Teknodaim

    5 Tips Mengatasi Masalah Baterai HP Tidak Terisi Ketika di-Charge

    Berikut ini 5 tips mengatasi baterai HP yang tidak terisi. Nah, daripada kamu penasaran, yuk, langsung saja simak penjelasannya!

    Cara Mengatasi Baterai Hp Tidak Terisi (lotter Mart)

    Cara Mengatasi Baterai Hp Tidak Terisi (lotter Mart)

    Mungkin kamu pernah mengalami masalah di mana baterai HP tidak terisi meskipun sedang kita isi. Daya baterai tidak bertambah atau bahkan berkurang.

    Biasanya, baterai akan mengisi daya ketika ponsel terhubung dengan charger. Ketika ponsel terhubung dengan charger dalam waktu yang lama, baterai akan menerima dan menyimpan daya sampai mencapai kapasitas penuh yang seharusnya.

    5 Tips Mengatasi Masalah Baterai HP Tidak Terisi Ketika di-Charge
    Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Terisi (Sumut – VOI)

    Namun, ada situasi di mana baterai HP tidak terisi meskipun sedang kita isi. Saat proses pengisian berlangsung, biasanya akan muncul simbol tegangan listrik di ikon baterai di layar HP. Simbol ini menunjukkan bahwa baterai HP sedang diisi daya.

    BACA JUGA:

    Tips mengatasi masalah baterai HP yang tidak bertambah saat diisi

    Saat baterai HP sedang terisi daya tetapi tidak terisi atau bahkan berkurang, biasanya simbol tegangan listrik tetap terlihat pada layar HP tersebut. Meskipun simbol tersebut muncul, namun persentase daya baterai HP tidak meningkat.

    BACA JUGA:  10 Cara Ampuh Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

    Kenapa baterai HP tidak terisi meskipun ponsel sedang diisi? Ada beberapa alasan mengapa ini terjadi, seperti masalah dengan kabel pengisi, adaptor pengisi, stopkontak, dan sebagainya.

    Apakah kamu juga mengalami masalah di mana daya baterai justru berkurang atau tidak terisi saat di-charge? Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi baterai HP tidak terisi saat di-charge.

    1. Berhenti menggunakan aplikasi yang membutuhkan banyak daya

    Saat menggunakan aplikasi yang membutuhkan banyak daya, seperti game online 3D, suhu HP akan meningkat karena kinerja perangkat keras yang lebih intensif. Akibatnya, suhu HP bisa menjadi lebih panas.

    Jika suhu ponsel dalam keadaan panas, biasanya beberapa fitur akan otomatis nonaktif, termasuk pengisian daya. Jadi, ketika kamu menggunakan aplikasi yang berat saat ponsel sedang diisi daya, kemungkinan pengisian daya tidak akan berjalan dengan baik.

    Baterai tidak terisi atau bahkan berkurang dayanya karena banyaknya konsumsi daya yang ponsel perlukan untuk menjalankan aplikasi yang berat. Menggunakan aplikasi yang berat sambil mengisi daya bisa menjadi salah satu alasan mengapa baterai HP tidak terisi.

    BACA JUGA:  Berikut 10 Tanda HP Disadap, Kamu Harus Waspada!

    Oleh karena itu, cara mengatasi masalah baterai HP yang tidak mengisi ketika sedang di-charge dalam situasi ini adalah dengan menghentikan sementara penggunaan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan banyak daya. Dengan begitu, suhu HP dapat kembali normal dan baterai dapat terisi kembali.

    2. Periksa Kabel Charger HP

    Periksa apakah kabel pengisi daya dalam keadaan baik. Baterai HP tidak terisi jika kabel pengisi daya rusak. Ini adalah masalah umum yang sering beberapa pengguna HP alami.

    Jika kabel cas terus-menerus tergulung, itu dapat menyebabkan kerusakan pada komponennya. Akibatnya, kabel tidak dapat menghantarkan daya dengan baik dan mengisi baterai HP.

    Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat mencoba menggunakan kabel pengisi daya yang lain untuk melihat respon pengisian daya perangkat.

    3. Pastikan Kamu menggunakan adaptor cas HP yang sesuai

    Ketika baterai HP tidak terisi dayanya dengan baik, hal ini karena ada kesalahan dalam menggunakan adaptor cas. Setiap adaptor cas memiliki output arus listrik yang harus sesuai dengan kemampuan baterai.

    Biasanya, jika menggunakan adaptor cas dengan arus listrik yang lebih rendah daripada kemampuan baterai, maka baterai akan terisi lebih lama. Atau saat menggunakan HP dan mengisi daya, daya bisa berkurang karena arus listrik yang masuk terlalu rendah.

    BACA JUGA:  7 Tips Agar Baterai Awet Dengan Mengisi Daya HP yang Benar

    Oleh karena itu, cara mengatasi masalah ketika baterai HP yang tidak dapat mengisi adalah dengan menggunakan adaptor pengisi daya yang cocok.

    4. Periksa Stopkontak

    Jika kamu mengalami masalah di mana ponsel kamu tidak mengisi daya saat menghubungkannya ke charger, ada kemungkinan bahwa masalahnya terletak pada stopkontak yang rusak. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencoba menggunakan stopkontak yang lain agar ponsel dapat terhubung dengan listrik dan mulai mengisi daya.

    Port cas yang kotor pada HP dapat menghambat aliran listrik. Hal ini dapat menyebabkan baterai HP tidak terisi meskipun sedang dalam proses pengisian daya.

    BACA JUGA:

    5. Bersihkan Port/Lubang Pada HP

    Untuk mengatasi masalah ketika baterai HP tidak mengisi saat di-charge, kamu dapat membersihkan port dengan menggunakan kain yang lembut. Dengan begitu, kamu dapat menghilangkan kotoran yang menempel di port cas sehingga tidak menghalangi arus listrik untuk masuk.

    Jika metode yang telah disebutkan sebelumnya tidak berhasil mengisi daya baterai, kemungkinan baterai mengalami kerusakan dan perlu dibawa ke pusat perbaikan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    Seperti itulah lima tips untuk mengatasi masalah ketika baterai HP tidak terisi beserta penyebabnya. Semoga informasi ini berguna.

    Related Posts