Cara Restart Hp Xiaomi Yang Sering Hang dan Ngeblank

Syahrul Ramadhan

Syahrul Ramadhan

Bagi pengguna smartphone Xiaomi, inilah beberapa cara restart hp Xiaomi yang dapat Anda lakukan jika terjadi hang atau ngeblank

Cara Merestart Hp Xiaomi

Cara Merestart Hp Xiaomi

Para pengguna smartphone Xiaomi sering mengalami masalah hang, layar menjadi kosong, bahkan tidak dapat menggunakannya sama sekali. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan Cara Restart HP Xiaomi yang kamu miliki.

Xiaomi adalah perusahaan teknologi terkemuka asal China yang sukses memasarkan produknya di Indonesia. Seperti merek-merek lainnya seperti Oppo, Realme, dan Vivo, Xiaomi juga berkompetisi untuk mendapatkan pelanggan di Indonesia.

Namun, Xiaomi seringkali menghadapi masalah ketika aplikasi memaksa ponsel untuk bekerja melebihi batas yang wajar. Akibatnya, ponsel Xiaomi akan mengalami hang dan harus di-restart segera.

Pemilik HP Xiaomi tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan menjelaskan cara yang mudah dan praktis untuk merestart HP Xiaomi. Jadi, mari kita baca artikel ini dengan saksama!

Fungsi Restart HP

Cara Restart Hp Xiaomi Yang Sering Hang dan Ngeblank
Restart-hp-xiaomi

Pengguna smartphone Xiaomi sering kali menyebut restart HP sebagai proses dimana mereka menghentikan dan memulai kembali seluruh sistem, aplikasi, dan komponen dalam perangkat. Namun, sebenarnya restart dan reboot memiliki arti yang sama.

Baca juga :

Keduanya memulai lagi proses memuat sistem. Saat restart dilakukan, tidak akan terjadi penghapusan data di HP Xiaomi. Anda tidak perlu khawatir kehilangan data saat melakukan proses restart, karena semua data yang tersimpan di perangkat akan tetap ada.

BACA JUGA:  11 Game Dewasa 18+ HP Android, Dilarang Bagi Anak-Anak!

Mengosongkan RAM Xiaomi

Memulai ulang HP Xiaomi dapat mengosongkan RAM dan mengembalikan kapasitasnya ke kondisi normal. Selain itu, restart HP juga dapat membersihkan file yang tidak diperlukan agar tidak memenuhi RAM.

Ketika file-file yang tidak diperlukan mengisi RAM secara penuh, hal ini dapat menghambat kinerja prosesor, menyebabkan sistem berjalan lambat, dan tidak responsif.

Cara Mengatasi Error Aplikasi

Salah satu manfaat dari me-restart HP adalah untuk mengatasi masalah aplikasi yang error. Jika kamu sudah mengunduh sebuah aplikasi namun ternyata aplikasi tersebut tidak bisa kamu jalankan sama sekali, sebaiknya kamu mencoba melakukan restart pada HP kamu. Setelah berhasil restart, aplikasi tersebut seharusnya bisa berjalan dengan normal kembali.

Refresh Sistem

Saat Anda menekan tombol restart atau reboot pada perangkat HP, semua file temporary dan sampah yang tidak perlu akan terhapus secara otomatis. Setelah ponsel menyala kembali, sistem akan menjadi segar dan siap untuk digunakan kembali dengan optimal oleh Anda.

cara merestart HP Xiaomi

Bagi pengguna HP Xiaomi, penting untuk mengetahui cara melakukan restart pada perangkat mereka. Meskipun proses ini tidak memakan waktu lama, namun memiliki dampak yang signifikan terhadap performa perangkat.

Cara Pertama: Tekan Tombol Restart

Bagi kamu yang masih belum terbiasa dengan istilah restart HP, kamu dapat dengan mudah melakukannya. Kamu hanya perlu menekan tombol restart jika HP dalam keadaan menyala dan tidak terkunci. Kamu bisa menggunakan metode ini untuk mengupdate software atau ketika HP kamu terasa lebih lambat dari biasanya.Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, tekan tombol power dan volume up (+) secara bersamaan,
  • Kedua, tahan layar hingga mati
  • Kemudian, tunggu beberapa saat karena smartphone akan hidup dengan sendirinya
  • HP Xiaomi kamu berhasil di restart

Cara Kedua: Pakai Menu Android Recovery

Cara Restart Hp Xiaomi Yang Sering Hang dan Ngeblank
Menu-android-recovery

Salah satu cara lain untuk merestart HP Xiaomi adalah dengan menggunakan menu Android Recovery. Fitur ini berguna bagi pengguna yang ingin merestart HP Xiaomi tanpa menggunakan tombol power. Menu Android Recovery juga dapat digunakan untuk semua tipe HP android. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

  • Pertama, matikan HP dengan menekan tombol power.
  • Setelah HP mati, tekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan, lalu tahan sampai tahap selanjutnya.
  • Setelah muncul logo, lepas tombol power dan tetap tekan tombol volume bawah.
  • Lepaskan tombol volume bawah jika sudah muncul tampilan layar berikutnya (biasanya muncul pilihan opsi bahasa).
  • Pilih opsi bahasa Inggris, ini hanya untuk mempermudah langkah berikutnya. Namun, jika kamu lebih menyukai menggunakan Bahasa Indonesia, maka dapat diganti di opsi pengaturan pada menu utama.
  • Klik “Wipe and Cache”, kamu dapat memilih ini dengan menekan tombol volume atas dan volume bawah.
  • Pilih yes atau oke untuk melakukan restart.
  • Langkah terakhir, klik Reboot, maka HP kamu akan memulai restart.

Cara Ketiga: Gunakan Google Find My Device

Cara Restart Hp Xiaomi Yang Sering Hang dan Ngeblank
Find-my-device

Anda dapat memanfaatkan fitur “Google Find My Device” sebagai salah satu cara ketiga yang bisa digunakan. Hampir semua orang pasti sudah tahu akan fitur ini, bukan? Tetapi, apakah kamu tahu bahwa fitur ini tidak hanya digunakan untuk melacak lokasi HP saja? Ternyata, dengan menggunakan fitur ini, kamu juga bisa melakukan restart ulang pada HP Xiaomi.

BACA JUGA:  Download Sausage Man Mod APK Terbaru 2021, Unlimited Money

Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa semua data pada HP sudah terbackup dengan baik. Kamu sebaiknya hanya menggunakan cara ini jika HP Xiaomi kamu mengalami error dan tidak bisa kamu operasikan.

  • Langkah awal, kamu perlu menyiapkan device lain, dapat berupa laptop, tablet, atau HP lainnya.
  • Buka https://www.google.com/android/find melalui menu browser.
  • Pastikan sebelum melakukan langkah ini, pastikan sudah terdaftar di layanan Google Find My Device.
  • Login dan isi email serta masukkan kata sandi.
  • Lalu, pilih ponsel pada menu di sebelah kiri.
  • Klik Hapus Data.
  • Klik tombol Hapus.
  • Terakhir, HP kamu akan memulai restart dengan menghapus seluruh data di HP kamu

Kapan Harus Melakukan Restart HP Xiaomi?

Kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk melakukan restart pengaturan HP Xiaomi? Apakah kita harus menunggu sampai smartphone menjadi lambat sebelum meresetnya? Apakah ada tanda-tanda bahwa ponsel Xiaomi perlu di-reset ulang? Temukan jawabannya di bawah ini.

BACA JUGA:  Berikut Cara Backup Pesan SMS di Android

1. Ketika HP Xiaomi Mengalami Lemot Sistem

Jika merasa bahwa kinerja sistem HP Xiaomi menjadi lambat seperti tidak responsif, sering mengalami lag, atau membutuhkan waktu lama untuk membuka aplikasi, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan melakukan restart pada HP Xiaomi.

2. Aplikasi Terkendala Macet

Jika banyak aplikasi yang diinstal mengalami masalah dan tiba-tiba mati sendiri, kemungkinan besar aplikasi tersebut mengalami hambatan dalam menjalankan sistem dan menyebabkan penutupan paksa. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan reset ponsel kamu.

3. Indikator Baterai Tidak Presisi

Jika kamu merasa bahwa indikator baterai tidak akurat dalam menampilkan status di bar notifikasi, ada beberapa langkah reset yang bisa kamu coba untuk memperbaiki masalah pembacaan persentase baterai.

Jadi, inilah 3 metode untuk me-restart HP Xiaomi yang bisa kamu ikuti. Pastikan kamu memperhatikan masalah apa yang terjadi pada smartphone kesayanganmu! Semoga artikel ini berguna bagi kamu!

AndroidSmartphoneTutorial Restart HPXiaomi

Related Posts