Teknodaim

    10 Cara Ampuh Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

    Berikut ini 10 cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh. Yuk,langsung saja simak cara-caranya!

    Ilustrasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh (pukeva.com)

    Ilustrasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh (pukeva.com)

    Bagi pengguna, penting untuk mengetahui cara mengatasi masalah ketika layar HP tidak bisa disentuh. Terdapat beberapa masalah umum yang sering terjadi pada layar HP dengan teknologi touchscreen.

    Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketidakmampuan untuk menyentuh sebagian layar HP. Seperti yang kita ketahui, layar pada HP memiliki peran yang sangat penting. Karena itu, semua kontrol dan navigasi operasi HP dilakukan melalui layar tersebut.

    10 Cara Ampuh Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh
    Ilustrasi layar hp tidak bisa disentuh (eraspace.com)

    Apabila terjadi masalah seperti bagian layar HP tidak dapat disentuh, pengguna mungkin akan merasa kesulitan. Ketika masalah atau gangguan tersebut muncul, pengguna tidak akan dapat menggunakan HP secara maksimal.

    Dalam situasi ini, ada kemungkinan bahwa layar HP tidak responsif di beberapa area, seperti bagian atas, bagian bawah, atau bagian samping kiri dan kanan.

    Ketika menghadapi masalah layar HP tidak bisa disentuh, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara mengatasinya. Bagaimana caranya?

    Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, berikut ini penjelasan tentang cara praktis untuk mengatasi masalah layar HP tidak bisa disentuh sebagian.

    Faktor Penyebab Layar Tidak Bisa Disentuh

    Sebelum mengetahui solusinya, penting bagi pengguna untuk memahami mengapa layar HP tidak bisa disentuh. Jadi, apa yang menyebabkan masalah ini? Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya.

    Salah satu penyebab utama mengapa layar HP tidak bisa disentuh adalah karena adanya debu atau cairan yang menempel pada layar. Kehadiran debu atau cairan tersebut dapat mengganggu responsivitas layar sentuh.

    Selain itu, masalah ketidakmampuan menyentuh layar HP juga bisa karena penggunaan charger palsu atau tidak resmi.

    Charger yang tidak resmi memiliki keluaran daya yang tidak stabil. Hal ini dapat mengganggu kinerja layar sentuh.

    BACA JUGA: Cara Mengatasi Layar Retak Pada HP, Solutif dan Efektif!

    Ada beberapa alasan mengapa layar HP tidak disentuh. Salah satunya adalah kerusakan komponen di dalamnya yang terjadi akibat beberapa kesalahan penggunaan, seperti HP terjatuh atau tertekan.

    BACA JUGA:  Andalkan Chipset Snapdragon 870, Inilah Spesifikasi Motorola Edge S

    Adapun alasan lain mengapa layar HP tidak dapat disentuh, salah satunya adalah adanya bug pada sistem perangkat lunak atau penggunaan screen guard yang tidak cocok.

    Seperti itulah beberapa alasan mengapa layar HP tidak merespons sentuhan. Setelah mengetahui penyebab-penyebab tersebut, mari kita lihat bagaimana cara memperbaiki layar HP yang tidak responsif dengan cara yang sederhana dan praktis.

    Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

    Menghadapi masalah layar HP yang tidak bisa disentuh , terdapat beberapa langkah yang bisa kita ambil untuk mengatasinya. Namun, penyelesaiannya tergantung pada faktor apa yang menyebabkan masalah tersebut.

    Sebagai contoh, pengguna dapat membersihkan layar HP mereka dari debu atau cairan yang menempel. Jika masalahnya adalah perangkat lunak, pengguna dapat mencoba me-restart HP mereka atau masuk ke Mode Aman di HP Android.

    Berikut ini adalah beberapa langkah praktis yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah layar HP yang tidak dapat disentuh.

    1. Bersihkan Layar HP

    Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah membersihkan permukaan layar HP dari cairan atau debu yang menempel. Adanya cairan dan debu di layar HP dapat mengganggu responsivitas sentuhannya.

    Agar layar HP tetap bersih dari debu atau cairan, kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan kain yang lembut dan tidak merusak.

    2. Melepas Screen Guard Ketika Layar HP Tidak Bisa Disentuh

    Langkah kedua untuk mengatasi masalah layar HP tidak bisa disentuh adalah dengan melepas screen guard yang terpasang. Screen guard ini berfungsi sebagai lapisan tambahan untuk melindungi layar HP agar tidak mudah tergores.

    Namun, ada kekhawatiran bahwa screen guard yang terlalu tebal dapat mengurangi responsivitas layar HP. Oleh karena itu, jika layar HP mengalami kebuntuan, penulis sarankan untuk mencoba melepas screen guard yang terpasang di layar tersebut.

    BACA JUGA:

    3. Menggunakan Charger yang Original

    Langkah berikutnya untuk mengatasi masalah layar HP tidak bisa disentuh adalah pastikan Anda menggunakan charger yang asli. Menggunakan charger asli akan memberikan kepastian bahwa responsivitas layar sentuhan tidak akan terganggu.

    BACA JUGA:  Ini Penjelasan Sistem Operasi HyperOS Pada Poxo X6 Pro 5G!

    Jika kamu mengalami masalah dengan HP kamu, coba periksa apakah masalahnya ada pada charger atau bukan. Cobalah mengisi daya HP menggunakan charger yang berbeda-beda dan perhatikan apakah masalahnya masih terjadi. Jika kamu tidak dapat menyentuh layar HP, penulis sarankan untuk mengganti charger dengan charger resmi dari pabrikan HP.

    4. Cobalah untuk Mengisi Daya

    Apabila baterai HP sedang lemah, sambungkan HP ke charger. Keadaan di mana layar HP tidak dapat kamu operasikan, mungkin masalahnya ada pada baterai yang lemah atau hampir habis. Ketika daya baterai HP berada di bawah 10 persen, layar umumnya akan menjadi kurang responsif, mungkin bergerak dengan sendirinya, dan sulit untuk dioperasikan.

    Jika baterai HP sedang lemah dan layar tiba-tiba tidak merespons, pengguna dapat mencoba mengisi daya dengan menghubungkan HP ke charger. Setelah terhubung dan baterai terisi, coba kembali untuk menggerakkan layar HP.

    5. Jauhkan Ponsel dari Suhu yang Tinggi

    Paparan suhu yang berlebihan pada HP dapat mengganggu kinerja komponen-komponennya, termasuk layarnya. Jika HP terlalu panas, kemungkinan responsifitas layarnya akan menurun.

    BACA JUGA: 9 HP Layar Lengkung Murah Terbaik yang Banyak Dibeli

    Beberapa ponsel saat ini memiliki fitur peringatan yang akan muncul jika suhu ponsel terlalu panas. Dalam kondisi tersebut, pengguna tidak dapat menggunakan ponsel sampai suhunya kembali normal. Suhu panas ini dapat disebabkan oleh cuaca yang panas atau penggunaan yang intens.

    Untuk menjaga kinerja layar tetap baik, penulis sarankan bagi pengguna untuk menjauhkan ponsel dari suhu yang tinggi. Kamu dapat menggunakan ponsel di tempat yang dingin atau memberikan istirahat pada ponsel jika kamu ingin menggunakannya secara intens ketika suhu mulai meningkat.

    6. Restart HP

    Langkah keenam untuk mengatasi masalah layar HP yang tidak bisa disentuh adalah dengan melakukan restart pada HP. Dengan melakukan tindakan ini, sistem HP yang mengalami gangguan dapat kamu perbarui, sehingga dapat mengatasi masalah ketidakresponsifan layar sentuh.

    BACA JUGA: Cara Restart Hp Xiaomi Yang Sering Hang dan Ngeblank

    Cara untuk merestart HP adalah dengan mematikan HP menggunakan tombol power dan menunggu sejenak. Setelah HP mati dalam beberapa waktu, pengguna dapat menekan tombol power untuk menghidupkannya kembali.

    7. Masuk Ke Safe Mode

    Jika layar HP kamu macet, kamu dapat mencoba masuk ke Safe Mode untuk mengatasi masalah tersebut. Safe Mode pada HP Android memungkinkan perangkat berjalan dengan pengaturan dasar yang ada.

    BACA JUGA:  Cara Melepas Anti Gores di HP dan Tablet, Simak Penjelasannya!

    Hal ini berarti bahwa aplikasi dan layanan yang telah kamu unduh tidak akan muncul. Langkah ini dapat kamu ambil jika penyebab layar HP yang macet adalah adanya aplikasi yang baru diunduh dan tidak terinstal dengan benar, yang dapat mengganggu responsivitas layar.

    Agar dapat merestart HP Android menjadi Safe Mode, pengguna perlu menekan tombol power dalam beberapa detik hingga HP mati. Setelah mati, pengguna dapat menekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan.

    Jika layar sentuh mulai beroperasi saat memasuki Safe Mode, menandakan bahwa ada isu dengan beberapa aplikasi atau program terbaru yang telah kamu unduh. Pengguna dapat mencoba menghapus aplikasi tersebut agar layar dapat kembali normal.

    8. Reset Ke Setelan Pabrik

    Langkah kedelapan yang dapat diambil oleh pengguna adalah melakukan reset pabrik pada HP untuk mengembalikan sistem perangkat ke pengaturan awal pabrik.

    Metode ini berguna untuk mengembalikan sistem perangkat seperti awalnya dan menghilangkan masalah yang mungkin menyebabkan layar HP menjadi bermasalah.

    Untuk mengatur ulang pabrik, metodenya dapat berbeda-beda pada setiap ponsel. Jika menggunakan ponsel Android Xiaomi, pengguna dapat masuk ke menu “Pengaturan” dan memilih opsi “Tentang Ponsel”. Setelah itu, pilih opsi “Setel Ulang Pabrik” dan “Hapus Data”.

    9. Update Sistem Operasi

    Salah satu cara untuk mengatasi masalah layar HP yang tidak bisa disentuh sebagian adalah dengan melakukan update atau pembaruan sistem operasinya. Biasanya, pembaruan software akan membawa perbaikan yang termasuk dalam masalah layar.

    Maka dari itu, apabila ada versi software atau sistem operasi terbaru yang tersedia, pengguna dapat melakukan pembaruan untuk mengatasi masalah WiFi yang lambat di HP. Pembaruan software dapat kamu lakukan melalui menu pengaturan pembaruan perangkat lunak di HP.

    10. Bawa ke Tukang Service

    Salah satu cara untuk mengatasi masalah ketika sebagian layar HP tidak bisa disentuh adalah dengan membawa HP tersebut ke tempat servis yang terpercaya. Seperti yang telah penulis sebutkan sebelumnya, masalah ini mungkin adanya kerusakan komponen layar.

    Kerusakan pada layar bisa terjadi karena adanya beberapa faktor, seperti layar tertutupi, terkena benda keras, atau terjatuh. Apabila terjadi kerusakan, kamu dapat membawa perangkat ke tempat servis yang terpercaya untuk proses perbaikan atau penggantian komponen.

    Penutup

    Memperbaiki bagian layar HP yang tidak dapat disentuh sebagian tidaklah sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna tidak perlu khawatir karena setidaknya mereka dapat mencoba mengatasi masalah tersebut sendiri.

    Seperti itulah penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi masalah layar HP yang tidak dapat disentuh, beserta penyebabnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

    Related Posts