Teknodaim

    8 Cara Screenshot di Laptop dan PC, Nggak Ribet!

    Berikut ini ada 8 cara screenshot di laptop yang bisa kamu terapkan.

    8 Cara Screenshot Di Laptop (lifewire.com)

    8 Cara Screenshot Di Laptop (lifewire.com)

    Terdapat beberapa cara screenshot di laptop atau PC. Screenshot, atau tangkapan layar, adalah teknik yang sering orang-orang gunakan untuk menyalin data yang mereka perlukan dalam berbagai situasi.

    Misalnya, untuk mengambil tangkapan layar dari presentasi PPT, pertemuan online, atau menyalin gambar yang tidak tersimpan.

    Selain itu, di dalam komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows, terdapat beberapa tombol yang dapat kita gunakan untuk mengaktifkan fitur tangkapan layar.

    Di samping fitur bawaan screenshot di laptop, terdapat juga aplikasi dari pihak ketiga yang dapat kita unduh secara gratis maupun berbayar untuk fitur ini. Berikut ini adalah cara screenshot di laptop atau PC/komputer.

    8 Cara Screenshot di Laptop dan PC, Nggak Ribet!
    8 Cara Screenshot di Laptop (phonesable.com)

    Tombol Print Screen (PrtScn)

    Cara screenshot di laptop yang pertama, kamu dapat menggunakan tombol Print Screen (PrtScn) di keyboard. Saat tombol PrtScn kita tekan, screenshot akan secara otomatis tersalin ke clipboard.

    Agar dapat menyimpan file tangkapan layar, kita harus menyalin tangkapan layar dengan menekan tombol windows + V dan kemudian menyisipkannya ke dalam program apa pun seperti Paint atau Microsoft Word untuk memasukkan gambar.

    BACA JUGA:  Cara Merawat Mouse Gaming Agar Awet dan Good Looking

    Alt + Print Screen

    Salah satu cara screenshot di laptop adalah dengan menekan tombol Alt + PrtScn. Setelah itu, tangkapan layar akan secara otomatis tersalin ke papan klip.

    Seperti yang penulis jelaskan sebelumnya, langkah selanjutnya adalah menyalin tangkapan layar dan menyimpannya ke program lain sebagai file.

    Tombol Windows + Print Screen

    Cara screenshot di laptop lainnya yaitu kamu dapat menekan tombol Windows + PrtScn. Setelah itu, layar laptopmu akan mengalami penurunan kecerahan dan tangkapan layar seluruh layar akan tersimpan ke dalam folder.

    Agar lebih terperinci, berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot di laptop menggunakan tombol Windows + PrtScn.

    • Buka File Explorer.
    • Pilih folder Picture.
    • Maka kamu akan menemukan hasil screenshot-nya.

    Menggunakan Fitur Snip & Sketch

    Fitur Snip & Sketch pada laptop Windows 10 memungkinkan pengguna untuk dengan mudah dan cepat membuat tangkapan layar. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu dapat menggunakan pintasan keyboard dengan menekan tombol Windows + Shift + S.

    Secara otomatis, layar pada laptop akan menjadi lebih redup dan muncul sebuah menu mini untuk mengambil tangkapan layar di bagian atas layar. Di menu tersebut, terdapat pilihan untuk mengambil tangkapan layar berbentuk persegi panjang, bentuk yang bebas, jendela tertentu, atau bahkan seluruh layar.

    BACA JUGA:  Tips Memilih Mouse Gaming Agar Main Game Makin Asik!

    menggunakan Snipping Tool

    8 Cara Screenshot di Laptop dan PC, Nggak Ribet!
    Cara screenshot di laptop dengan menggunakan Snipping Tool (solab.co.uk)

    Cara screenshot di laptop berikutnya adalah dengan menggunakan Snipping Tool. Kamu bisa memulai Snipping Tool di Windows 11 dengan mencarinya melalui kombinasi tombol Windows + Shift + S.

    Kemudian, di bagian atas layar laptop akan muncul alat pilihan untuk tangkapan layar. Jika alat ini tersedia, kamu dapat mengambil tangkapan layar dalam berbagai bentuk, seperti persegi atau layar penuh.

    tombol Power dan Volume Up

    kamu dapat mengambil tangkapan layar di laptop dengan menggunakan tombol Power dan Volume Up pada perangkat Microsoft Surface.

    Untuk membuat screenshot, kamu dapat menekan tombol daya atau tombol volume naik pada jendela daya. Tangkapan layar yang kamu buat akan otomatis tersimpan di folder gambar > tangkapan layar.

    Untuk mencatat, jika ingin mengambil tangkapan layar di Surface 3 atau model sebelumnya, kamu harus menekan tombol logo Windows bersamaan dengan tombol volume turun.

    tombol Fn + tombol Windows

    Cara screenshot di laptop selanjutnya yaitu kamu dapat menggunakan kombinasi tombol Fn + tombol Windows jika laptop atau komputermu tidak memiliki tombol PrtScn. Ini adalah pintasan yang Microsoft sediakan.

    BACA JUGA:  6 Tips Agar WiFi Lebih Kenceng dan Stabil, Bikin Internetan Lancar

    BACA JUGA:

    Aplikasi Pihak Ketiga

    Jika kamu merasa tidak puas dengan fitur tangkapan layar bawaan Windows, ada aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu pertimbangkan untuk mengambil screenshot.

    Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengambil screenshot di laptop:

    Lightshot

    Lightshot adalah sebuah perangkat lunak tangkapan layar gratis yang dapat kita unduh dan kita instal di Windows 10. Aplikasi ini merupakan pengganti dari fitur Print Screen dan juga menyediakan berbagai kemampuan pengeditan yang lebih banyak.

    Greenshot

    Greenshot merupakan suatu perangkat gratis yang digunakan untuk mengambil tangkapan layar pada laptop. Dengan menggunakan perangkat ini, kamu dapat mengedit dan menyesuaikan tangkapan layar sesuai dengan keinginanmu.

    ScreenRec

    ScreenRec merupakan sebuah perangkat lunak gratis untuk Windows yang memiliki kemampuan untuk mengambil screenshot, merekam, dan membagikan video tangkapan layar. Selain itu, perangkat ini juga memiliki fitur anotasi yang memungkinkan pengguna untuk memberikan keterangan pada rekaman dan tangkapan layar yang bisa kita bagikan kepada orang lain.

    Nah, seperti itulah beberapa cara untuk mengambil screenshot di laptop atau PC. Setelah membaca artikel tersebut, pembaca sekarang sudah tahu bagaimana cara membuat screenshot dan tombol mana yang harus kita tekan. Semoga penjelasan ini bermanfaat, ya!

    Related Posts