Teknodaim

    6 Tanda-tanda Komponen PC Rusak, Kamu Harus Tahu Ini!

    Penasaran nggak, apa saja tanda-tanda Komponen PC rusak? Kalau penasaran, yuk simak sampai habis!

    Tanda-tanda Komponen Pc Rusak (amantrabali.com)

    Tanda-tanda Komponen Pc Rusak (amantrabali.com)

    Penasaran nggak, apa saja tanda-tanda Komponen PC rusak? Kalau penasaran, yuk simak sampai habis! Komputer atau PC merupakan peranti yang tak bisa dilewatkan dalam kehidupan masa kini. Segala aktivitas, baik itu pekerjaan maupun hiburan seperti bermain game, semuanya tergantung pada komputer PC.

    Terutama dalam era digital dan terhubung melalui internet seperti saat ini, semua hal memerlukan komputer untuk melakukan pemrosesan. Sebagai contoh, ATM dan kasir di minimarket menggunakan komputer agar dapat beroperasi.

    6 Tanda-tanda Komponen PC Rusak, Kamu Harus Tahu Ini!
    teknisi sedang memperbaiki komponen PC rusak (techthisout.com.au)

    Tapi, apakah kamu pernah merasa bahwa komputer kamu terasa aneh? Seperti ada bagian yang hampir rusak. Misalnya, belakangan ini komputer kamu mulai lambat, sering muncul blue screen, atau bahkan mati sendiri. Mungkin itu adalah tanda bahwa komputer kamu sedang mengalami masalah.

    Ketika memiliki banyak komponen dalam PC, mungkin sulit untuk mengidentifikasi bagian mana yang menunjukkan tanda-tanda komponen PC rusak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami gejala-gejala PC yang sudah mulai mengalami kerusakan.

    BACA JUGA:

    BACA JUGA:  5 Produk Terjangkau yang Wajib Kamu Beli Untuk Rakit PC Khusus Budget 5 Jutaan (Juli 2019)

    Ada kabar baik, karena komputer PC terdiri dari beberapa komponen yang terpisah-pisah, maka jika ada yang rusak, hanya perlu mengganti komponen yang rusak tanpa harus mengganti seluruhnya.

    Tanda-tanda komponen PC rusak baiknya segera dapat kamu kenali dengan beberapa ciri berikut ini:

    Tanda-tanda komponen PC rusak Pertama

    Nah, tanda-tanda komponen PC rusak yang pertama yaitu ada bunyi ledakan kecil saat PC dinyalakan dan tercium bau terbakar. Jika kamu pernah mengalami kejadian seperti ini, kemungkinan penyebabnya yaitu PSU yang terbakar. Terutama jika bau terbakar berasal dari PSU, maka dapat dipastikan PSU kamu telah “diambil” oleh malaikat maut.

    Jangan mencoba menghidupkan komputer dalam kondisi seperti ini dan pastikan membawanya ke area terbuka atau langsung ke teknisi yang lebih berpengalaman. Jika sudah memang waktunya, pastikan PSU yang kamu ganti memiliki kualitas yang baik dan masa garansi yang panjang.

    BACA JUGA:  Pengertian Power Supply (PSU), Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

    PC Tidak Mau Booting dan Layar Mati

    Mengidentifikasi dari tanda-tanda komponen PC rusak dalam kondisi seperti ini memang sulit. Namun, dari pengalaman saya selama ini, biasanya masalah ini karena penyebabnya yaitu RAM yang bermasalah atau rusak. Jika kamu menggunakan dua keping RAM, coba lakukan boot hanya dengan satu keping saja.

    Jika salah satunya membuat komputer tidak dapat di-boot dan tidak dapat kamu nyalakan, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengklaim garansi RAM dari tempat pembelian kamu!

    Layar Berubah Menjadi Warna Pink

    Masalah yang sering terjadi ketika layar berubah menjadi warna pink adalah karena kabel yang menghubungkan monitor mengalami kerusakan atau driver yang rusak.

    Namun, jika sudah mencoba menginstal ulang driver dengan DDU dan masalah tetap sama, kemungkinan besar masalah terletak pada kabel display yang rusak.

    Muncul Layar Glitch

    Jika layar komputer mengalami glitch, itu bisa menjadi tanda yang menakutkan. Hal ini menunjukkan bahwa GPU kamu mengalami artifact. Fenomena artifact ini mungkin merupakan pertanda bahwa VGA kamu tidak akan bertahan lama.

    Hal ini umumnya terjadi jika kamu terlalu sering melakukan overclock atau jika kartu grafis kamu sering mengalami masalah panas dalam waktu yang lama. Jika kartu grafis kamu masih dalam masa garansi, ada baiknya untuk mengajukan klaim karena mungkin saja kartu grafis tersebut sudah mencapai batas usianya.

    BACA JUGA:  Intel ExtraSS, Teknologi Terbaru Intel Bisa Meningkatkan FPS, Lho!

    PC Tidak Mau Boot ke Windows

    Jika kita menghidupkan PC dan bukannya masuk ke OS, malah langsung masuk ke BIOS, kemungkinan besar drive boot kita tidak terdeteksi. Ada beberapa penyebabnya, seperti konektor yang tidak terpasang dengan baik atau mungkin drive tersebut rusak.

    Silakan mencabut drive tersebut dan pasang kembali untuk memastikan bahwa masalahnya bukan karena koneksi yang longgar. Jika kamu memiliki enclosure drive ke USB, silakan hubungkan drive tersebut ke komputer lain. Jika drive tersebut tetap tidak terdeteksi, maka dapat kita pastikan bahwa drive tersebut sudah rusak.

    Settingan BIOS Kembali ke Pengaturan Awal Setiap Boot

    Masalah BIOS yang mengatur ulang setiap kali boot mungkin tidak terlalu menakutkan seperti yang diharapkan sebelumnya. Biasanya, masalah ini terjadi karena baterai CMOS di motherboard PC yang sudah habis daya. Untuk mengatasi masalah ini, cukup mengganti baterainya dengan yang baru dan masalah seharusnya selesai.

    Jadi, seperti itulah beberapa tanda-tanda komponen PC rusak yang sering pengguna alami. Pernahkah kamu mengalami situasi serupa? Jika iya, apa langkah yang kamu ambil untuk mengatasinya? Yuk, bagikan pendapat kamu tentang hal ini!

    Related Posts