TutorialOut of Tech

Cara Membuka File PDF yang Terkunci di Laptop/PC dan HP dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Tentu kalian pernah mengalami kejadian saat membuka file PDF yang terkunci bukan? atau tidak bisa menyalin dan melakukan Print? padahal isi dari file PDF itu begitu penting dan sangat dibutuhkan.

Jangan khawatir, kamu tidak perlu harus mengetik ulang seluruh isi dokumen tersebut. Karena sekarang sudah ada berbagai layanan gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuka file PDF yang terkunci tanpa aplikasi atau software apapun.

Sebelumnya perlu kamu ketahui ada dua jenis kunci PDF yang dipakai yaitu owner password dan open password. Jika Owner password sejatinya digunakan untuk melindungi file PDF dari tangan jail yang ingin mengubah isinya. Jadi pada kunci jenis ini orang lain hanya bisa membaca file tetapi tidak bisa melakukan editing apapun.

Sedangkan open password adalah mengunci file PDF yang diterapkan oleh orang lain supaya tidak bisa mengakses file tersebut. Apabila suatu saat kamu lupa password, maka file tersebut sama sekali tidak bisa diakses lagi. Sayangnya jika untuk metode penguncian ini memang tidak bisa sama sekali dibuka dengan layanan atau aplikasi manapun.

BACA JUGA:
Cara Mengubah File PDF ke Word Dengan Mudah dan Cepat

Nah kali ini Teknodaim akan berikan tips yang berlaku untuk file PDF yang dikunci dengan menggunakan metode owner password. Berikut cara membuka file PDF yang terkunci dengan PC/laptop dan Smartphone.

Cara Membuka File PDF yang Terkunci dengan Laptop/PC dan Smartphone

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Cara membuka PDF yang terkunci ini hanya berlaku untuk penguncian yang menggunakan metode owner password, jadi jangan sampai salah ya gengs! yuk langsung saja simak berikut langkah-langkanya.

  1. Kunjungi situs Smallpdf

    Buka browser yang ada di laptop atau di HP kamu, lalu ketikkan https://smallpdf.com/

  2. Unlock PDF

    Jika sudah berada di halaman Smallpdf, scroll ke bawah dan pilih ‘Unlock PDF’.

  3. Pilih dokumen

    Pilih dokumen yang berisi file PDF terkunci

  4. Centang

    Jika sudah memilih file PDF yang terkunci, jangan lupa centang di bagian tulisan ‘I pinky swear that I have the right to edit this file and remove its protection’. Kemudian pilih tombol UNLOCK PDF!

  5. Kunci secara otomatis akan terbuka

    Nah sekarang kamu bisa download file PDF yang sudah terbuka kuncinya tersebut dengan cara klik pada tombol Download

BACA JUGA:
5 Aplikasi dan Software Buat Ngedit File PDF Terbaik, Untuk Semua Jenis Perangkat!

Selain membuka kunci PDF yang terkunci, kamu juga bisa mengunci file PDF jika kamu anggap isinya itu penting yang tidak bisa dibuka oleh siapapun. Mau tahu caranya, langsung saja lihat melalui tautan di bawah ini.


Itulah cara membuka kunci PDF yang terkunci di Laptop/PC dan smartphone tanpa menggunakan aplikasi atau software. Semoga tutorial ini dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan. Kamu juga bisa request tutorial lainnya di Teknodaim melalui kolom komentar ya gengs!

Related Posts