5 Cara Ampuh Mengatasi RAM Usable di PC dan Laptop

in , , ,
Cara mengatasi ram usable dan cara mengatasi ram tidak terbaca penuh by teknodaim

Layar Blue Screen atau layar hitam mentok saat Booting biasanya adalah sebab dari RAM bermasalah. Dan ada juga kasus RAM yang tidak terbaca penuh. Yuk bahas cara mengatasi RAM Usable dan bisa dibilang cara mengatasi RAM tidak terbaca penuh.

RAM adalah Hardware dan yang tak kalah penting dibanding komponen lain seperti Prosesor. Semakin besar dan bagus kinerja RAM, maka proses pengolahan data akan jadi semakin baik pula. Jika RAM tak terbaca penuh, tentu akan merugikan.

Cara Menghilangkan Usable RAM

Adanya status Usable pada RAM menandakan bahwa perangkat tersebut tidak berjalan maksimal atau seutuhnya memberikan kinerjanya kepada komputer atau laptop. Misalnya seperti RAM 8 GB yang seharusnya terbaca penuh hanya terbaca 3.75 saja.


1. Pindah Versi Sistem Operasi

Pada pengguna OS Windows, tidak jarang orang mengalami masalah RAM Usable ini. Bagi kamu yang menggunakan Windows versi 32 bit, ketahuilah! Maksimal atau batas limit RAM yang dapat digunakan hanya 4 GB saja. Jika lebih akan terbagi.

Sistem 32 hanya diperuntungkan untuk komputer atau laptop berspesifikasi masih dibawah High End. Jadi jika kamu menggunakan RAM berkapasitas diatatas 4 GB, maka akan menjadi sisa dari yang Usable. Apa cara mengatasi RAM Usable ini?

Sebagai solusinya, silahkan Upgrade sistem operasi. Untuk kalian yang menggunakan komputer atau laptop sebagai alat main game, editing dan aktivitas berat lainnya yang menggunakan RAM diatas 4 GB, silahkan ganti sistem operasi ke Windows 64 bit.


2. Mengatur MSConfig

MSConfig adalah salah satu panel dari Windows yang dapat digunakan untuk mengatur berbagai konfigurasi Booting, termasuk memperbaiki RAM Usable. Berikut adalah cara mengatasi RAM tidak terbaca penuh melalui MSConfig:

  • Buka Panel MSConfig dengan mengetikannya setelah menekan tombol Start.
  • Atau bukan MSConfig dengan cara tekan tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan, kemudian Ketik MSConfig.
Cara mengatasi ram usable dan cara mengatasi ram tidak terbaca penuh by teknodaim
  • Jika sudah masuk, silahkan pilih opsi Boot > Advanced Options.
  • Sekarang beri centang pada tulisan Maximum Memory.
Cara mengatasi ram usable dan cara mengatasi ram tidak terbaca penuh by teknodaim 1
Cara mengatasi ram usable dan cara mengatasi ram tidak terbaca penuh by teknodaim 2
  • Setelah itu silahkan klik OK dan jika ada permintaan Restart, setujui saja.

3. Mengatur Shared Memory di Bios

Setiap Motherboard memiliki bios masing-masing yang berbeda, tergantung dengan merk dan tipe nya juga. Namun pada umumnya, tempat atau opsi untuk pengaturan Shared Memory mereka sama saja. Silahkan matikan komputer dulu.

  • Matikan komputer atau laptop, kemudian hidupkan lagi.
  • Saat hidup tekan tombol Del atau Delete pada keyboard secara terus menerus hingga masuk ke mode Bios.
  • Gunakan tombol kanan, kiri, atas dan bawah untuk berpindah pilihan atau menu. Tombol yang dimaksud adalah tombol seperti pada gambar ini:
  • Tombol Enter untuk memasuki sebuah pengaturan.
  • Sekarang silahkan pergi ke Advanced Options dan cari Shared Memory.
  • Jika sudah menemukannya, silahkan tekan Enter dan ubah Shared Memory sesuai kebutuhan.
  • Mungkin kamu bisa menyetelnya dengan yang paling rendah misalnya jadi 256 MB.

4. Mengganti Prosesor dan Motherboard

Tahukah kamu, pada sebuah komputer dan juga laptop ada yang namanya VGA Onboard atau VGA Internal. VGA tersebut bisa dibilang adalah kartu grafis bawaan dari Prosesor atau Motherboard, atau bisa juga disebut Integrated Graphics Processor.

Maka dari itu, RAM akan berbagi dengan VGA Onboard. Hal itu disebut Shared Memory, biasanya akan terjadi pada pengguna Prosesor AMD APU dan Intel HD.

Jika kamu menggunakan diantara keduanya, maka RAM diatas 4 GB akan mengalami status Usable atau kita tidak dapat menggunakan kapasitas RAM sepenuhnya.


5. Hapus Debu RAM

Cara mengatasi RAM Usable yang terakhir adalah dengan membersihkannya. Jika kamu menggunakan dua RAM dan satunya tidak terbaca, berarti ada masalah dengan salah satunya. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan penghapus.

Siapkan penghapus putih, kemudian lepas RAM dari komputer atau laptop. Setelah itu silahkan bersihkan kuningan RAM dengan cara menghapuskan debu menggunakan penghapus. Jangan terlalu keras karena dapat menyebabkan kuningan patah.

Jika masalah yang sering kamu alami adalah gagal Booting atau Black Screen, dan juga Blue Screen, tetapi RAM terbaca penuh tanpa adanya status Usable, maka cara terakhir adalah solusinya. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Banyak yang Belum Tahu, Apa sih Perbedaan RAM dan ROM?

Tinggalkan Balasan