10 Kode Perintah yang Jarang Diketahui Pengguna Android, No. 3 Paling Penting!

in , , , ,
Kode perintah rahasia di android by teknodaim

Di era kemajuan teknologi yang pesat saat ini, Android merupakan salah satu perangkat canggih yang digunakan oleh banyak orang. Dan perannya yang sudah menggantikan ponsel-ponsel terdahulu, tahukah kamu bahwa ada kode perintah rahasia di Android?

Meskipun pengguna smartphone Android sudah jadi mayoritas, tak semua pengetahuan mereka tentang perangkat tersebut sudah terbuka lebar. Bahkan masih ada yang belum memahami fungsi tombol kombinasi ataupun fungsi lainnya.

10 Kode Perintah yang Jarang Diketahui Pengguna Android

Bagaikan Easter Egg, beberapa kode perintah berikut mungkin masih belum disadari pengguna Android pada umumnya. Mungkin karena termasuk sulit dihafalkan atau faktor lainnya, penasaran apa saja kode yang dimaksud? Yuk lanjut:

1. Kode Cek Operator dan Internet

##197328640## Adalah kode yang dapat digunakan pada perangkat Android untuk mengetahui apa nama Operator yang sedang digunakan, misalnya kamu bingung apakah sedang menggunakan SIM1 atau SIM2 sebagai Operator dan GPRS.


2. Kode Menguji Kemampuan Layar Sentuh

Kode Easter Egg berikutnya adalah sebuah kode untuk mengetahui bagaimana kemampuan atau kondisi layar sentuh pada Android yang digunakan saat ini. Silahkan uji kemampuan layar sentuh dengan memanggil kode Dial ##2664##.

Dengan kode tersebut maka kita dapat mengetahui apakah semua sisi layar sentuh masih berfungsi dengan normal atau tidak. Jadi tidak perlu ke konter ataupun tukang servis buat buang-buang duit. Kode perintah rahasia di Android.


3. Kode Cek Keaslian Android

Kemudian ada kode Dial yang berfungsi untuk mengetahui keaslian sebuah produk ponsel. Jadi kamu bisa cek dulu sebelum Deal membeli HP, lihat apakah barang tersebut asli atau palsu dengan menggunakan panggilan perintah #0000#.


4. Kode Mengetahui Performa LCD

Dengan kode perintah ##0##*, maka kita dapat mengetahui apakah warna dan detail Android yang digunakan masih dalam keadaan normal atau tidak lagi.


5. Kode Cek Informasi Kamera

Kode lainnya ada cara cek informasi kamera Android menggunakan kode ##34971539#*#. Setelah berhasil menggunakannya, maka berapa Megapixel sensor dan resolusi kamera dan detail-detail penting lainnya akan terlihat.


6. Kode Cek Kualitas GPS Android

Kode perintah berikutnya juga tak kalah penting yaitu kode yang dapat menentukan apakah GPS masih dalam keadaan atau masih berfungsi dengan baik atau tidak. Silahkan ketik dan panggil kode perintah ##1472365## di Android.


7. Kode Cek Bluetooth

Pernah beberapa kali mengalami fungsi Bluetooth yang Error? Coba cek kondisinya dengan menggunakan kode Dial ##232331##.


8. Kode Cek Getar dan Flashlight

Apakah getar yang diaktifkan berfungsi dengan baik pada waktu yang ditetapkan? Coba cek kondisinya dengan menggunakan kode perintah ##0842##.


9. Kode Cek Audio

##0673## Atau ##0289## adalah kode untuk menguji atau mengetahui kondisi Speaker dan Audio apakah masih dalam keadaan baik atau sudah tidak layak lagi.


10. Factory Reset

Kode Factory Reset adalah kode emas yang dapat digunakan ketika dalam keadaan Darurat yang memaksa kita harus melakukan Restart seperti bawaan pabrik atau Reset Android seperti semula tanpa sebuah resiko. Kode perintahnya adalah ##7780##.


Itulah tadi beberapa kode perintah di Android yang jarang diketahui pengguna smartphone tersebut secara umum. Mungkin ada tambahan atau tanggapan yang ingin kamu tulis, sampaikan di kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Mengenal 3 Jenis Infrared dan Fungsinya, Bukan Cuman yang Ada di HP!

Tinggalkan Balasan