menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaTakut Di-Vaksin? Simak Penjelasan Cara Kerja Vaksin Corona Berikut ini!

Takut Di-Vaksin? Simak Penjelasan Cara Kerja Vaksin Corona Berikut ini!

Ilustrasi Vaksin Corona

Setelah sekian lama, Vaksin Corona yang merupakan solusi terbaik mengatasi Pandemi saat ini akhirnya hadir juga. Sampai saat ini uji coba Vaksin Corona di Indonesia sudah memasuki Fase ke-3. Hasilnya menunjukkan kalau vaksin itu efektif 65,3% untuk lawan Virus Corona.

Vaksin Corona memiliki berbagai macam jenis, salah satu yang sedang kita bicarakan saat ini merupakan Vaksin CoronaVac buatan Sinovac. Sebuah perusahaan asal China yang mengirim vaksin ke Indonesia. Sekaligus yang menjelaskan tentang Cara Kerja Vaksin Corona itu sendiri.

Melansir dari situs CNN Indonesia, CoronaVac merupakan sebuah vaksin yang terbuat dari suatu Virus Corona yang sudah mati. Dapat disuntikkan ke lengan pasien yang mengidap COVID-19 dan sudah terbukti aman.

Cara Kerja Vaksin Corona

Cara kerja Vaksin COVID 19 harusnya tidak berbeda dengan jauh dengan vaksin biasa pada umumnya. Vaksin Corona akan bekerja sebagaimana mestinya dengan membentuk sebuah kekebalan tubuh yang mampu menahan bakteri atau virus dalam tubuh manusia.

JANGAN LEWATKAN •
WHO: Jenis virus Corona Baru di Inggris Kemungkinan Lebih Ganas
Cara Kerja Vaksin Corona
Ilustrasi Cara Kerja Vaksin Corona | Pixabay

Namun menurut perusahaan Sinovac, Cara kerja Virus Corona miliknya ini agak sedikit berbeda. Setelah serum Vaksin sudah masuk ke dalam tubuh manusia. Tubuh Manusia itu akan memiliki sejumlah sel kekebalan yang disebut dengan Antigen atau Antibodi.

Cara Kerja Vaksin Corona
Ilustrasi Antibodi vs Corona | Pinterest

Kemudian Sel-sel kekebalan inilah yang nantinya akan membunuh Virus Corona hingga menjadi beberapa Fragmen atau pecahan. Selanjutnya
Sel T yang ada di dalam tubuh akan mendeteksi Fragmen tersebut yang apabila cocok akan dijadikan sebagai protein dalam tubuh manusia.

Tak hanya itu, beberapa jenis sel kekebalan tubuh lainnya seperti Sel B juga dapat membantu dalam menghadapi Virus Corona yang tidak aktif. Ketika Sel B terkunci, ia dapat menarik sebagian bahkan jika beruntung seluruh virus di dalam tubuh lalu menampilkannya di permukaan.

Apa yang Terjadi Setelah Tubuh kita Divaksin?

Cara Kerja Vaksin Corona
Ilustrasi Vaksin Corona | AFP

Untuk kamu yang takut divaksin, perusahaan Sinovac ini juga mengatakan kalau Cara Kerja Vaksin COVID 19 tidaklah berbahaya. Menurutnya sistem kekebalan dalam tubuh yang dibangunkan dengan Vaksin nantinya akan menghasilkan Sejumlah Antibodi baru yang akan menjadi Tameng sekaligus Tombak dalam tubuh manusia.

JANGAN LEWATKAN •
Vaksin Ini Disebut Ampuh 94% Untuk Lawan COVID-19

Meskipun cara kerja vaksin Corona dari CoronaVac ini menawarkan perlindungan yang efektif terhadap COVID-19. Tapi tidak ada yang bisa menjamin akan berapa perlindungan tersebut dapat bertahan. Terdapat sebuah potensi yang mengatakan kalau tingkat Antibodi bisa turun setelah berbulan-bulan lamanya.


Gimana udah ngerti belum sama penjelasan tentang cara kerja Vaksin COVID 19 tadi? Kalau ada yang sulit dipahami, kamu bisa tambahkan aja langsung di kolom komentar yang tersedia.