Nih 5 Level Hacker yang Harus Dihindari, Mulai dari Pengintip Hingga Pencuri Data

in , ,
Tingkatan hacker, apa itu deface dan cara mengatasi hacker by teknodaim

Hacker adalah pelaku kejahatan yang dominan melancarkan aksinya secara online memanfaatkan celah atau Bug pada sebuah program. Kali ini kita akan bahas mengenai tingkatan Hacker, apa itu Deface dan sedikit tips bagaimana cara mengatasi Hacker.

Beberapa waktu lalu ada kasus yang cukup menggegerkan kita para pengguna internet, dimana ada salah seorang Influencer yang mengalami pembobolan sebuah akun yang berisikan saldo atau uang yang terbilang cukup besar yang tentunya ulah Hacker.

5 Level Hacker Berdasarkan Skillnya

Hacker bukan hanya dilakukan oleh pelaku seorang diri, ada banyak Hacker yang melakukan aksinya seperti membobol akun dan Rekening secara berkelompok. Sebelum asal beranggapan mengenai aksi peretasan, kenali mereka-mereka dulu:

1. Script Kiddies

Tingkatan hacker apa itu deface dan cara mengatasi hacker by teknodaim

Level Hacker yang pertama disebut Level Hacker. Tingkatan Hacker yang satu ini adalah tipe atau peretas yang masuk dalam kategori Newbie alias pemula. Kebanyakan sih, tipe seperti mereka ini melakukan percobaannya dan sering Show Off.

Aksi peretasan yang dilakukan pun terbilang ringan, karena yang masih tergolong Script Kiddies adalah para pemula yang melakukan aktivitas peretasan dengan mengandalkan program, tools atau skrip yang sudah dibuat Hacker terdahulu.


2. Hacking Group

Tingkatan hacker apa itu deface dan cara mengatasi hacker by teknodaim 1

Jika kamu pernah mendengar yang namanya Defacer atau aksi Deface, maka istilah tersebut adalah salah satu bagian dari Hacking Group. Bisa dikatakan kalau Hacking Group adalah mereka-mereka yang puya beragam skill bergabung menjadi satu.

Jadi bukan tidak mungkin dalam satu kelompok tersebut bisa terdiri dari para Script Kiddies. Demi mencapai sebuah tujuan atau misi tertentu, misalnya untuk menunjukan eksistensi mereka kepada publik dengan meretas celah pada sebuah situs.

Apa itu Deface? Yaitu kelompok yang memiliki kemampuan peretasan untuk mengubah tampilan website dengan sebuah tujuan tertentu, misalnya untuk menyuarakan Aspirasi mereka. Yang satu ini sudah sangat sering terjadi.

Apa itu Cracker? Yaitu mereka-mereka ini melakukan aksinya untuk menguji seberapa kuat keamanan sebuah sistem. Selain untuk menunjukan eksistensi, yang seperti mereka ini hanya memiliki tujuan untuk menemukan celah saja.

Kelemahan pada tingkat keamanan tersebut digunakan agar sebuah software atau layanan berbayar diubah jadi layanan bebas dan gratis. Kalau kamu sering Download file, data atau game bajakan! Ya itu, pembajakanya itu adalah Cracker.

Apa itu Carding? Carder atau pelaku Carding sudah termasuk ke dalam golongan aksi kriminal tingkat tinggi dan sangat-sangat wajib untuk diwaspadai. Mereka ini punya kemampuan untuk melakukan peretasan akun, terutama pada kartu kredit.

Bahkan Carder dapat melakukan pembobolan akun penting seperti akun Online Store serta memanfaatkan celah pada situs jual beli untuk mendapatkan keuntungan tertentu. Misalnya Carder yang berhasil menemukan celah mengubah harga.


3. Hacktivist

Hacktivist adalah istilah untuk menyebut para peretas yang memiliki Visi dan Misi yang sama. Jadi dengan bersatu, mereka akan berbagi kemampuan serta pengalaman masing-masaing. Aksi mereka biasanya seperti menyerang Politis dan Sosial.


4. Black Hat Professionals

Hacker standing alone in dark room

Kemudian ada tipe Hacker kelas atas yang disebut Black Hat Professionals. Yang satu ini sangat berbahaya, karena ras mereka ini ahli dalam hal Coding atau bahasa pemrograman serta beraksi benar-benar secara Anonim. Ini buronan Pro.


5. The Automated Tool

Satu lagi level Hacker yang berbahaya, yaitu para pelaku kriminal yang disebut The Automated Tool. The Automated Tool tergolong ke dalam ahli peretasan, karena mereka memiliki kemampuan untuk menciptakan virus berbahaya.

Virus yang dibuat akan menghasilkan dampak mengerikan yang menginfeksi perangkat elektronik. Sejauh ini, salah satu kasus virus yang paling berbahaya adalah WannaCry Ransomware Attack. Berhati-hatilah saat mengunduh sesuatu.


Cara Mengatasi Hacker

Sedikit tips agar terhindar dari pelaku kejahatan di dunia maya, coba mulai tambahkan keamanan ekstra pada akun penting. Misalnya untuk login ke akun jual beli, aktifkan mode wajib memasukan nomor kode verifikasi terlebih dahulu untuk bisa login.

Kemudian hindari aktivitas pada situs atau website yang tidak jelas, karena kamu bisa saja sedang mengakses situs Phising. Jangan mengetik informasi, data atau identitas diri ke sebuah formulir di situs yang mencurigakan. Perhatikan isi dan domain situs tersebut.


Baca Juga: Apa itu Phising Disini


Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa tingkatan Hacker, apa itu Deface, Cracking serta sedikit tips sebagai cara mengatasi Hacker yang bisa dilakukan. Adanya level Hacker bukan berarti harus membedakan tingkat kewaspadaan terhadap mereka.

Untuk virus semacam Malware dan Rasomware, disarankan untuk menggunakan antivirus terpercaya pada Android. Sedangkan pengguna PC, Upgrade ke OS Windows 10 dan selalu aktifkan Windows Defender. Sekian dan semoga bermanfaat.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *