Teknodaim

    7 Tips Agar Baterai Awet Dengan Mengisi Daya HP yang Benar

    Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi tips agar baterai awet dengan mengisi daya HP yang benar. Nah, seperti apa tips-nya? Yuk, baca artikel ini sampai habis!

    Cara-mengatasi-baterai-hp-tidak-terisi-sumut-voi

    Cara-mengatasi-baterai-hp-tidak-terisi-sumut-voi

    Penting bagi pengguna untuk mengetahui cara pengisian daya HP yang benar agar baterai awet. Baterai HP saat ini umumnya menggunakan jenis baterai Lithium-ion (Li-ion) yang kabaranya memiliki umur pakai yang lebih panjang daripada jenis baterai sebelumnya.

    Biasanya, masa pakai baterai dapat kita lihat dari tingkat kesehatan baterai atau kondisinya. Battery health mengacu pada durasi penggunaan baterai atau kemampuan baterai untuk menyimpan daya sebelum perlu diisi ulang.

    7 Tips Agar Baterai Awet Dengan Mengisi Daya HP yang Benar
    Tips agar baterai HP awet (Rakyat News)

    Semakin baik kondisi baterai, semakin efisien baterai dalam menyimpan energi. Kondisi baterai pada ponsel dapat menurun secara signifikan. Jika kondisinya sudah sangat buruk, pengguna perlu mengganti baterai ponsel dengan yang baru.

    Penyebab menurunnya kesehatan baterai pada HP karena adanya kesalahan yang pengguna lakukan saat mengisi daya. Lalu, bagaimana cara menjaga agar baterai awet?

    BACA JUGA:

    Agar baterai awet, ada beberapa cara yang benar untuk mengisi ulang HP. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa cara yang benar untuk mengisi ulang HP agar baterai awet.

    Tips Agar Baterai Awet yang pertama

    Tips agar baterai awet yang pertama yaitu pentingnya menggunakan charger asli saat mengisi baterai HP adalah untuk memastikan baterai tetap awet. Charger asli memiliki rancangan khusus untuk memberikan tegangan listrik yang sesuai dengan kebutuhan baterai.

    BACA JUGA:  5 Tips Membeli SSD Untuk Laptop Kesayangan Kamu!

    Adapun, tidak dapat kita pastikan apakah perangkat cas yang bukan asli memiliki output tegangan yang sesuai dengan kemampuan baterai. Jika tegangan listrik terlalu tinggi dan tidak sesuai, hal tersebut dapat merusak kesehatan baterai.

    Tips Agar Baterai Awet yang kedua

    Beberapa perusahaan terkenal yang memproduksi HP, seperti Apple, Samsung, dan Google (Pixel), setuju bahwa suhu panas adalah masalah utama yang dapat merusak baterai HP. Ketiga perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa suhu panas memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan baterai.

    Karena itu, penulis sarankan agar pengguna tidak mengisi daya ponsel mereka ketika terpapar suhu panas agar baterai awet.

    Tips yang ketiga

    Tips agar baterai awet berikutnya yaitu penting untuk tidak mengisi daya HP sambil menggunakan HP. Ketika kita menggunakan HP untuk bermain game atau menjalankan aplikasi yang membutuhkan banyak daya, sambil mengisi daya, suhu HP bisa naik dengan cepat dan menjadi sangat panas.

    Seperti yang telah penulis jelaskan sebelumnya, suhu yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan yang cepat pada baterai dan berdampak buruk pada kesehatannya. Oleh karena itu, sangat penulis sarankan bagi pengguna untuk tidak mengisi daya ponsel sambil menggunakan ponsel agar baterai awet.

    BACA JUGA:  4 Cara Mengatasi HP Disadap, Biar Aman Sentausa

    Tips yang keempas

    Tips agar baterai awet selanjutnya yaitu penulis sarankan bagi pengguna untuk melepaskan casing atau pelindung HP saat sedang mengisi daya. Mengisi daya HP dalam keadaan tertutup casing dapat menyebabkan penumpukan suhu panas yang berlebihan, yang dapat berdampak pada kesehatan baterai.

    Salah satu cara yang tepat untuk mengisi daya HP adalah dengan mengisi daya hingga mencapai 80 persen. Hal ini penulis sarankan terutama ketika pengguna membutuhkan penggunaan intensif HP dalam periode waktu tertentu.

    Tips yang kelima

    Ketika kamu gunakan secara intensif, suhu dari ponsel akan naik. Dalam situasi tersebut, jika ponsel terus diisi daya hingga penuh untuk waktu yang lama, suhu ponsel bisa menjadi lebih panas lagi. Oleh karena itu, penulis sarankan bagi pengguna untuk mengisi daya ponsel hingga 80 persen saja saat sedang kamu gunakan secara intensif.

    Pada beberapa ponsel, seperti iPhone, pengisian baterai dapat berhenti secara otomatis ketika baterai mencapai 80 persen. Hal ini terjadi ketika ponsel terlalu panas akibat penggunaan yang intens. Selain itu, pengisian baterai hingga 80 persen juga dapat mencegah ponsel terkena tegangan listrik yang tinggi.

    Tegangan pada baterai akan terus meningkat sampai mencapai daya maksimum 100 persen. Jika tegangan terlalu tinggi, baterai bisa terbebani. Sebaliknya, jika tegangan terlalu rendah, beban pada baterai bisa berkurang dan masa pakai baterai sedikit lebih lama.

    BACA JUGA:  Mengatasi Masalah PC Sendiri Tanpa Kang Servis

    Tips yang keenam

    Tidak ada aturan khusus dari Apple, Samsung, dan Google mengenai persentase terbaik untuk mengisi baterai HP. Namun, mengisi baterai HP hingga 100 persen mungkin dilakukan, selama HP tidak terkena suhu panas yang dapat merusak kesehatan baterai secara signifikan.

    Mengisi daya baterai HP hingga 100 persen dapat kita lakukan terutama ketika seseorang akan berada di lokasi yang jauh dari sumber listrik dan membutuhkan HP dengan waktu penggunaan yang lama.

    Tips Agar baterai Awet yang ketujuh

    Tips agar baterai awet yaitu dengan menghindari menunggu baterai habis sebelum diisi ulang. Pengguna tidak perlu menunggu baterai ponsel sampai habis 0 persen sebelum mulai mengisi daya.

    Mengabaikan pengisian ulang baterai HP secara terus-menerus dapat mengurangi kesehatannya dengan signifikan. Sebaiknya pengguna mulai mengisi ulang baterai saat persentase baterai HP mencapai tingkat yang rendah, biasanya sekitar 20 persen.

    Jika Anda ingin menyimpan HP untuk jangka waktu yang lama, pastikan baterai tidak benar-benar kosong. Sebaiknya, cas baterai hingga mencapai 50 persen sebelum menyimpan HP yang tidak akan kita gunakan dalam waktu lama.

    BACA JUGA:

    Jika HP kita simpan dengan baterai yang kosong, hal tersebut akan berdampak pada kemampuan baterai untuk mengisi dan menyimpan daya. Bahkan, baterai HP mungkin tidak akan mampu menyimpan atau mengisi daya sama sekali.

    Seperti itulah beberapa tips mengisi daya HP agar baterai awet. Yang mana dapat dilakukan oleh pengguna dalam berbagai situasi untuk menjaga daya tahan baterai, semoga informasi ini berguna.

    Related Posts