Gadget

5 Alasan yang Membuat Produk Apple Sangat Mahal di Pasaran

Bagi sebagian orang, ketika melihat atau mendengar produk Apple, mungkin bakal menganggapnya sebagai salah satu barang yang mewah. Tentunya anggapan tersebut tidak bisa dibilang salah, karena memang produk Apple memiliki harga yang cukup tinggi, terutama untuk iPhone. Oleh karena itu kali ini kami ingin mengajak kalian untuk membahas kenapa produk Apple mahal.

Perlu kalian ketahui selain iPhone, Apple juga mempunyai produk lain seperti desktop yang dikenal dengan Mac, jam tangan pintar Apple Watch, tablet iPad, serta earphone nirkabel Airpods.

Baca Juga:

5 Alasan Kenapa Produk Apple Mahal

Persepsi soal produk Apple mahal sangat melekat, sering kali orang yang memiliki iPhone atau iPad dianggap sebagai orang kaya atau mempunyai pendapatan yang lebih besar ketimbang orang lain.

1. Biaya Riset dan Pengembangan yang Mahal

Biaya Riset Dan Pengembangan Yang Mahal
Biaya Riset Dan Pengembangan Yang Mahal | wowkeren.com

Alasan kenapa produk Apple mahal yang pertama yaitu karena biaya riset dan pengembangannya. Jadi menurut informasi yang kami dapatkan, pada tahun 2020 Apple pernah menghabiskan dana sekitar 18 Miliar Dolar AS untuk biaya riset dan pengembangan.

Tentunya dana tersebut sepenuhnya dipakai untuk membiayai kegiatan riset dan pengembangan di berbagai laboratorium penelitian Apple yang tersebar di seluruh dunia.

2. Software Eksklusif

Software Ekslusif | Kenapa Produk Apple Mahal
Software Ekslusif | ponselio.com

Alasan kenapa produk Apple mahal selanjutnya yaitu karena perusahaan Apple memakai perangkat lunak atau Software eksklusif bagi semua produk mereka yang dikembangkan oleh perusahaan sendiri.

Nah contohnya Sistem Operasi iOS yang cuman ada di produk iPhone saja, berbeda dengan Android OS buatan Google yang bisa dipakai di banyak merek ponsel. Perbedaan pengguna sistem operasi ini juga berlaku untuk produk lain.

3. Jaminan Dukungan Pembaruan Software

Jaminan Dukungan Pembaruan Software
Jaminan Dukungan Pembaruan Software | vimvoxlab.com

Alasan kenapa produk Apple mahal berikutnya yaitu karena perusahaan Apple memberikan jaminan dukungan pembaruan Software ke setiap perangkat dalam waktu yang cukup lama. Apple bisa melakukan hal tersebut karena software eksklusif tersebut.

Jadi pengembangan pembaruan software bisa lebih optimal karena tidak perlu repot memikirkan kompatibilitasnya di banyak perangkat. Sebagai contoh yaitu iPhone 6s yang rilis pada tahun 2015, tapi masih mendapat pembaruan Software iOS 15.

4. Mempunyai Sistem Keamanan yang Ketat

Mempunyai Sistem Keamanan Yang Ketat | Kenapa Produk Apple Mahal
Mempunyai Sistem Keamanan Yang Ketat | dunia.tempo.co

Kemudian Apple mempunyai sistem keamanan yang ketat, dengan pengembangan Software yang bersifat eksklusif atau tidak open source, produk Apple cenderung sulit untuk dibobol.

Meskipun Apple memberikan harga yang mahal bagi produknya, tapi mereka memberikan sistem keamanan yang ketat ke semua produknya. Inilah yang menjadi alasan kenapa publik figur lebih sering memakai produk Apple.

5. Memakai Komponen Premium

Memakai Komponen Premium | Kenapa Produk Apple Mahal
Memakai Komponen Premium | tekno.sindonews.com

Alasan kenapa iPhone lebih mahal terakhir yaitu perusahaan Apple memakai komponen perangkat keras yang paling mahal dan premium di pasar. Karena menggunakan komponen Premium, jarang ada keluhan terkait gangguan yang mengharuskan perbaikan.

Dengan komponen tersebut, produk Apple bisa bertahan lebih lama dari produk lainnya. Fungsi komponen juga masih bisa berjalan dengan baik, meskipun perangkat sudah dipakai untuk waktu yang lama.


Demikianlah beberapa alasan kenapa produk Apple mahal. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih apakah informasi yang kami sampaikan sangat bermanfaat? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim.

What's your reaction?

Related Posts