Cara Membersihkan Cache di Windows dengan Mudah Tanpa Software

in , , , , , ,
Cara membersihkan cache windows dan cara membersihkan sampah di pc by teknodaim

Ketika selesai mengerjakan sesuatu, biasanya kita meninggalkan sampah di sekitaran area kita bekerja tersebut. Termasuk juga pada komputer, maka dari itu ketahuilah cara membersihkan Cache Windows atau cara membersihkan sampah di PC.

Sampah yang dimaksud itu bisa dibilang adalah data-data sisa yang sudah tidak akan digunakan lagi seperti data Recycle Bin. Sedikit berbeda dengan Cache yang masih berguna agar aplikasi dapat berjalan lebih cepat ketika dibuka kembali.

Cara Menghapus Cache Windows

Cache sebenarnya tidak menganggu, namun jika spesifikasi atau ruang perangkat yang digunakan sempit maka akan menumpuk dan menganggu kelancaran aktivitas yang kita lakukan. Cache adalah sekumpulan data yang tidak permanen.

Cache ada agar sebuah aplikasi atau program dapat diakses kembali secara cepat tanpa harus membuat Cache yang baru. Namun jika laptop atau komputer kamu sudah terasa lemot, bisa saja penyebabnya adalah karena penumpukan Cache.


Metode 1

  • Tekan tombol Windows + R serentak pada keyboard dan ketik %temp% kemudian tekan Enter.
  • Maka Folder Temporary dari Windows akan terbuka.
  • Silahkan hapus semua file yang ada pada tersebut.

Metode 2

  • Pada Windows 10 kamu bisa langsung klik Start kemudian ketik Disk Cleanup.
Cara membersihkan cache windows dan cara membersihkan sampah di pc by teknodaim
  • Namun jika kamu pengguna OS Windows versi lawas, silahkan pergi ke Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup.
Cara membersihkan cache windows dan cara membersihkan sampah di pc by teknodaim 1
  • Setelah itu pilih SSD atau HDD yang ingin dibersihkan dan centang semua pilihan.
  • Tekan tombol OK dan silahkan tunggu beberapa saat.
  • Lama proses pembersihan akan berjalan tergantung ukuran dan banyaknya Cache.

Baca Juga:


Untuk mendapatkan pemberitahuan atau bantuan mengatur kapan Cache harus dibersihkan, gunakan CCleaner. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan Recycle Bin ketika sudah menghapus sesuatu. Jangan biarkan lama hingga menumpuk.

Itulah tadi tips cara membersihkan sampah di PC atau cara membersihkan Cache Windows yang disarankan. Cara menghapus Cache Windows penting diketahui agar menghindari efek buruknya pada laptop atau komputer. Semoga bermanfaat.