakan bahwa Apple telah menghabiskan waktu dan usaha dalam memajukan teknologi tersebut.

Pada iOS terbaru, terdapat kehadiran AI yang akan mendukung berbagai aplikasi bawaan Apple di iPhone. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan performa Siri.

Berdasarkan informasi yang bocor, Siri akan menjadi lebih canggih berkat dukungan dari LLM (Large-Language Models) dalam asisten virtual ini. Dengan teknologi tersebut, interaksi antara pengguna dan Siri akan semakin meningkat.

Selain menambahkan fitur baru, terdapat laporan yang menyebutkan bahwa Apple akan melakukan beberapa perubahan kecil pada desain iOS 18.

Terdapat laporan yang mengatakan bahwa Apple berencana untuk mengintegrasikan beberapa elemen dari tampilan visionOS ke dalam iOS 18, meskipun tidak secara keseluruhan.

Perubahan Nama Apple ID menjadi Apple account

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk mengubah nama Apple ID menjadi Apple Account. Pelaksanaan perkiraan ini yaitu pada akhir tahun 2024.

Berdasarkan informasi dari Apple Insider pada hari Sabtu (2/3/2024), Apple ID adalah metode untuk masuk ke layanan Apple Services.

BACA JUGA:  Apple Umumkan iPohone akan Mirip dengan Android

Setelah berhasil masuk ke dalam akun Apple ID, pengguna dapat memanfaatkan berbagai layanan yang disediakan oleh Apple. Diantaranya adalah Apple Music, App Store, dan juga fitur untuk melacak perangkat yang hilang.

Saat ini, Apple ID telah menjadi bagian yang sangat penting dari semua hal yang berhubungan dengan Apple. Oleh karena itu, sulit untuk menentukan sejak kapan Apple ID sudah ada.

Pada dekade 1990-an, Apple mencoba memperkenalkan layanan bernama eWorld namun sayangnya tidak berhasil. Sebelumnya, Apple juga telah menghadirkan layanan bernama AppleLink sebagai sarana bagi dealer pada tahun 80-an.

Penyediaan Alat melalui itools tahun 2000

Selanjutnya, Apple juga menyediakan alat untuk masuk melalui iTools pada tahun 2000.

Pada waktu itu, layanan tersebut tidak memerlukan pembayaran sehingga pengguna tidak perlu menyediakan informasi kartu kredit mereka. Oleh karena itu, kebutuhan akan tingkat keamanan menjadi berkurang.

Rencananya akan diluncurkan bersama dengan iOS 18, kemudian muncul iTunes Music Store pada tahun 2003 yang sekarang lebih dikenal sebagai Apple ID. Oleh karena itu, Apple ID telah ada selama sekitar 21 tahun dan menjadi bagian penting bagi pengguna Apple selama beberapa dekade.

BACA JUGA:  Diprediksi Harga Jual Smartphone Akan Makin Mahal

Saat ini, berdasarkan pertimbangan perusahaan, ada kemungkinan bahwa nama Apple ID akan diubah menjadi Apple Account. Menurut laporan dari MacRumors, Apple sedang mempertimbangkan untuk melakukan perubahan pada Apple ID mereka.

Apple berharap dapat meluncurkan rebranding tersebut secara bersamaan dengan rilis iOS 18 dan versi macOS berikutnya. Sekarang ini, belum ada penjelasan mengapa Apple sedang memikirkan untuk mengganti Apple ID menjadi Apple Account atau apakah hal itu akan benar-benar terjadi.

Pada saat musim gugur yang lalu, Apple sempat menyebutkan tentang AI generatif ketika mereka memperkenalkan fitur baru untuk mengoreksi otomatis dan memprediksi teks di platform mereka.

Tetapi, yang menjadi pertanyaan adalah apakah Cook benar-benar akan memprioritaskan pengembangan AI pada tahun ini atau dia bertujuan agar Apple menciptakan inovasi baru dalam teknologi AI-nya tahun ini?

Baca juga:

iosios 18iPhoneteknologi AI

Related Posts